Sukses

Di Bawah Tekanan Global, Industri Pasar Modal RI Masih Tetap Tumbuh

Liputan6.com, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat stabilitas sektor jasa keuangan pada semester I 2019 dalam kondisi terjaga. Hal ini sejalan dengan kinerja intermediasi sektor jasa keuangan yang positif dan profil risiko lembaga jasa keuangan yang terkendali.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso menyebutkan, beberapa indikator terkini ekonomi global masih mengindikasikan perlambatan. Purchasing Managers Index (PMI) manufaktur dan pertumbuhan ekspor negara-negara ekonomi utama dunia terpantau masih melambat.

"Kondisi tersebut semakin meningkatkan ekspektasi pasar untuk kebijakan moneter global yang lebih akomodatif terhadap pertumbuhan, sehingga berdampak pada berkurangnya tekanan likuiditas di pasar keuangan global dan mendorong kembali masuknya arus modal ke pasar emerging markets (negara berkembang)," kata dia dalam acara paparan Perkembangan Industri Jasa Keuangan Semester I 2019, di Gedung OJK, Jakarta, Rabu (24/7/2019).

Menurut Wimboh, sejalan dengan perkembangan global tersebut, pasar keuangan domestik mencatatkan kinerja yang positif di semester I 2019. Diantaranya IHSG yang ditutup pada level 6.358,63 atau meningkat sebesar 2,65 persen di paruh pertama 2019 (23 Juli 2019: 6.403,81).

"Dengan net buy investor nonresiden sebesar Rp 68,80 triliun," ujarnya.

Sementara itu, penguatan juga terjadi di pasar Surat Berharga Negara (SBN), tercermin dari turunnya rata-rata yield SBN sebesar 57,64 bps. "Dengan investor nonresiden yang mencatatkan net buy sebesar Rp 95,50 triliun," ujarnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Intermediasi

Wimboh mengungkapkan kinerja intermediasi sektor jasa keuangan juga meningkat di semester I -2019. Tercermin dari penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK) perbankan yang meningkat sebesar 7,42 persen secara year on year (yoy). Angka pertumbuhan ini merupakan yang tertinggi dalam delapan bulan terakhir.

"Didorong oleh meningkatnya pertumbuhan deposito dan giro perbankan," ujarnya.

Sedangkan untuk sektor asuransi jiwa dan asuransi umum/reasuransi berhasil menghimpun premi masing-masing sebesar Rp 85,65 triliun dan Rp 50,93 triliun.

"Di pasar modal, korporasi berhasil menghimpun dana sebesar Rp 96,25 triliun , dengan jumlah emiten baru sebanyak 29, dengan 18 rencana penawaran umum di pipeline," tutupnya.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.