Sukses

Aksi Menteri Susi Kampanyekan Tolak Sampah Plastik Lewat Lagu

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti minggu pagi ini menghadiri acara pawai Bebas Plastik Kampanye yang diadakan Pandu Laut Nusantara. Menteri Susi hadir ditemani anak-anaknya serta didampingi musisi Kaka Slank.

Pawai dimulai dari Bunderan Hotel Indonesia (HI) dan berakhir di Taman Aspirasi Monas. Dalam sambutannya, dia mengungkapkan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara penyumbang sampah plastik terbesar di dunia.

"Indonesia negara dengan penyumbang sampah plastik terbesar ke-2 di dunia," kata dia, di lokasi, Minggu (21/7/2019).

Dia mengeluhkan Indonesia sebagai negara maritim dan besar, namun masyarakatnya masih belum memiliki kesadaran tentang bahaya sampah plastik.

“Indonesia katanya bangsa besar eh buang sampah no 2 di dunia,” keluhnya.

Oleh karena itu, dia mengajak semua pihak termasuk instansi-instansi pemerintah untuk ikut menggaungkan kegiatan yang bertujuan mengurangi penggunaan plastik. Caranya dengan berhenti atau mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, misalnya sedotan dan kantong kresek.

“Seperti ini kalau kita tidak kurangi pemakaian plastik sekali pakai maka akan menghancurkan laut. Nah sekrang pemerintah Bali, Banjarmasin sudah melarang plastik sekali pakai apalagi kalau kita tidak mengurang dan melarangnya,” tutup Menteri Susi.

 

2 dari 3 halaman

Lagu Tolak Sampah Plastik

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Susi turut menghibur peserta pawai dan pengunjung Car Free Day (CFD) dengan menyuguhkan 3 buah lagu. Lagu yang dia bawakan yaitu Indonesia Pusaka, Bagimu Negeri dan Tolak Sampah Plastik.

Adapun lagu Tolak Sampah Plastik tersebut merupakan lagu yang didesikasikan khusus untuk kegiatan kampanye sampah plastik.

“Musik itu dipercaya untuk bisa mengumpulkan orang untuk berkumpul satu ide. Kehadiran gue adalah supaya kampanye ini bisa menjadi lebih besar lagi,” tutupnya.

Berikut lirik lagu Tolak Sampah Plastik :

Tolak tolak tolak tas plastik, tolak tas plastik sekali pakai.Tolak tolak sedotan plastik, tolak sedotan plastik sekali pakai.Tolak tolak bungkusan sachet, bungkusan sachet sekali pakai.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Perawatan Kulit Wajah yang Penting Dilakukan Pria
Artikel Selanjutnya
Butuh Dana Rp1,6 Triliun di Jakarta, Berapa Biaya Formula E Sebelumnya?