Sukses

Penting atau Tidak Bekerja Sesuai Passion? Temukan Jawabannya di Sini

Liputan6.com, Jakarta - Jika ditanya soal passion, pasti setiap orang memilikinya. Akan tetapi, tidak setiap orang bekerja sesuai dengan passion-nya.

Tidak sedikit dari mereka justru bekerja tanpa ada kaitannya dengan passion karena memanfaatkan peluang yang hadir dalam hidupnya.

Lalu, apakah bekerja sesuai passion itu sangat perlu dipertimbangkan? Swara Tunaiku merangkum beberapa fakta tentang bekerja sesuai passion. Apa sajakah?

1. Living at The Moment

Kenyamanan adalah faktor terpenting dalam segala hal. Jika Anda sudah nyaman akan suatu hal, akan mampu bertahan melakukan apa pun.

Living at the moment adalah bukti dari kenyamanan yang diperoleh. Anda akan merasakannya ketika bekerja sesuai passion. Anda akan menikmati setiap waktu saat bekerja karena merasakan kenyamanan dan kebahagiaan.

Hari-hari kerja terasa sangat menyenangkan dan Anda merasakan kehidupan yang benar-benar diinginkan. Perasaan tersebut sangat melegakan. Pekerjaan menjadi sesuatu hal yang berharga dan mampu memberikan alasan untuk terus berjuang.

2. Stress Free

Hidup itu pilihan. Karenanya, pilihlah hal yang paling tepat untuk hidup Anda. Salah satunya adalah soal pekerjaan untuk menunjang karier ke depannya.

Sebaiknya, pilihlah bekerja sesuai passion agar mencegah stres berlebihan. Ketika mengerjakan hal yang diminati, tentu saja tidak akan menimbulkan stres. Anda akan bahagia karena merasa bekerja adalah menyalurkan hobi.

2 dari 3 halaman

3. Tidak Ada Kata Lelah dan Malas

Setiap orang pasti pernah merasakan lelah dan malas karena merupakan sifat dasar manusia. Akan tetapi, keduanya bisa dicegah dengan suatu hal yang positif.

Anda dapat melewati hari-hari dengan penuh semangat agar rasa lelah dan malas bisa diminimalkan. Hal ini dapat terjadi ketika Anda menemukan kesesuaian antara pekerjaan dengan passion. Semua hal akan terasa ringan dijalankan.

4. Kinerja Lebih Optimal

Kinerja seseorang yang optimal sangat diperlukan setiap perusahaan demi meningkatkan kapabilitas pencapaian target. Karenanya, tidak jarang terdapat berbagai upaya peningkatan kinerja yang harus diikuti karyawan.

Jika bekerja tidak sesuai passion, lama kelamaan Anda justru tidak nyaman dengan berbagai tuntutan peningkatan kinerja tersebut.

Berbeda cerita jika Anda bekerja sesuai dengan kemampuan diri. Anda akan mampu mengerahkan tenaga, pikiran, juga hati, dalam setiap tugas yang diberikan. Dengan demikian, kinerja bisa lebih optimal. Peningkatan kinerja sangat mudah diwujudkan.

3 dari 3 halaman

5. Peluang Karier Terbuka Lebar

Adanya peningkatan kinerja untuk menjadi lebih optimal bisa diwujudkan ketika bekerja dengan semangat dan rela. Perjuangan yang dilandasi ketulusan akan menghasilkan suatu hasil kerja yang tidak terduga.

Potensi yang ada dalam diri akan menuntut hasil kerja Anda semakin optimal dan mampu melebihi target. Jika terus menerus seperti ini, peluang karier sangat terbuka lebar.

6. Lebih Menghargai Hasil yang Diperoleh

Perolehan hasil setelah bekerja adalah sesuatu yang pasti. Akan tetapi, belum tentu penghargaan terhadap diri sendiri selalu terasa memuaskan. Anda akan merasa biasa saja ketika mendapatkan gaji atau penghargaan atas pekerjaan yang tidak sesuai minat.

Berbanding terbalik ketika Anda mendapatkan gaji ataupun penghargaan dari pekerjaan yang sesuai dengan passion. Pasti Anda akan lebih senang dan menghargai hasil tersebut. Perasaan bangga akan lebih terasa karena mampu membuktikan pencapaian atas potensi dalam diri.

Dilema dalam kehidupan pasti ada. Jika dihadapkan dalam pilihan antara bekerja sesuai passion dengan gaji sedikit dengan bekerja tanpa passion dengan gaji besar, pasti akan sulit. Keduanya membutuhkan pertimbangan.

Setelah membaca ulasan di atas, sebaiknya Anda pilih bekerja sesuai passion karena bisa menunjang peningkatan karier. Gaji akan mengikuti. Semangat!

Loading
Artikel Selanjutnya
Murah dan Strategis, 7 Rekomendasi Gedung Pernikahan di Jakarta