Sukses

Bandara Soetta Raih Diamond Award pada Service Quality Award 2019

Liputan6.com, Jakarta - Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) yang dikelola PT Angkasa Pura II, meraih penghargaan tertinggi atau Diamond Award di Service Quality Award (SQA) 2019.

Penghargaan ini didapat berdasarkan persepsi pelanggan yang dihimpun oleh Lembaga riset Carre Service Quality Monitoring (SQM). SQ Award 2019 merupakan ajang penghargaan yang diadakan berdasarkan riset nasional terhadap kepuasan pelanggan atas Service Quality Index (SQI).

Bandara Soekarno-Hatta tidak hanya dinilai memiliki kualitas terbaik dalam memberikan pelayanan. Tetapi juga luar biasa, dan totalitas untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan, terutama pada pelayanan digitalnya.

Direktur Pelayanan dan Fasilitas Angkasa Pura II Ituk Herarindri menyampaikan, aspek pelayanan di bandara memang tidak bisa hanya terus mengandalkan kualitas terbaik saja, tetapi juga harus bisa bertransformasi memenuhi kebutuhan pelanggan.

Seperti self check-in, digital wayfinding, digital lounge, smart taxi, smart baggage, E-booth serta smart toilet.

“Tentunya penghargaan ini, merupakan komitmen atas kerja keras seluruh jajaran. Sekaligus bentuk pengakuan Angkasa Pura II dalam memberikan pelayanan kepada para pengguna jasa di Bandara Soekarno-Hatta,” tuturnya, Jumat (12/7/2019).

Angkasa Pura II berharap, pengakuan ini dapat menjadi motivasi tersendiri bagi seluruh karyawan Bandara Soekarno-Hatta dalam meningkatkan pelayanan dan fasilitas.

“Pada masa mendatang, tentunya capaian kinerja pada aspek pelayanan dan fasilitas dapat terus kami tingkatkan. Melalui koordinasi intensif dan optimalisasi lini layanan bersama seluruh pemangku kepentingan, dengan selalu mengedepankan komitmen service excellence, dalam menyediakan standar layanan global," terang Ituk.

Keseluruhan tersebut sesuai dengan program perusahaan 2018, yakni ‘Airport Digital Journey Experience’ dan program perusahaan tahun 2019 bertajuk ‘Millennial Airport Travel Experience’. Program itu dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pelayanan dan memberikan customer experience.

2 dari 3 halaman

Runway 3 Bandara Soetta Bisa Beroperasi Awal Juli

Sebelumnya, setelah meninjau progres pembangunan Runway 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Kota Tangerang, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan bahwa landasan pacu tersebut sudah bisa digunakan pada awal Juli.

"Runway ketiga Soekarno-Hatta ini sudah selesai 86 persen. Kami harapkan akhir bulan ini sudah 100 persen. Langsung akan dioperasionalkan secepatnya. Mungkin Juli 2019 sudah dioperasionalkan," kata Jokowi, pada Jumat 21 Juni 2019.

Lebih lanjut ia menjelaskan, dengan adanya Runway 3 pergerakan pesawat di Bandara Soetta dapat meningkat menjadi 120 pergerakan per jam. 

"Sekarang kita memiliki 81 pergerakan setiap jam. Dengan tambahan Runway ketiga, akan menjadi 120 pergerakan per jam. Tambahannya hampir 50 persen," ujarnya.

Sehingga lanjut Jokowi, permintaan slot dari maskapai negara lain yang sudah mengantre seperti Qatar, Saudi, India, Singapore, Malaysia, China dapat dipenuhi. Menurut Jokowi, setelah Runway 3 dapat dioperasionalkan, maka tidak ada lagi pesawat yang holding ketika hendak landing di Bandara Soetta.

"Sekarang inilah bisa kita berikan tambahan untuk bisa masuk ke Soekarno-Hatta. Dan kita harapkan juga seperti yang kemarin-kemarin mau turun (landing) muter dulu setengah jam, enggak ada lagi, setelah ini (Runway 3) rampung, InsyaAllah enggak ada," tuturnya.

Diketahui, biaya pembangunan Runway dengan ukuran 3.000 x 60 meter ini mencapai Rp 2 triliun, sedangkan biaya pembebasan lahan mencapai Rp 4 triliun dengan total Rp 6 triliun. Pembangunanya sendiri sudah dimulai sejak 2018.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Anak Usaha Angkasa Pura II Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan SMA
Artikel Selanjutnya
Bandara Soetta Siap Layani Calon Jemaah Haji dari 4 Embarkasi