Sukses

GMF Layani Perawatan dan Modifikasi Pesawat TNI AU

GMF tahun ini akan mengembangkan bisnisnya tidak hanya melayani maintenance, repair, and overhaul (MRO) pesawat biasa namun juga pesawat tempur

Liputan6.com, Jakarta PT Garuda Maintenance Facility AeroAsia Tbk (GMF) tahun ini akan mengembangkan bisnisnya tidak hanya melayani maintenance, repair, and overhaul (MRO) pesawat biasa namun juga pesawat tempur.

Hal itu disampaikan oleh Director of Business and Base Operation sekaligus Plt Direktur Utama GMF, Tazar Marta dalam sebuah acara diskusi di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

"GMF pada tahun ini sudah masuk industri MRO di bidang pertahanan. Kita sudah resmi jadi penyedia perawatan untuk pesawat militer. Kegiatan Airforce kita akan dikerja samakan dengan GMF" kata dia, Selasa (25/6/2019).

Dia mengungkapkan pihaknya secara resmi telah digandeng oleh TNI Angkatan Udara (AU) sebagai penyedia layanan MRO pesawat-pesawat tempur andalan tanah air.

"Untuk perawatan pesawat militer di Indonesia. Misalnya untuk pesawat Air Force kita nanti dibeli itu akan dikerjasamakan dengan kita, jadi sekarang proyek yang kita garap dengan military," ujarnya.

Tidak hanya melakukan perawatan, GMF juga ditunjuk untuk melakukan modifikasi pesawat Hercules milik TNI-AU. Sebelumnya hal tersebut biasanya dilakukan oleh Singapura.

"Selain itu kita juga sedang garap modifikasi pesawat Hercules, mudah-mudahan segera kita finalisasi agreement nya dengan air Force unit," tutupnya.

 

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

GMF Gandeng Airbus untuk Penyediaan Komponen Pesawat

GMF AeroAsia teken perjanjian dengan Airbus dalam hal perawatan pesawat melalui penyediaan komponen pesawat pada Selasa (2/4/2019).

Melalui kerja sama ini, GMF kini menangani layanan perawatan, perbaikan dan overhaul pesawat dapat membantu maskapai operator A320 dan A330 di Indonesia dan Asia Tenggara langsung dari fasilitas perawatan GMF.

Penandatanganan ini dilakukan oleh Airbus Head of Customer Service, Asia Pasific Bruno Bousquet dan Direktur Bisnis dan Base Operation GMF Tazar Marta Kurniawan di hanggar GMF, Cengkareng.

"Kerja sama ini akan membuka peluang bagi GMF untuk meningkatkan kemampuan dan mendukung lebih banyak operator di Indonesia dan wilayah sekitarnya," kata Tazar di Hanggar GMF, Cengkareng.

Tazar menambahkan, dengan ketersediaan komponen Airbus di GMF, para maskapai yang mengoperasikan A320 dan A330 akan lebih efisien dalam hal perawatan pesawatnya.

 

 

3 dari 3 halaman

Rencan Pengembangan Airbus di Asia Pasifik

Sementara itu, Head of Customer Service, Asia Pasific, Bruno Bousquet mengatakan, kerja sama dengan GMF ini menjadi bagian dari rencana bisnis jangka panjang perusahaan terutama dalam memperluas pasarnya di kawasan Asia Pasifik.

"Perjanjian kerja sama ini sejalan dengan komitmen Airbus Flight Services untuk memberikan komponen secara tepat waktu di manapun dibutuhkan. Hal ini juga memperkuat kemitraan jangka panjang antara Airbus dengan GMF AeroAsia dan Garuda Indonesia terhadap perkembangan sektor aviasi di Indonesia," ucap dia.

GMF dan Airbus sudah menjalin kerja sama sejak 2013. Saat itu GMF dipercaya sebagai pusat pelatihan perawatan pesawat keluaran Airbus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.