Sukses

Tips Hilangkan Rasa Canggung dengan Teman Kantor

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah Anda merasa canggung saat pertama kali masuk kerja? Atau sudah lama bekerja di perusahaan tersebut tapi masih saja memiliki masalah dalam bergaul dengan karyawan lainnya?

Tentu ini masalah yang cukup serius yang harus Anda singkirkan. Sebagian orang mungkin memiliki kepribadian yang mudah bergaul dengan orang lain, meski baru kenal sekalipun.

Tapi untuk Anda yang harus beradaptasi dan membutuhkan waktu buat bisa bergaul dengan orang lain, tentu sangat terkendala dengan hal ini. Wajar saja, tapi semua itu bisa Anda singkirkan jika melakukan beberapa tips ini.

Apa sajakah itu? Berikut tips hilangkan rasa canggung dengan teman kerja di kantor, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Minta Diperkenalkan ke Karyawan Lain

Saat pertama kali masuk kerja, mintalah bagian HRD untuk memperkenalkan Anda ke rekan-rekan kerja lain, setidaknya di bagian ruang Anda. Dengan demikian, kehadiran Anda sudah diketahui oleh para karyawan lain di perusahaan tempat bekerja.

2. Mau Menyapa Duluan

Saat Anda mulai bekerja di tempat baru, tentu Anda belum kenal siapapun. Belum punya teman atau kenalan yang bisa Anda ajak bicara. Jangan enggan untuk menyapa duluan.

Ini saat yang tepat untuk Anda mencari teman baru, jangan hanya duduk di balik meja dan menunggu teman yang menyapa Anda. Justru usahakan Anda yang menyapa mereka terlebih dahulu.

2 dari 5 halaman

3. Tak Sulit Berkata ‘Ya’

Jadi, untuk mendapat perhatian dan teman yang banyak, Anda harus mulai tidak keberatan untuk mengatakan ‘ya’, khususnya untuk membantu mereka pekerjaan bersama. Selesaikan dengan baik dan rapi, ini akan menarik perhatian mereka.

Akan tetapi, saat Anda sudah memiliki banyak teman, jangan sampai membiarkan teman memanfaatkan kebaikan Anda. Anda juga berhak menolak saat Anda sudah memiliki banyak tugas yang harus dikerjakan.

4. Cobalah untuk Lebih Proaktif

Tetap lakukan kerja Anda sebaik mungkin, jangan pernah meremehkan pekerjaan yang ringan sekalipun. Meskipun Anda seorang karyawan baru, jangan beranggapan jika Anda melakukan kesalahan bisa dimaklumi oleh teman seperjuanganmu.

Jika Anda memiliki waktu luang atau saat tugas sudah Anda selesaikan, bantulah teman yang kesusahan atau memerlukan bantuan. Jadilah karyawan yang lebih proaktif agar rasa canggung saat bergaul bisa hilang begitu saja.

Tentu saja ini akan membuat Anda memiliki banyak teman baru. Mereka pasti akan menyukai Anda dalam sekejap.

3 dari 5 halaman

5. Tidak Segan Bertanya

Pernahkah Anda mendengar pepatah malu bertanya sesat di jalan? Nah, pepatah tersebut cocok sekali dengan tips yang keempat ini.

Sebagai karyawan yang masih baru, tentu saja masih ada banyak sekali pertanyaan yang mengganggu Anda. Masih banyak hal belum Anda ketahui.

Inilah kesempatan di mana Anda harus terus menggali informasi dengan bertanya pada yang lebih senior. Anda bisa bertanya pada teman, atau bisa juga ke supervisor, dan Atasan Anda secara langsung.

Mereka tidak akan memarahi Anda, justru Anda akan dinilai sebagai karyawan yang berani dan patut dicontoh karena tidak malu untuk bertanya.

Namun, sebaiknya tanyakan hal-hal yang berkaitan dengan perusahaan dan tanyakan di waktu yang tepat seperti saat makan siang atau jam istirahat. Selain bisa memperbanyak informasi, juga membuat Anda memiliki topik pembicaraan dengan lawan bicara.

6. Jadilah Karyawan yang Aktif di setiap Acara

Jangan hanya berdiam diri tanpa mengikuti acara apapun. Ini akan membuat Anda semakin dijauhi dan tidak memiliki banyak teman maupun relasi.

Ikuti semua acara yang diadakan, acara resmi maupun tidak resmi. Acara resmi contohnya seperti perayaan ulang tahun perusahaan, perayaan pencapaian yang luar biasa, dan lain-lain.

Atau mungkin teman Anda mengadakan acara yang tidak resmi seperti kumpul bersantai sepulang kerja atau sekadar makan malam bersama-sama. Gunakan kesempatan ini untuk bisa menjalin pertemanan dengan banyak orang.

Selain itu, Anda juga akan semakin banyak relasi dan tentunya membuat Anda semakin dikenal oleh banyak orang. Ini akan sangat menguntungkan Anda bukan?

4 dari 5 halaman

7. Minta Teman Menemani Berkeliling Sekitar Kantor

Agar bisa mencairkan suasana, sebaiknya Anda juga meminta teman baru  untuk mengajak berkeliling di sekitar kantor. Selain bisa menambah informasi seputar kawasan kantor, juga bisa semakin mendekatkan Anda dengan teman Anda.

Saat berkeliling, carilah obrolan ringan seputar kantor atau bila perlu tanyakan sedikit tentang dirinya. Tapi, jangan tanyakan masalah yang terlalu pribadi padanya ini justru akan membuat teman Anda merasa tidak nyaman.

Jangan lupa untuk memperkenalkan diri Anda pada setiap karyawan yang bertemu dengan Anda, Anda tidak perlu memaksakan diri untuk menghafal nama mereka.

Sempurnakan Hari Anda dengan Percaya Diri

Semua yang Anda lakukan tidak bisa terlaksana tanpa adanya kepercayaan diri. Anda harus memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi untuk bisa menghilangkan rasa canggung saat bergaul dengan teman baru Anda.

Jadi, cobalah untuk terus percaya pada diri Anda, secara otomatis teman Anda akan berdatangan.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Lakukan ini biar Anak Tak Rewel Saat di Pesawat
Artikel Selanjutnya
Suka Liburan di Gunung atau Pantai? Cari Tahu Kepribadianmu di Sini