Sukses

Cara Mudah dan Praktis Bayar BPJS Online

Liputan6.com, Jakarta BPJS menjadi salah satu asuransi yang populer digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai perlindungan mereka, khususnya soal kesehatan. BPJS kesehatan menjadi asuransi kesehatan yang diminati karena memiliki biaya yang terjangkau, yaitu mulai dari Rp25.000/orangnya. Hal ini jelas sangat membantu masyarakat kalangan menengah ke bawah agar bisa merasakan akses kesehatan yang sama dengan yang lainnya.

Peminatnya yang banyak ini secara otomatis membuat pembayaran BPJS menjadi hal yang cukup merepotkan. Seringkali pengguna harus mengantre berjam-jam untuk membayar tagihan BPJS mereka. Hal ini jelas menyulitkan, apalagi tidak semua orang memiliki waktu luang berjam-jam hanya untuk mengantre.

Untungnya, saat ini telah tersedia layanan pembayaran BPJS secara online yang sangat mudah, cepat, dan praktis. Dengan cara ini pengguna bisa lebih mudah membayar tagihan mereka kapan saja dan di mana saja. Berikut ini merupakan cara mudah, cepat, dan praktis bayar BPJS secara online.

Transfer via Mobile Banking

Bank memang masih menjadi andalan sebagai gerbang pembayaran beragam fasilitas, termasuk juga asuransi. Namun, dengan kehadiran online, Anda tetap tak perlu datang ke bank untuk membayar tagihan BPJS. Anda bisa menikmati fasilitas mobile banking yang dimiliki oleh pihak bank.

Anda cukup membuka smartphone dan aplikasi mobile banking yang dimiliki. Cari menu Pembayaran dan pilih pembayaran BPJS online di dalamnya. Hal yang perlu Anda ingat adalah nomor ID asuransi BPJS-nya. Soal keamanannya pun tak perlu diragukan lagi. Aplikasi mobile banking saat ini telah dilengkapi dengan fitur OTP yang menjadi pintu pengamanan kedua setelah password.

Melalui layanan aplikasi non bank

Selain lewat bank, Anda juga bisa membayar tagihan BPJS ini melalui beragam aplikasi yang menyediakan fitur pembayaran BPJS di dalamnya. Salah satunya adalah aplikasi Traveloka. Melalui fitur Bill Payment atau Bayar Tagihan, Traveloka memudahkan para penggunanya untuk melakukan beragam transaksi online pada platform web dan aplikasinya.

Cara membayar BPJS via Traveloka pun sangat mudah dilakukan. Anda tinggal membuka Traveloka lalu pilih menu “Bayar Tagihan” dan klik “BPJS Kesehatan.” Langkah selanjutnya adalah mengisi data yang diminta dan pilih metode pembayarannya. Traveloka menghadirkan beragam metode pembayaran yang akan memudahkan Anda untuk bayar tagihan. Mulai dari tranfer bank, kartu kredit, sampai virtual account.

Menggunakan sistem e-payment

Selain menggunakan layanan pihak kedua, Anda juga bisa melakukan pembayaran BPJS dengan menggunakan fasilitas resmi yang dimiliki BPJS. Fasilitas tersebut dinamakan e-payment. Layanan ini bisa digunakan jika Anda masih meragukan gerbang pembayaran yang disediakan oleh pihak kedua.

Namun, Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu sebelum bisa melakukan pembayaran via e-payment ini. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan, mulai dari mengisi daftar registrasi sampai memasukkan nomor peserta. Cara ini memang tidak semudah menggunakan mobile banking atau layanan aplikasi yang telah Anda miliki sebelumnya.

Kemudahan ini tentu hadir berkat kerja sama yang harmonis antara pihak pemerintah dan swasta untuk menghadirkan akses yang memudahkan pengguna BPJS. Sekarang, Anda tinggal memilih cara mana yang terbaik untuk membayar BPJS dengan mudah cepat, praktis, dan bisa dilakukan di mana saja. Jadi, ucapkan selamat tinggal kepada antrean dan “duh lupa nih bayar tagihan BPJS.”  

Loading
Artikel Selanjutnya
Traveloka Xperience Hadirkan Layanan Inspirasi dalam Menemani Keseharian Anda
Artikel Selanjutnya
Asyiknya Pesan Tiket Bus dan Travel di Traveloka, Tersedia Beragam Pilihan