Sukses

Cek di Sini! Daftar Beasiswa S2 Dalam Negeri yang Bisa Kamu Coba

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak menginginkan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Setelah menyelesaikan pendidikan strata satu atau S1, tentunya Anda pasti ingin melanjutkan pendidikan S2, bukan? Namun, banyak yang tidak bisa melanjutkannya karena terhalang biaya.

Banyaknya minat warga negara Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan S2, tentu menjadi fokus pemerintah untuk mewujudkannya.

Hal ini karena biaya yang dibutuhkan tidak sedikit, untuk itu pemerintah menyediakan program beasiswa untuk Anda yang ingin melanjutkan pendidikan S2.

Beasiswa S2 dalam negeri kini semakin banyak pilihan. Satu per satu muncul program beasiswa baru, sehingga peluang untuk memperoleh beasiswa tersebut semakin besar.

Jika Anda sudah atau sedang menyelesaikan pendidikan S1 dan berencana melanjutkan S2 di dalam negeri saja, beberapa beasiswa S2 ini mungkin bisa dipertimbangkan. Apalagi memang targetnya mengejar beasiswa S2 dalam negeri. Akan sangat menguntungkan bukan jika Anda mendapatkan biaya pendidikan gratis?

Dalam beberapa tahun terakhir, ada beberapa beasiswa S2 dalam negeri yang cukup sering ditawarkan dan berpeluang besar kembali dibuka untuk periode yang baru atau di tahun akademik 2019-2020. Apa saja beasiswa itu? Berikut ulasannya, seperti dikutip dari TunaiKita.

2 dari 6 halaman

Program Beasiswa S2 Dalam Negeri yang Bisa Anda Dapatkan

1. Beasiswa LPDP

LPDP merupakan program beasiswa pemerintah yang berdiri sejak tahun 2013. Beasiswa pemerintah satu ini kian memiliki magnet, karena banyaknya yang mendaftarkan diri untuk mengikuti beasiswa ini.

Jenis beasiswa yang ditawarkan pun juga beragam, seperti beasiswa LPDP reguler, beasiswa LPDP afirmasi, dan beasiswa dokter spesialis.

Pilihan beasiswa LPDP tersebut semuanya menawarkan beasiswa S2 dalam negeri. Bahkan tidak hanya untuk di dalam negeri saja, beasiswa ini juga menyediakan program untuk melanjutkan kuliah di luar negeri.

Menariknya, semua biaya kuliah ditanggung pemerintah. Jadi Anda hanya tinggal fokus mengejar pendidikan saja.

2. Beasiswa Unggulan

Beasiswa Unggulan merupakan beasiswa dalam negeri untuk jenjang pendidikan mulai dari S1 hingga S3.

Program beasiswa ini dapat diikuti oleh calon mahasiswa yang sudah memiliki surat diterima di perguruan tinggi maupun mahasiswa yang sudah melangsungkan perkuliahan maksimal semester 2 pada saat mendaftar.

Beasiswa ini ditujukan untuk semua masyarakat berprestasi di segala bidang dan tidak diprioritaskan untuk dosen.

Seperti halnya beasiswa LPDP, beasiswa unggulan juga memiliki sejumlah pilihan. Beasiswa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini menawarkan setidaknya dua jenis beasiswa S2 yang bisa dilamar untuk studi di dalam negeri, yaitu Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi dan Beasiswa Unggulan Pegawai Kemdikbud. Beasiswa unggulan juga menawarkan beasiswa penuh untuk kuliah S2.

3 dari 6 halaman

3. Beasiswa PMDSU

Beasiswa ini ditawarkan untuk seluruh fresh graduate lulusan S1 yang ingin menjadi dosen. Beasiswa PMDSU (Pendidikan Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul) dan ditawarkan khusus Kementerian Ristek Dikti melalui Ditjen Dikti.

Nantinya para lulusan S1 akan menempuh pendidikan hingga doktor (S3) dengan durasi empat tahun. Beasiswa ini juga menyediakan tanggungan penuh biaya kuliah.

Para peserta yang terpilih nantinya akan menempuh program pendidikan Magister dan Doktor sekaligus selama empat tahun.

Program beasiswa ini sendiri sudah berjalan sejak 2013 dan menjadi salah satu terobosan untuk meningkatkan jumlah lulusan Doktor di Indonesia.

4. Beasiswa Bidik Misi

Bagi Anda yang berasal dari keluarga kurang mampu dan sebelumnya telah meraih beasiswa Bidik Misi S1, kesempatan beasiswa tersebut juga dibuka untuk Anda yang ingin melanjutkan pendidikan S2.

Kemenristek Dikti bersama LPDP menyediakan beasiswa Bidik Misi S2 untuk sejumlah studi di dalam maupun luar negeri. Bedanya pendaftaran online dilakukan di laman LPDP.

Sama seperti LPDP, beasiswa ini akan menanggung penuh biaya selama perkuliahan berlangsung.

 

4 dari 6 halaman

5. Beasiswa SEARCA

Beasiswa SEARCA setiap tahunnya menawarkan program beasiswa, termasuk bagi pelamar Indonesia yang ingin melanjutkan studi S2 di dalam negeri.

Yang membedakan program beasiswa ini dengan program beasiswa pemerintah lainnya yaitu beasiswa SEARCA melibatkan beberapa universitas di Asia Tenggara.

Di Indonesia, universitas yang cukup rutin menyediakan beasiswa SEARCA adalah Universitas Gadjah Mada dan Institut Pertanian Bogor. Yang boleh mengikuti program beasiswa ini adalah PNS, peneliti, atau pun dosen.

Program yang ditawarkan adalah pertanian dan bidang terkait seperti biologi, perikanan, ilmu lingkungan, statistik, kehutanan, dan ilmu-ilmu sosial.

6. Beasiswa BUDI

Jika sebelumnya mengenal beasiswa BPP-DN khusus dalam negeri atau BPP-LN untuk luar negeri. Nama tersebut kini sudahi berganti menjadi Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI).

Seperti namanya beasiswa ini khusus ditujukan bagi dosen baik perguruan tinggi negeri maupun swasta yang ingin melanjutkan studi jenjang S2 atau S3. Khusus di S2 di dalam negeri, Anda bisa melamar beasiswa BUDI-DN.

Beasiswa menanggung biaya studi penuh yang ditanggung Kemenristekdikti bekerjasama LPDP.

5 dari 6 halaman

7. Beasiswa STAR BPKP

Jika Anda seorang PNS khususnya yang bergelut di bidang pengelolaan keuangan dan berniat melanjutkan S2 di dalam negeri, program beasiswa yang ditawarkan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) mungkin bisa dicoba.

Dengan beasiswa STAR BPKP, Anda dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti program S2 di sejumlah perguruan tinggi negeri di Tanah Air.

8. Beasiswa Tanoto Foundation

Tanoto Foundation menyediakan beasiswa untuk Anda yang sudah berstatus mahasiswa S2 atau sudah diterima S2.

Memang tidak semua perguruan tinggi, khusus beberapa PTN yang sudah menjadi mitra Tanoto Foundation yang bisa melamar program beasiswa ini.

Beasiswa ini mencakup bantuan biaya kuliah dan tunjangan bulanan dan diberikan hingga selesai kuliah.

6 dari 6 halaman

9. Beasiswa AUN/SEED-Net

Persamaan beasiswa ini dengan beasiswa SEARCA, yaitu beasiswa AUN/SEED-Net juga melibatkan sejumlah universitas yang tergabung dalam program beasiswa ini.

Pelamar bisa mengambil studi S2 di sejumlah perguruan tinggi yang ada di program beasiswa. Misalnya kalau untuk di dalam negeri UGM, ITB, atau ITS.

S2 yang diambil di dalam negeri menyediakan beasiswa berupa tanggungan biaya kuliah dan biaya hidup.

10. Beasiswa Guru

Jika Anda berprofesi sebagai guru, ini merupakan beasiswa yang cocok untuk untuk dilamar. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan setiap tahun menyediakan beasiswa S2 yang ditujukan bagi para guru di tanah air, mulai dari guru SD, guru SMP, hingga guru SMA/SMK.

Beasiswa ini menyediakan bantuan biaya pendidikan selama menempuh pendidikan S2 di sejumlah perguruan tinggi di Indonesia.

Belajar Giat, Dapatkan Beasiswa S2 Dalam Negeri

Dengan adanya program beasiswa S2 dalam negeri yang dibuat pemerintah tentunya sangat membantu masyarakat Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan.

Program-program beasiswa ini dibentuk guna menciptakan lulusan yang cerdas dan profesional. Untuk itu, jangan malas untuk belajar yang giat untuk kejar beasiswa yang diinginkan.

Loading
Artikel Selanjutnya
Kena Tilang? Tak Perlu Panik, Dengan E-Tilang Jadi Lebih Mudah
Artikel Selanjutnya
Awas, 7 Hal Ini Dapat Membatalkan dan Mengurangi Pahala Puasa