Sukses

6 Pekerjaan Paruh Waktu Terbaik untuk Anak Kuliahan

Liputan6.com, Jakarta - Saya termasuk anak yang dibina untuk hidup hemat oleh orang tua. Untuk itu, ketika masih kuliah saya diberi uang saku secukupnya, tetapi juga tidak kurang. Akan tetapi, sebagai mahasiswa tentunya saya menginginkan uang saku yang lebih untuk digunakan jalan-jalan hangout dan berlibur di masa libur semester.

Saya kemudian mulai berpikir bagaimana cara mendapatkan uang tambahan. Saya mulai mengikuti beragam pekerjaan paruh waktu, di antaranya menjaga perpustakaan, freelance writer, proyek dosen, dan beberapa lainnya. Dengan mengikuti semua kegiatan tersebut, terdapat banyak manfaat yang dirasakan dan tidak hanya melulu soal materi.

Pengalaman kerja yang diperoleh selama kuliah tersebut membuat saya lebih bersiap menghadapi dunia kerja setelah wisuda nanti. Tak hanya itu, pelatihan soft skill juga bisa diperoleh, seperti kemampuan bernegosiasi, kerja sama, komunikasi, dan problem solving.

Padahal, pada kenyataannya praktik di dunia kerja sangat jauh berbeda dengan kondisi di bangku kuliah. Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk melakukan pekerjaan paruh waktu? Semua usaha tersebut bisa membentuk kepribadian diri lebih baik. Rasa percaya diri, pantang menyerah, dan peka terhadap peluang, bisa juga dimiliki.

Sebagai saran, kamu dapat mencoba beberapa pekerjaan paruh waktu rekomendasi Swara Tunaiku!

 

 

2 dari 7 halaman

1. Menjaga Perpustakaan

Fee yang dibayarkan ketika menjadi penjaga perpustakaan memang tidak seberapa. Akan tetapi, saya tidak harus membuang banyak waktu untuk bekerja. Lebih dari itu, saya bisa sambil membaca buku sembari bekerja menjaga perpustakaan. Saya juga bisa menggunakan waktu untuk mengerjakan tugas kuliah. Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui, bukan?

 

 

3 dari 7 halaman

2. Asisten Dosen atau Mengikuti Proyek Dosen

Ketika memasuki semester akhir, saya mulai ikut proyek dosen. Menurut saya, kegiatan tersebut adalah tempat yang tepat untuk mengaplikasikan ilmu yang selama ini dipelajari. Dikarenakan saya kuliah di jurusan yang berhubungan dengan Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan, saya menjadi asisten dalam pembuatan social mapping untuk perusahaan minyak dan gas.

Beberapa teman yang ikut dalam proyek tersebut, bahkan kini sudah bekerja di perusahaan itu. Karena apa? Tentu dengan pengalaman kerja yang sudah dilalui dengan baik. Sungguh, hal ini merupakan kesempatan yang luar biasa.

 

 

4 dari 7 halaman

3. Content Contributor

Kamu punya hobi dan keseriusan di bidang tulis menulis? Di luar sana, terdapat banyak perusahaan yang membutuhkan tulisanmu. Terlebih lagi, saat ini sudah banyak berdiri perusahaan start up. Tempatmu berkarya semakin luas. Kamu dapat menjadi penulis lepas atau kontributor konten.

Pengalaman saya adalah menjadi penulis lepas ketika sedang kuliah. Manfaat yang diperoleh selain materi adalah menjadi terbiasa dengan pekerjaan dan deadline. Hal tersebut membuat saya tidak kaget untuk bekerja di tempat yang memberlakukan deadline.

 

5 dari 7 halaman

4. Fotografer

Fotografer adalah pekerjaan yang bisa dilandaskan pada hobi. Kamu bisa bekerja menjadi fotografer freelance. Posisi ini bisa diisi oleh kamu yang hobi dan sudah akrab dengan dunia fotografi. Jadi, hobi fotografi bisa disalurkan untuk menghasilkan materi. Sungguh menyenangkan, bukan?

 

6 dari 7 halaman

5. Penerjemah

Menjadi seorang penerjemah juga termasuk pilihan pekerjaan yang bagus. Umumnya, pekerjaan ini diisi oleh para mahasiswa sastra. Akan tetapi, jika kamu bukanlah golongan mahasiswa sastra, maka bukanlah suatu masalah.

Bagi kamu yang punya kemampuan lebih dalam berbahasa asing, bisa menekuni profesi penerjemah. Melalui pekerjaan ini, kamu bisa meningkatkan kemampuan berbahasa asing untuk menambah poin tersendiri saat melamar pekerjaan nantinya.

 

7 dari 7 halaman

6. Pelayan Kafe

Saya dan beberapa teman pernah bekerja di kafe. Entah itu sebagai barista ataupun pelayan kafe. Meskipun cukup menyita waktu dan juga tenaga, kami sangat menikmati pekerjaan ini. Pengalaman yang didapat bisa membentuk pribadi yang lebih baik.

Kami mampu belajar manajemen waktu dengan baik untuk memberikan layanan prima untuk pelanggan. Kami juga belajar tentang mekanisme perusahaan dapat bekerja sekaligus kerja tim yang solid.

Itulah berbagai kesempatan bagimu untuk menghasilkan uang saku tambahan. Kamu juga bisa menabung sebagian dari hasil pekerjaan paruh waktu tersebut. Setiap pekerjaan tersebut juga mampu membentuk kepribadian dan kapabilitas diri lebih optimal. Jadi, manakah yang akan kamu pilih?

Loading
Artikel Selanjutnya
Ini Dia Karakteristik Pekerja Milenial
Artikel Selanjutnya
Waspadai, 6 Tanda Lowongan Kerja Palsu