Sukses

5 Bisnis Sampingan Terbaik bagi Pekerja Kantoran

Berikut bisnis sampingan yang dapat menjadi pilihan Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Rutin bekerja setiap hari dengan pemberian gaji, tidaklah selalu mampu memenuhi kebutuhan hidup yang semakin kompleks. Semakin hari, kebutuhan semakin banyak. Jangankan menabung, gaji masih dirasa kurang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Lantas, apakah yang dapat kamu lakukan agar finansial tetap lancar tanpa perlu mengganti pekerjaan dengan gaji lebih tinggi?

Salah satu cara yang dapat kamu pertimbangkan yaitu mencari bisnis sampingan yang dapat membantu perekonomian sehari-hari. Bisnis ini juga mampu disesuaikan dengan kegemaran atau hobimu, sehingga dapat mengurangi rasa jenuh saat bekerja.

Berikut lima bisnis sebagai ide usaha sampingan bagi para pekerja sebagaimana dilansir dari Swara Tunaiku.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Bekerja Freelance

Mungkin kamu punya hobi atau keahlian di luar pekerjaan utama. Keahlian tersebut dapat dimanfaatkan untuk menambah penghasilan. Kamu dapat mencari pekerjaan tambahan dengan cara menjadi freelancer. Kamu bisa memanfaatkan situs-situs pencari pekerja freelance yang banyak tersedia di internet.

Saat ini, pekerjaan freelance justru sedang marak dicari karena sistem kerjanya yang fleksibel. Pekerjaan freelance ini tidak mempunyai waktu kaku atau tidak terikat jam kerja, hanya saja terikat dengan deadline. Kamu akan lebih mudah mengatur waktu antara bekerja dengan kegiatan sehari-hari lainnya, asalkan tetap ingat deadline.

Banyak alternatif kerja freelance yang dapat dipilih, di antaranya adalah penulis freelance, editor, translator, customer service online, sampai jasa upload foto produk ke marketplace.

 

3 dari 6 halaman

2. Menjadi Influencer

Dunia media sosial, seperti Instagram serta situs penyedia video semisal YouTube sudah berkembang luas sampai saat ini. Masyarakat juga sudah akrab dengan berbagai fasilitas tersebut. Kesempatan tersebut harus dimanfaatkan sebagai peluang memperoleh tambahan penghasilan.

Membuat akun di Instagram secara menarik, menjadi influencer diiringi followers, serta interaksi yang banyak kepada netizen bisa dimanfaatkan untuk membuka jasa endorse atau paid promote. Sementara itu, YouTuber bisa menjadi pilihan berikutnya. Kamu bisa membuat konten menarik dan dimanfaatkan untuk memperoleh uang tambahan dari monetize video yang dibuat.

Manfaatkanlah waktu luangmu di antara waktu sibukmu dalam bekerja untuk membuat konten menarik dan tentunya bermanfaat. Cobalah peluang tersebut agar kamu bisa mendapatkan tambahan penghasilan sesuai dengan passion dan kebutuhan pasar saat ini yang menjanjikan.

 

 

4 dari 6 halaman

3. Bisnis Online

Masih dengan bisnis dari dunia maya, kamu dapat menjual barang via online. Barang apa pun bisa ditawarkan di suatu situs yang disebut platform. Kamu juga bisa membuat aplikasi. Semua itu digunakan sebagai toko online yang memuat beragam produk beserta keterangannya. Beragam layanan juga dijelaskan di sana. Pilih saja produk yang banyak peminatnya agar laku keras.

Manfaatkanlah mudahnya konsumen saat ini untuk mengakses media sosial ataupun marketplace secara gratis. Pasti banyak konsumen tertarik melakukan pembelian online dengan kemudahan tersebut. Setelah banyak pesanan, kamu dapat merekrut karyawan untuk membantu bekerja.

 

 

5 dari 6 halaman

4. Bisnis Barang-barang Handmade

Khusus untukmu yang punya kreativitas dan keterampilan membuat barang-barang handmade dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk berbisnis. Kamu dapat membuat kerajinan tangan, seperti hiasan dari barang bekas dan tas rajut. Sampai saat ini, semua barang handmade tersebut masih mempunyai peminatnya sendiri. Segmen pasarnya sudah ada sendiri.

Kamu dapat memulai pembuatan barang handmade tersebut usai pulang kerja. Keluarga ataupun kerabat terdekat tentu dapat membantumu untuk memasarkannya. Produk handmade tersebut dapat dipasarkan dengan harga tinggi karena punya nilai estetika sekaligus fungsional. Tingkat kesulitan dalam setiap tahap pembuatannya perlu dihargai.

 

 

6 dari 6 halaman

5. Bisnis Makanan Pesanan

Berbisnis katering adalah opsi berikutnya yang tentu menjanjikan sebagai bisnis sampingan. Jasa pembuatan makanan ini sangat diminati masyarakat tentunya. Kamu dapat memilih makanan pesanan yang mudah serta umum dicari, meliputi nasi box, kue kering, kue basah, yang semuanya dibutuhkan saat seseorang mengadakan acara.

Kamu dapat meminta bantuan kepada keluarga ataupun tetangga sekitar untuk memproduksi pesanan sampai mengantarkan ke alamat tujuan. Promosi juga perlu dilakukan secara menyeluruh dan gencar. Kamu juga tidak terlalu sibuk dibuatnya karena hanya terlibat dalam proses produksi, pengelolan keuangan, serta manajerial.

Dengan lima ide bisnis sampingan yang menggiurkan tersebut, kamu dapat menambah penghasilan. Bahkan, kamu bisa hidup lebih terjamin dengan menabung sebagian dari penghasilan tersebut. Jam kerjamu juga tidak akan terganggu dan tetap produktif bekerja. Sangat menarik, bukan?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini