Sukses

Tips Menata Ruang Tamu yang Cocok untuk Lebaran

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian dari Anda mungkin merasa sedikit terbebani bila ditunjuk menjadi tuan rumah untuk acara Lebaran nanti. Wajar saja, menjadi tuan rumah tidaklah mudah.

Ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Mulai dari menyiapkan makanan khas Lebaran, hingga menata rumah sedemikian rupa agar terlihat menarik saat tamu datang.

Berbicara mengenai menata rumah, ruang tamu menjadi pusat perhatian. Sebab, sebagian besar aktivitas keluarga akan dihabiskan di ruangan ini.

Agar ruang tamu terlihat menarik dan nyaman, cobalah menata ruang tamu Anda yang cocok untuk momen Lebaran dengan tips berikut ini, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Ketahui Perkiraan Jumlah Tamu yang Datang

Berapa banyak jumlah tamu yang akan datang ke rumah? Coba hubungi keluarga besar untuk mendapatkan kepastian.

Mengetahui jumlah tamu yang datang akan memudahkan Anda untuk memaksimalkan ruang tamu. Anda tahu furniture mana yang perlu dipajang dan mana yang harus disingkirkan agar ruangan cukup untuk menampung semua tamu.

Jika jumlah tamu yang datang sedikit, Anda tidak perlu susah payah menggeser kursi dan furniture lainnya. Apalagi kalau ukuran ruang tamu besar.

2. Manfaatkan Setiap Sudut Ruangan

Untuk furniture tambahan seperti meja hias, lampu, drawer, atau lemari antik sebaiknya disingkirkan untuk sementara waktu. Manfaatkan setiap sudut ruangan untuk menampung furniture ini. Apabila space-nya tidak cukup, Anda bisa menyingkirkannya ke gudang atau tempat tertentu.

Tidak hanya furniture saja, Anda juga bisa memaksimalkan sudut ruangan untuk menampung koleksi barang-barang kesayangan. Untuk barang yang mudah pecah, sebaiknya jangan ditempatkan di sudut ruangan karena rawan jatuh.

2 dari 4 halaman

3. Perhatikan Pencahayaan di Setiap Sisi

Para tamu datang secara silih berganti. Ada yang datang pagi hari, siang hari, atau malam hari. Agar keindahan ruang tamu tetap terpancar setiap saat, sebaiknya perhatikan pencahayaan di setiap sisi rumah Anda.

Pastikan lampu-lampu berfungsi dengan baik untuk memaksimalkan penerangan di dalam ruangan. Selain lampu utama atau lampu gantung, Anda bisa memanfaatkan lampu hias untuk setiap sudut ruangan yang membuat kesan rumah minimalis.

4. Tambahkan Hiasan di Ruang Tamu

Jangan ragu untuk menambahkan beberapa hiasan di ruang tamu, seperti lukisan, tanaman, atau foto keluarga. Hiasan seperti ini akan membuat ruang tamu lebih hidup dan jauh dari kata membosankan.

Pilih hiasan yang paling sesuai dengan konsep rumah Anda. Hindari memajang hiasan yang terlalu banyak. Hal ini dapat mengurangi nilai estetika atau keindahan rumah Anda dan mengganggu pemandangan para tamu.

3 dari 4 halaman

5. Perbarui Warna Cat Dinding Rumah

Apabila cat dinding sudah mulai pudar atau terkelupas, jangan ragu untuk melakukan pengecatan ulang. Anda bisa mengecatnya dengan warna yang sama seperti warna sebelumnya atau dengan warna berbeda, sehingga isi rumah kelihatan seperti baru.

Untuk menambah kesan atraktif, coba pertimbangkan penambahan wallpaper di ruang tamu. Pilih wallpaper yang menonjolkan kesan homey agar para tamu semakin betah berlama-lama di ruang tamu milikmu.

6. Tempelkan Pewangi Ruangan

Siapa yang mau ruang tamu rumahnya bau? Sudah pasti tidak ada, bukan? Untuk itu, tambahkan pewangi ruangan di sudut ruangan tertentu. Cukup tempelkan sekitar 1-2 pewangi saja untuk memberi aroma sedap dan sejuk pada ruang tamu.

Pilih aroma yang lembut dan enak dihirup, ya. Misalnya aroma lavender, chamomile, ataupun jeruk. Pastikan wanginya tersebar merata ke seluruh ruang tamu.

4 dari 4 halaman

7. Jaga Kebersihan Ruang Tamu

Ruang tamu pasti sudah tertata dengan rapi satu atau dua hari sebelum tamu datang. Untuk mempertahankan tampilannya, Anda dan keluarga harus menjaga kebersihan ruang tamu. Hindari melakukan aktivitas sehari-hari di ruang tamu, terutama makan atau mengudap camilan.

Kalaupun ingin beraktivitas atau bersantai di ruang tamu, jangan lupa untuk merapikan dan membersihkannya, sehingga ruang tamu tetap kelihatan menarik saat hari H tiba.

Tata Ruang Tamu Sesuai Selera Pribadi

Sekarang, Anda tidak perlu bingung saat menata ruang tamu. Anda bisa menerapkan tips-tips di atas untuk mendapatkan ruang tamu impian di hari lebaran.

Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa memanfaatkan sosial media untuk mencari referensi dekorasi atau menggunakan jasa desain interior.

Loading
Artikel Selanjutnya
Bumil, Perhatikan Cara Sehat saat Hamil hingga Melahirkan
Artikel Selanjutnya
Jangan Asal, Ini Makanan yang Cocok Buat Ngemil di Kantor