Sukses

Abramovich Ogah Jual Chelsea ke Miliarder Terkaya di Inggris

Liputan6.com, London - Miliarder Roman Abramovich tidak berminat menjual klub sepak bola Chelsea. Bos perusahaan tambang ini bahkan tak tertarik terhadap minat orang terkaya di Inggris, Sir Jim Ratcliffe.

Dilaporkan ESPN, Sir Jim Ratcliffe mulai bertanya-tanya mengenai ketersediaan Chelsea pada Mei tahu lalu. Abramovich ternyata sama sekali belum pernah berbincang dengan Ratcliffe mengenai itu.

Sumber menyebut Abramovich masih berkomitmen mengurus klub yang ia beli pada Juli 2003 lalu. Uang sebesar 1,13 miliar pound sterling atau Rp 21 triliun (1 pound sterling = Rp 14.318) telah ia kucurkan dari kantongnya demi membesarkan Chelsea.

Saat ini valuasi Si Biru adalah sebesar 4 miliar pound sterling (Rp 74,3 triliun). Angka itu fantastis mengingat Abramovich membeli klub itu hanya seharga 140 juta pound sterling atau setara Rp 4 triliun jika disesuaikan inflasi.

Sementara, The Times menyebut Sir Ratcliffe menawar hingga 2 miliar pound sterling saja (Rp 37,1 triliun). Hingga kini, ia diketahui masih terus mencoba membeli Chelsea meski sang miliarder adalah penggemar Manchester United.

Sir Jim Ratcliffe adalah bos perusahaan petrokimia dengan kekayaan mencapai 21 miliar pound sterling (Rp 390,4 triliun). Sementara, Abramovich adalah miliarder terkaya di Israel sejak mendapat kewarganegaraan Rusia dan Israel tahun lalu.

Sampai saat ini, Abramovich tidak bisa masuk ke Inggris karena masalah visa. Menegangnya hubungan Rusia dan Inggris disebut memengaruhi kejadian ini.

2 dari 4 halaman

Rumor yang Beredar

CEO Chelsea, Bruce Buck yakin Roman Abramovich takkan menjual Chelsea dalam waktu dekat. Buck percaya pengusaha asal Rusia itu masih cinta pada The Blues.

Meski demikian, Abramovich tak terlihat di Stamford Bridge sejak Mei 2018. Ia dilarang masuk Inggris karena masalah visa.

Abramovich pun kabarnya tak mau lagi membayar tiket untuk kursi VIP di Stamford Bridge saat ini. Sehingga rumor Abramovich bakal melepas Chelsea semakin mencuat.

"Semua yang ia kerjakan adalah bentuk komitmennya pada Chelsea. Dia masih berbicara dengan pemain dan juga sponsor," ujar Buck seperti dilansir Evening Standard.

"Dia juga selalu menghubungi kami beberapa kali sehari. Jadi saya yakin dia takkan pergi dari Chelsea," katanya menambahkan.

3 dari 4 halaman

Galang Kampanye

Buck bahkan mengungkapkan Abramovich punya peran besar dalam kampanye anti-semit yang digalang Chelsea belum lama ini.

"Ya, dia sangat fokus untuk menyukseskan kampanye itu. Dia tidak mau fans Chelsea berbuat yang tidak sesuai peraturan," kata Buck.

"Suporter Chelsea sangat beragam dan kami ingin semangat anti-semit dan anti-rasis terus digaungkan."

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Chelsea
  • Miliarder
Loading
Artikel Selanjutnya
Lampard Nilai Carlo Ancelotti Bisa Lanjutkan Karier di Premier League
Artikel Selanjutnya
Ingin Anak Disiplin, Simak 8 Tips Ini