Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

10 Keluarga Kerajaan Terkaya di Dunia, Hartanya Bikin Melongo

Liputan6.com, New York - Jika membicarakan tentang orang terkaya di dunia, maka nama Jeff Bezos yang muncul dalam benak kebanyakan orang. Namun tahukah Anda, jika kekayaan Jeff Bezos saat ini yang mencapai USD 151 miliar ternyata tidak sebanding dengan kekayaan keluarga kerajaan yang ada di dunia.

Tahukah Anda satu keluarga kerajaan, jumlah kekayaannya dapat mencapai miliaran bahkan hingga triliunan dolar AS. Mau tahu keluarga kerajaan mana sajakah yang terkaya di dunia? Seberapa besarkah kekayaan yang mereka miliki? Penasaran?

Dilansir dari laman Love Money, berikut merupaka daftar 10 keluarga kerajaan terkaya di dunia:

10. Keluarga Kerajaan Liechtenstein - USD 4,4 Miliar

Satu dari dua keluarga kerajaan Eropa, Liechtenstein menempati peringkat ke-10 daftar peringkat keluarga kerajaan terkaya di dunia. Kekayaan keluarga ini mencapai USD 4,4 miliar, menurut Bloomberg. Bagian terbesar dari kekayaan keluarga kerajaan ini berada di tangan Pangeran Hans-Adam II, sang raja yang sedang berkuasa saat ini.

 

2 dari 5 halaman

9. Keluarga Kerajaan Dubai - USD 19 Miliar

Keluarga kerajaan ini telah memiliki 12 keturunan dinasti sejak 1833. Hingga saat ini, kekayaan keluarga kerajaan Dubai ini ditaksir mencapai USD 19 miliar. Kekayaan terbesar dari keluarga ini dipegang oleh Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, kepala dinasti dan penguasa Dubai yang telah memerintah sejak 2006.

Ia juga telah menjabat sebagai wakil presiden dan perdana menteri Arab Saudi. Diperkirakan kekayaannya mencapai USD 18 miliar.

8. Keluarga Kerajaan Maroko Dinasti Alaouite - USD 20 Miliar

Dinasti Alaouite, merupakan keluarga kerajaan penguasa Maroko yang didirikan pada 1631 namun sudah ada sejak abad ke-13. Keluarga ini terdiri dari 19 anggota yang dipimpin oleh Raja Mohammed IV yang naik tahta pada 1999.

Kekayaan keluarga kerajaan ini diperkirakan mencapai USD 20 miliar. Kaya raya, mereka juga termasuk keluarga yang sangat dermawan di dunia.

 

3 dari 5 halaman

7. Keluarga Kerajaan Brunei - USD 30 Miliar

Sempat buming karena kebijakannya yang akan menghukum mati para gay dan lesbian di negara Brunei, ternyata keluarga kerajaan Brunei, House of Bolkiah yang ada sejak 1363 ini telah menjadi keluarga kerajaan terkaya ke-tujuh di dunia.

Dipimpin oleh Sultan Hassanal Bolkiah yang telah berkuasa hampir 51 tahun, keluarga ini menjadi sangat kaya raya karena cadangan minyak yang dimiliki Brunei begitu besar. Sang Sultan diprediksi memiliki kekayaan mencapai USD 20 miliar. Sementara, sang putra Pangeran Haji Abdul Azim kekayaannya mencapai USD 5 miliar.

6. Keluarga Kerajaan Thailand - USD 60 Miliar

Dinasti Chakri telah menjadi kerajaan yang begitu berkuasa di Thailand selama 236 tahun terakhir. Keluarga ini begitu terpandang dan terhormat di negara ini.

Raja Maha Vajiralongkorn telah menduduki takhtanya sejak 2016 setelah kematian sang ayah, Raja Bhumibol Adulyadej. Berbasis di Bangkok, kekayaan keluarga kerajaan ini diperkirakan mencapai USD 60 miliar.

 

4 dari 5 halaman

5. Keluarga Kerajaan Inggris - USD 88 Miliar

Kekayaan keluarga kerajaan Inggris ini mencapai USD 88 miliar, meskipun terlihat seperti angka yang besar, namun jumlah ini juga berasal dari pariwisata, bisnis, dan sektor lainnya.

Tentu saja, kekayaan terbesar keluarga ini dipegang oleh sang Ratu Elizabeth. Kekayaannya diperkirakan mencapai USD 480,5 juta.

4. Keluarga Kerajaan Abu Dhabi - USD 150 Miliar

Al Nahyan, keluarga ini menjadi keluarga kerajaan terkaya yang telah memerintah Abu Dhabi sejak 1793. Keluarga ini terdiri dari 200 anggota laki-laki, dan jumlah perempuan yang tidak diketahui. Seperti keluarga kerajaan lainnya di Timur Tengah, keluarga ini mendapatkan kekayaannya dari minyak.

Keluarga ini telah berhasil mengumpulkan sebagian besar kekayaannya mencapai USD 150 miliar sejak 1970-an. Kepala keluarga, Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan yang telah menjadi emir Abu Dhabi dan Presiden Arab Saudi sejak 2004 dan mengepalai Otoritas Investasi Abu Dhabi telah mengelola aset sebesar USD 875 miliar. Termasuk gedung pencakar langit, Burj Khalifa Dubai yang menjadi bangunan tertinggi di dunia.

 

5 dari 5 halaman

3. Keluarga Kerajaan Qatar - USD 335 Miliar

Keluarga Al Thani menjadi keluarga kerajaan yang bertanggung jawab atas Qatar sejak pertengahan abad ke-19. Saat ini keluarga ini dipimpin oleh Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani yang telah berkuasa sejak usia 37 tahun dan menjadi pemimpin termuda di dunia saat diangkat oleh amir pada 2013. Meskipun keluarga ini berjumlah ribuan, namun kekayaan keluarga ini ditaksir mencapai USD 335 miliar.

2. Keluarga Kerajaan Kuwait - USD 360 Miliar

Selama di Kuwait, keluarga Al-Sabah lah yang memimpin. Dinasti ini telah memerintah negara bagian Timur Tengah sejak 1752, dan saat ini pemimpinnya adalah Sheikh Sabah IV Ahmad Al-Jaber Al-Sabah. Secara keseluruhan keluarga ini dikabarkan berjumlah 1.000 anggota.

1. Keluarga Kerajaan Arab Saudi - USD 1,7 Triliun

Keluarga ini menjadi keluarga kerajaan terkaya di Arab bahkan di dunia. Kekayaan House of Saud diperkirakan mencapai USD 1,7 triliun. Angka yang sungguh tak terbayangkan. Angka ini merupakan total kekayaan dari 15.000 anggota keluarga besar kerajaan tersebut.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Ingin Tahu, Ini 10 Orang Terkaya di China
Artikel Selanjutnya
5 Pemain Bulutangkis Terkaya di Dunia