Sukses

Jelang Puasa, Harga Telur Masih Stabil di Pasar Tradisional

Harga telur masih terbilang stabil di Pasar Slipi. Tetapi ini mungkin tak akan berlangsung lama.

Liputan6.com, Jakarta - Harga telur ayam masih stabil di pasar tradisional pada awal pekan ini. Berdasarkan pantuan Liputan6.com, harga telur masih di kisaran Rp 24 ribu per kilogram (kg) untuk telur ayam negeri, Rp 2.500 untuk ayam kampung, dan Rp 3.000 per butir untuk telur bebek.

"Harga telur ayam negeri Rp 24 ribu per kg, kalau yang telur ayam kampung Rp 2.500 per butir," ujar penjual di Toko Adhy kepada Liputan6.com di Pasar Slipi, Jakarta Barat, Senin (22/4/2019). 

Namun, penjaga toko menyebut pembeli sedang lesu. Ia hanya bisa menduga bahwa pemilu 2019 dan musim masuk sekolah menjadi faktor penyebabnya.

"Lagi lesu. Enggak tahu ini pembeli pada ke mana," ucapnya. 

Pedagang telur lain di Toko Adam juga menjual telur ayam negeri di harga Rp 24 ribu per kg dan telur ayam kampung Rp 2.500 per kg. Harga menjelang puasa tidak naik, namun baru akan naik menjelang Lebaran, dan harga telur justru akan turun pada memasuki bulan puasa.

"Telur naiknya sebelum lebaran," ujar penjaga Toko Adam. 

Ia menyebut telur ayam kampung biasanya naik 10 hari sebelum Lebaran, sementara itu telur ayam kampung dua minggu sebelum Lebaran. "Itu nanti telur untuk bikin-bikin kue," pungkasnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Telur Diprediksi Naik Rp 2.000 per Kg Jelang Puasa

Akhir pekan lalu, harga telur di Pasar Rumput, Setiabudi, Jakarta Selatan masih tercatat naik menjadi Rp 26 ribu per kilogram (kg).

Berdasarkan info pangan DKI Jakarta, harga normal telur ayam ras atau telur ayam negeri sebesar Rp 24.148 per kg.

Pedagang telur ayam, Hedi (28) menuturkan, harga telur ayam kemungkinan dapat naik mendekati hari raya Ramadan. Dia pun saat ini mematok telur ayam ras seharga Rp 25 ribu per kg. 

"Puasa bisa naik drastis lagi. Bisa sampai Rp 2 ribu per kg-nya," ucap dia kepada Liputan6.com.

Sementara itu, pemilik toko kelontong Ibu Rusdi (52) kini membanderol telur ayam ras seharga Rp 26 ribu per kg. 

Dia tak menampik bahwa komoditas telur saat ini memang mengalami kenaikan di pasar tradisional.

"Emang lagi naik sekarang. Telur puyuh sekarang saya jualnya Rp 30 ribu per kg. Kalau ayam kampung masih normal, Rp 2.000 per butirnya," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini