Sukses

6 Cara Memilih Telur Ayam dengan Kualitas Bagus Sebelum Membelinya, Mudah dan Akurat

Sebelum membelinya, perhatikan cara ini untuk mendapatkan telur berkualitas bagus

Liputan6.com, Jakarta Telur merupakan salah satu bahan pangan yang banyak dikonsumsi oleh orang-orang. Harganya yang sangat terjangkau, membuat telur bisa menjadi alternatif pilihan lauk di saat harga daging dan ikan mahal. Selain menjadi lauk, telur juga bisa digunakan sebagai campuran bahan untuk membuat kue.

Selain menjadi bahan dan menu makanan, telur juga banyak digunakan sebagai bahan kecantikan. Karena telur memiliki kandungan gizi yang sangat baik, banyak produk yang mencampurkan telur sebagai bahan utamanya.

Nah, manfaat telur yang sangat banyak ini pun membuat banyak orang akhirnya mencari dan mengonsumsi telur. Memiliki peminat yang banyak, tak jarang para penjual telur melakukan aksi nakal demi mendapatkan keuntungan.

Oleh karena itu, buat Anda yang ingin membeli telur, perlu berhati-hati dalam memilih telur yang baik. Hal ini berguna agar Anda tetap mendapatkan gizi sempurna dari telur. Berikut Liputan6.com, Jum’at (22/3/2019) telah merangkum dari berbagai sumber bagaimana cara memilih telur yang berkualitas bagus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Memilih Telur Ayam dengan Sinar Cahaya

Soroti dengan Cahaya

Di tempat penjual telur pasti selalu menyediakan lampu. Nah, lampu bisa digunakan untuk mengecek kondisi telur apakah masih bagus atau tidak. Cahaya pada lampu digunakan untuk melihat bagian dalam telur. Caranya, Anda hanya perlu mendekatkan telur dengan cahaya lampu. Kalau bagian dalam telur terlihat terang dan jernih, kuning telurnya berada di tengah dan tidak bebas bergerak, maka telur tersebut memiliki kondisi segar.

Jangan Memilih Cangkang yang Retak

Di antara tumpukan telur yang dijual, Anda sebaiknya jangan memilih telur yang retak walupun hanya sedikit. Telur yang sudah retak sangat rentan terinfeksi kuman dan bakteri melalui cangkangnya. Begitu juga saat mendapati telur yang sudah retak walau sedikit. Retakan halus itu bisa membuat pori-pori cangkang terbuka dan udara akan masuk ke dalam. Hal ini bisa membuat telur menjadi mudah rusak dan busuk.

Guncang Telur Secara Perlahan

Untuk memastikan telur itu masih dalam kondisi yang baik, Anda bisa mengocok telur. Kalau telur terasa bergerak-gerak dan di dalam telur mengikuti gerak kocok Anda, itu berarti telur sudah menandakan tidak baik lagi. Jadi sebaiknya Anda memilih telur yang tidak terasa bergoyang dan tidak ada suaranya saat dikocok.

3 dari 4 halaman

Memastikan Telur Segar

Perhatikan Ukuran Telur

Pilihlah telur dengan ukuran yang tidak terlalu besar atau kecil. Karena telur dengan ukuran terlalu kecil umumnya berasal dari ayam yang masih muda dengan cangkang keras untuk melindungi isinya. Telur ayam muda juga cenderung memiliki ukuran kuning telur yang kecil.

Pilih Berdasarkan Warna Kulit Telur

Anda bisa memperhatikan kulit telur dengan teliti. Jangan memilih telur yang memiliki lubang, bintik, retak, dan kilap. Telur yang mengilap menandakan bahwa telah disimpan terlalu lama dan telur yang memiliki bintik menandakan telah ditumbuhi jamur. Sedangkan retak dan lubang menandakan proses pengumpulan yang tidak baik dan cenderung akan terinfeksi bakteri.

Telur dengan kualitas baik memiliki cangkang yang berwarna pekat dan cerah. Hal ini menandakan telur masih segar. tekstur yang kasar dan terdapat butiran-butiran putih.

Cium Aroma Telur

Telur yang memiliki kualitas baik tentunya tidak berbau busuk. Saat membeli telur, Anda perlu menciumnya terlebih dahulu. Caranya cukup dekatkan telur ke hidung, lalu cium aroma telur tersebut. Kalau aroma telur tidak enak atau busuk, itu sudah dipastikan bahwa isinya juga sudah tidak baik.

4 dari 4 halaman

Cara Memastikan Telur Segar Saat di Rumah

Rendam Telur di Air

Cara cepat untuk melihat kalau telur itu memiliki kualitas baik atau tidak adalah dengan merendamnya ke dalam air. Memang, cara ini tidak mungkin dilakukan saat membeli telur. Namun setidaknya Anda bisa memastikan apakah telur tersebut masih layak konsumsi atau tidak.

Cukup mudah, Anda hanya perlu memasukkan telur ke dalam gelas yang berisikan air. Jika telur berada dalam posisi tertidur saat masuk ke air, maka telur tersebut memiliki kondisi yang baik. Sebaliknya, jika telur terapung makan telur tersebut sudah busuk atau tidak layak untuk dikonsumsi.

Pecahkan Telur

Telur yang segar dan masih layak konsumsi memiliki kuning telur yang bulatnya masih sempurna, lapisan putih telurnya tebal dan kental. Tetapi kalau kuning telurnya sudah memencar kemana-mana atau berantakan dan putih telurnya encer, maka telur tersebut sudah tidak layak dikonsumsi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini