Sukses

9 Cara Memoles Rumah Kecil agar Tampak Luas

Liputan6.com, Jakarta - Punya rumah luas menjadi hal yang cukup sulit diwujudkan belakangan ini, mengingat harga lahan perumahan makin hari kian tinggi hingga sulit dijangkau. Tak heran bila ini jadi tantangan tersendiri bagi yang tinggal di kawasan perkotaan.

Semakin sempitnya lahan pemukiman di kota besar, maka rumah identik dengan ukuran kecil dan pas-pasan sekali. Meski begitu, Anda tetap bisa menata rumah mungil dengan trik tertentu, agar terlihat lebih luas.

Menata rumah agar terlihat lebih luas menjadi hal yang lazim dilakukan, sehingga kesan sempit dan kecil bisa dihilangkan dari rumah Anda. Bukan hanya hemat biaya, langkah ini juga akan membuat rumah tampak lebih nyaman dan menyenangkan untuk dihuni.

Selain memilih dan menempatkan perabotan yang tepat, melakukan trik tertentu untuk memberi kesan luas pada rumah adalah hal lainnya yang patut Anda coba. Tak sulit, berikut 9 cara memoles rumah kecil agar tampak luas, seperti dikutip dari Cermati.com.

 

2 dari 5 halaman

1. Pilih Warna yang Cerah untuk area Dinding

Cat selalu menjadi salah satu cara ampuh untuk mengatasi berbagai kekurangan pada rumah, termasuk rumah yang sempit. Pemilihan warna cat yang tepat memang akan memberi kesan tersendiri, bahkan bisa menjadi sangat berbeda dari biasanya.

Untuk membuat rumah terlihat lebih luas, Anda bisa memilih salah satu warna cerah untuk area dinding rumah Anda. Pilih dan sesuaikan warna cat ini dengan desain dan juga perabotan rumah, sehingga secara keseluruhan rumah Anda akan terlihat indah dan nyaman.

2. Tempatkan Cermin pada Beberapa Titik

Cermin menjadi salah satu benda ajaib yang bisa memberi kesan luas pada ruangan, terutama untuk ruangan-ruangan yang berukuran mungil dan sempit. Anda bisa memilih beberapa cermin berukuran sedang dan memiliki bingkai unik untuk mempercantik rumah Anda.

Tempatkan cermin ini bersisian, sehingga kesan luas dan artistik bisa Anda dapatkan sekaligus. Penggunaan cermin seperti ini bisa Anda terapkan di beberapa ruangan, terutama pada ruangan utama yang kerap menjadi bagian fokus rumah tersebut.

3 dari 5 halaman

3. Gunakan Karpet dengan Motif Pola yang Tepat

Penggunaan karpet pada area lantai juga bisa menjadi pilihan, terutama bagi Anda yang suka menggunakan benda ini di rumah. Jangan sembarang memilih motif karpet, sebab motif yang salah bisa saja membuat rumah terkesan menjadi penuh dan tampak sempit.

Sebisa mungkin pilih karpet dengan motif pola kecil dan berulang, sebab motif yang seperti ini akan membuat ruangan terasa lebih luas dan lega. Karpet ini bisa Anda gunakan pada beberapa area rumah atau bahkan di bawah furnitur yang Anda pajang.

4. Pilih Furnitur yang Memiliki Banyak Fungsi Saja

Guna memberi kesan luas, menghindari berbagai perabot yang banyak tentu menjadi hal wajib untuk dilakukan. Anda harus membuat rumah lega dan tidak dipenuhi oleh berbagai barang-barang, terutama yang berukuran besar.

Pilih dan gunakan furnitur yang memiliki fungsi banyak sekaligus (multifungsi) yang bisa dipakai untuk beberapa kebutuhan sekaligus, misalnya ranjang yang memiliki ruang penyimpanan di bawahnya, meja yang bisa dilipat dan menjadi kursi saat tidak digunakan, dan lainnya.

4 dari 5 halaman

5. Manfaatkan Area Dinding dan Buat Jendela Berukuran Besar

Memiliki beragam furnitur akan menjadi tantangan tersendiri di rumah sempit. Sebab Anda perlu menata segala sesuatunya dengan baik. Untuk urusan yang satu ini, tidak ada salahnya memanfaatkan area dinding rumah Anda.

Anda bisa menggantung televisi dan juga beragam perabotan elektronik pendukung lainnya di dinding saja, daripada Anda harus menggunakan area rumah Anda yang sempit dengan menaruhnya di meja khusus.

Cahaya yang masuk ke rumah juga bisa memberi kesan luas di area dalam rumah, dan hal ini bisa Anda dapatkan jika memiliki jendela berukuran besar. Buatlah jendela dengan ukuran besar, sehingga cahaya matahari lebih banyak masuk. Selain itu, lengkapi juga jendela ini dengan tirai berukuran tepat dan panjang, agar kesan luas memang bisa didapatkan dengan maksimal.

6. Gunakan Stiker pada Area Plafon

Penggunaan stiker pada plafon rumah akan memberi kesan yang berbeda dan membuat rumah tampak lebih luas lagi. Kesan ini bahkan akan semakin mudah didapatkan, jika ternyata Anda bisa memilih desain dan warna stiker yang tepat. Gunakan stiker ini pada area plafon rumah Anda dan dapatkan ilusi yang memberi kesan luas pada ruangan di bawahnya.

5 dari 5 halaman

7. Hindari Furniture yang Menempel ke Dinding

Jika untuk beberapa perabotan Anda perlu tempelkan di dinding, maka hal ini tidak berlaku untuk beberapa furnitur lainnya. Anda perlu menghindari furnitur yang menempel langsung (mepet) dengan dinding, sebab ini bisa memberi kesan penuh dan sempit.

Hal ini berlaku untuk beberapa jenis furnitur yang lazim digunakan, seperti sofa, meja, dan yang lainnya. Sebaiknya gunakan berbagai perabot tersebut dengan model yang minimalis.

8. Gunakan Sekat dan Hindari Penggunaan Pintu

Rumah dengan ruangan yang dibatasi oleh pintu akan terasa lebih sempit, terutama jika ruangan-ruangan di dalam rumah memang tidak berukuran besar. Hindari hal ini dengan cara menggunaan sekat antar ruangan saja dan hindari penggunaan pintu.

Selain memberi kesan yang lebih luas, penggunaan sekat seperti ini juga akan membuat Anda lebih leluasa untuk menata rumah. Anda bisa menggunakan sekat dari perabot yang punya fungsi lainnya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Sebelum Beli, Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Barang Black Market
Artikel Selanjutnya
Suka Koleksi Barang Antik? Catat 4 Tempat Ini