Sukses

Bos Facebook Jadi Orang Terkaya Paling Berpengaruh di Dunia

Liputan6.com, Palo Alto - Bos Facebook Mark Zuckerberg terpilih menjadi tokoh berpengaruh di dunia versi Time 100. Zuck, demikian akrab disapa, menjadi sosok paling kaya dalam daftar itu.

Dalam daftar Time 100, Mark Zuckerberg berada dalam kategori titan bersama tokoh masyarakat tersohor seperti Mohamed Salah (atlet), Ryan Murphy (sutradara), Bob Iger (bos Disney), dan Jerome Powell (pemimpin Federal Reserve).

Dalam tulisan persembahan yang ditulis Sean Parker (mantan partner Zuckerberg), bos Facebook disebut masih sederhana dan agak pemalu, walau ia telah mengubah dunia.

"Ia masih orang yang agak pemalu, serta ramah, seperti yang saya temui 15 tahun lalu. Ia masih bisa mengutip dari film-film favoritnya, dan ia tinggal di rumah sederhana di Palo Alto, California," tulis Parker.

Mark Zuckerberg juga tidak dipandang sebagai sosok materialistis. Tujuannya adalah mengembangkan potensi Facebook ke arah yang baik.

Mengingat beragam kontroversi yang terjadi pada Facebook, Sean Parker menyebut Zuck akan berhadapan dengan pilihan-pilihan berat terkait privasi dan investigasi pemerintah.

"Mark perlu berhadapan dengan pilihan-pilihan berat. Harapan saya adalah ia tetap setia pada cita-cita yang menjadi fondasi perusahaannya - memilih mempromosikan nilai-nilai universal seperti kesantunan ketimbang sensasionalisme, intimasi ketimbang status sosial, dan martabat manusia ketimbang tribalisme - atau dalam Zuckspeak, yakni 'kebaikan,'", tulis Parker.

Mark Zuckerberg adalah orang terkaya nomor delapan di dunia versi Forbes 2019. Berkat Facebook, kekayaannya mencapai USD 62,3 miliar atau Rp 876 triliun (USD 1 = Rp 14.000).

2 dari 3 halaman

Miliarder Lainnya

Miliarder lain yang muncul di Time 100 adalah Mukesh Ambani, seorang konglomerat asal India.  Ambani terpilih karena memiliki visi luar biasa yang berperan dalam kesukesan Reliance Indutries.

Saat ini, Ambani adalah orang terkaya di benua Asia dengan kekayaan USD 50 miliar (Rp 703 triliun).

Selain itu, ada pula nama pendiri Bytedance, yakni Zhang Yiming. Perusahan yang ia bangun merupakan induk dari TikTok. Kekayannya mencapai USD 16,2 miliar (Rp 227,7 triliun).

Jeff Bezos, Bill Gates, dan Warren Buffett tidak lolos dalam daftar tahun ini, meski tahun lalu nama Bezos sempat muncul. Bill Gates dan Warren Buffett tahun ini hanya muncul  sebagai penulis persembahan untuk dua tokoh yang masuk daftar Time 100.

Bill Gates menulis untuk Tara Westover, ia adalah penulis buku Educated yang menjadi salah satu buku favorit Gates tahun lalu. Sementara, Warren Buffett muncul menulis persembahan bagi pemain basket Lebron James.

 

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
PM Selandia Baru hingga Malaysia Masuk Daftar 100 Orang Berpengaruh Versi Time
Artikel Selanjutnya
Daftar Seleb yang Masuk 100 Tokoh Paling Berpengaruh Dunia 2019 Versi Time