Sukses

Sri Mulyani Ungkap PR Berat yang Menanti Presiden Terpilih

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berharap siapapun yang memenangkan pemilu bisa menjaga kepercayaan masyarakat. Beberapa isu yang Menkeu sorot adalah tentang korupsi, tata kelola, dan transparansi.

"Kita tentu berharap sesudah pemilu, orang akan fokus kepada bagaimana pemerintahan yang terpililh nanti kemudian akan menjalankan program-programnya. Itu biasanya yang menimbulkan confidence," ujar Sri Mulyani usai mencoblos di TPS 77 di Pondok Aren, Tangerang Selatan.

Sri Mulyani menyebut kebijakan dibutuhkan untuk mengatasi masalah struktural di Indonesia, termasuk isu produktivitas dan pendidikan dalam menyambut industri 4,0.

Isu seperti tata kelola, transparansi, dan korupsi, juga disorot Sri Mulyani agar menjaga kepercayaan dari masyarakat. Ini pun dinilainya bagus untuk bisnis dan investasi.

Sri Mulyani menyebut policy dibutuhkan untuk menangangi struktural di di Indonesia, seperti masalah produktivitas, pendidikan, Di masa industrial 4.0, Menkeu juga berharap bisa meng-adresss isu yang dikhawatirkan masyarakat seperti tata kelola, transparansi, korupsi. Menurutnya, semuanya penting untuk menjaga confidence masyarakat serta dunia investasi dan bisnis.

"Ini juga bagus untuk investasi, karena dunia usaha, bisnis, itu mengharapkan suatu policy yang pertama dia response terhadap fundamental di dalam negerinya, tetapi antisipatik terhadap fluktuasi globalnya. Ini kan selalu kombinasi antar keduanya," ujar Sri Mulyani.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Usai Nyoblos, Sri Mulyani Langsung Bahas Perang Dagang

 Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati langsung membahas perang dagang dan ekonomi dunia usai beres mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Sri Mulyani berharap perang dagang akan berakhir damai sehingga meringankan beban ekonomi dunia yang melemah.

Perkataan Sri Mulyani ini merespons proyeksi IMF yang menyebut estimasi pertumbuhan ekonomi global turun dari 3,9 persen menjadi 3,3 persen saja. Sri Mulyani berkata pemerintah siap merespons pelemahan itu.

Sri Mulyani lantas mengutip harapan-harapan di Spring Meeting 2019 (pertemuan IMF-Bank Dunia) bahwa meski ekonomi dunia melemah, tetapi kenaikan suku bunga tidak berlangsung serta perang dagang yang mereda. 

"Kemudian ada harapan bahwa perdagangan antara Amerika dan China sudah kemungkinan memiliki titik temu," ujarnya di TPS 77, Masjid Assalaam, Pondok Aren, Tangerang Selatan.

Untuk Indonesia, Sri Mulyani menyebut pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun lalu sangatlah baik. "Kita lihat kemarin (pertumbuhan ekonomi) Indonesia tahun 2018 itu 5,17 persen itu sudah termasuk yang sangat baik dari negara-negara lain," ujarnya.

Mengingat tahun 2019 memiliki tantangan berbeda, ia pun memastikan perekonomian Indonesia masih dapat bermanuver di hadapan turbulensi ekonomi global.

"Kita juga harus menjaga agar space fiskal dan moneter kita memiliki ruang yang cukup untuk mengantisipasi apapun yang terjadi di dunia," terangnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.