Sukses

Bernilai Rp 7 Triliun, Gim Halo Infinite Jadi Termahal Sepanjang Masa?

Gim Halo Infinite dirumorkan menjadi gim termahal sepanjang masa.

Liputan6.com, Redmond - Proyek gim Halo Infinite dirumorkan menjadi yang termahal sepanjang masa. Biaya pembuatannya ditaksir melebihi USD 500 juta atau sekitar Rp 7 triliun (USD 1 = Rp 14.172).

Dilaporkan Digital Trends, anggaran Rp 7 triliun itu adalah untuk gim yang dikembangkan oleh Microsoft dan 343 Industries. Anggaran itu pun baru sebatas pengembangannya saja, belum termasuk untuk pemasaran.

Apabila rumor itu benar, maka anggaran itu akan membuat Halo Infinite menjadi lebih mahal dari Grand Theft Auto 5 (2013) dan Red Dead Redemption 2 (2018) yang merupakan andalan Rockstar Games.

Biaya GTA 5 ditaksir mencapai USD 265 juta untuk pengembangan dan pemasaran. Sementara, anggaran gim Red Dead Redemption 2 diestimasikan Venture Beat mencapai USD 540 juta, itu juga sudah termasuk biaya pemasaran.

Bila melihat biaya produksi gim dengan genre serupa Halo Infinite seperti Destiny (2014) dan Call of Duty: Modern Warfare 2 (2009), anggaran dua gim itu juga tidak melewati USD 300 juta.

Gim Halo Infinite pertama diumumkan pada ajang E3 2019 sebeagai seri keenam franchise Halo dan lanjutan dari Halo 5: Guardians. Gim ini sebelumnya disebut Halo 6. Microsoft sendiri belum memberikan komentar mengenai rumor gim termahal ini.

Industri gim merupakan sektor penting bagi Microsoft. Tahun lalu saja, pendapatan berkat gim meningkat 8 persen menjadi USD 4,23 miliar, sementara penjualan hardware merosot 19 persen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

6 Gim dengan Biaya Pembuatan Termahal di Dunia, Apa Saja?

Saat ini industri gim telah berkembang dengan begitu pesat. Tentunya perkembangan ini juga dibarengi dengan kualitas gim yang semakin membaik di pasaran. Mulai dari tampilan visual, hingga jalan cerita permainan yang begitu menarik.

Kualitas yang baik ini tentunya tidak terlepas dari banyaknya uang yang dikeluarkan untuk membuat gim ini. Bahkan ada beberapa gim di dunia ini yang dibuat dengan budget yang sungguh bombastis.

Mau tahu gim apa sajakah itu?

Dilansir dari laman The Gamer, berikut 6 gim termahal yang pernah dibuat:

6. Shadow of The Tomb Raider - USD 125 juta atau Rp 1,75 triliun

Pertama kali diluncurkan, gim ini sudah diperkirakan akan menjadi salah satu yang termahal yang pernah dibuat. Namun sayangnya tidak semahal pembuatannnya, gim ini hanya terjual sekitar 5 juta unit sejauh ini. Biaya pembuatan gim ini menelan hingga USD 125 juta atau Rp 1,75 triliun (asumsi kurs USD 1 = Rp 14.225).

5. Destiny - USD 140 juta atau Rp 1,99 triliun

Gim buatan Halo ini menjadi game kelima termahal yang pernah dibuat. Biaya pembuatan video game ini mencapai kurang dari Rp 2 triliun.

3 dari 3 halaman

Star Citizen

4. Star Citizen - USD 181 juta atau Rp 2,5 triliun

Inilah salah satu gim termahal yang belum bangkrut hingga saat ini. Meskipun biaya pembuatannya mencapai Rp 2,5 triliun namun, gim ini sudah meraup untung hingga Rp 3,5 triliun.

Star Citizen kabarnya menjadi salah satu gim yang paling banyak diminati sepanjang sejarah.

3. Star Wars: Knights of The Old Republic - USD 200 juta atau Rp 2,8 triliun

Ternyata bukan hanya biaya pembuatan filmnya saja yang mahal, gim Star Wars juga jadi salah satu gim dengan biaya pembuatan termahal di dunia. Dana pembuatan gim ini mencapai Rp 2,8 triliun.

2. Call Of Duty: Modern Warfare 2 - USD 250 juta atau Rp 3,5 triliun

Gim ini menjadi termahal ke dua yang pernah dibuat. Biaya pembuatan mencapai Rp 3,5 triliun.

1. Grand Theft Auto - USD 265 juta atau Rp 3,7 triliun

Meskipun menjadi gim termahal yang pernah dibuat, namun game ini juga telah berhasil mendatangkan untung hingga USD 6 miliar dan membuat produk gim ini paling menguntungkan sepanjang masa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.