Sukses

4 Tips Bekerja Efektif bagi Single Mother

Bekerja juga bisa dilakukan efektif meski Anda single mother. Ini tipsnya.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai orang tua yang mendidik anak sendirian, single mother punya banyak PR yang harus dikerjakan. Mulai dari mengerjakan pekerjaan rumah tangga, mengurus anak dan pendidikannya hingga bekerja demi mencukupi kebutuhan hidup.

Tidak mustahil, single mother juga bisa bekerja efektif dan produktif tanpa harus mengorbankan waktu bersama buah hati. Berikut beberapa tips agar single mother bisa bekerja dengan baik, dilansir dari Entrepreneur:

1. Jangan takut, Anda tidak sendirian

Riset menunjukkan bahwa wanita mengambil porsi besar di dunia kerja. Menurut data Bank Dunia, tingkat partisipasi wanita di dunia kerja meningkat dari 39,251 persen pada 2016 menjadi 39,298 persen pada 2017.

Wanita dinilai berpengaruh di dunia kerja, meski harus mengurus banyak hal di rumah; mengurus anak, mengatur rumah tangga, memasak, membersihkan rumah, dan lainnya.

Bukan hanya Anda, ada banyak single mother di dunia ini yang tetap bekerja dan bahagia meski harus melakukan semuanya sendiri. Oleh karenanya, jangan merasa takut, minder atau malu.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Hitung pencapaian Anda

Tuliskan apa saja pencapaian yang telah Anda raih hingga saat ini, termasuk keberhasilan Anda memasak makanan enak untuk buah hati, mencuci pakaian yang sudah menumpuk, hingga keberhasilan menidurkan si kecil tanpa masalah.

Jangan lupa juga tuliskan apa yang sudah dilakukan pada diri sendiri dan apa yang belum, termasuk rutinitas merawat wajah seperti maskeran, facial hingga spa. Menuliskan hal-hal ini berarti Anda bisa menghargai diri sendiri dan membuat Anda semakin semangat bekerja.

3. Buat jadwal rutinitas

Membagi waktu antara pekerjaan dengan mengurus si kecil tidak semudah yang dibayangkan. Namun, Anda bisa mengaturnya dengan membuat jadwal dari mulai bangun tidur hingga selesai bekerja. Buat sedetail mungkin mulai dari jam, hari dan tanggalnya. Jadwal akan membuat aktivitas Anda teratur dan lebih mudah dikelola.

3 dari 3 halaman

4. Manjakan diri Anda

Setelah apa yang dilakukan selama seminggu penuh, Anda berhak mendapatkan hadiah. Tidak usah membeli barang mahal, cukup manjakan diri Anda dengan makan enak, nonton serial Netflix seharian atau main bersama si kecil.

Penghargaan ini akan membuat Anda tetap bahagia meski beban yang ditanggung cukup banyak. Anda boleh lelah, namun Anda harus tetap bahagia. Jangan biarkan pekerjaan dan kewajiban mengurus rumah tangga membuat suasana hati Anda buruk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini