Sukses

Deretan Hobi Paling Aneh yang Pernah Ditulis di CV Lamaran Kerja

Liputan6.com, Jakarta - Saat melamar kerja, pernahkah mengamati Curriculum Vitae (CV) Anda dengan seksama? Seperti apakah, tambahan informasi pribadi yang dicantumkan relevan secara profesional dengan posisi yang dilamar.

Uniknya, mengutip Cheatsheet, Senin (18/3/2019), berdasarkan data yang dihimpun Coburg Banks, terdapat deretan hobi aneh yang pernah dicantumkan para calon pegawai dalam CV saat melamar pekerjaan. Sebagian hobi tersebut bahkan terkesan tak masuk akal.

Namun tidak dicantumkan siapa nama calon pegawai atau bagaimana reaksi pihak perusahaan penerima surat lamaran tersebut. Berikut deretan hobi paling aneh yang pernah dicantumkan pada CV lamaran kerja:

1. Mengkoleksi samurai

Saat mencatatkan hobi dalam biodata lamaran kerja, pastikan hobi tersebut relevan secara profesional. Jadi jika Anda memang tidak berharap meraih kesempatan wawancara di museum, sebaiknya tidak perlu mencantumkan hobi mengkoleksi samurai.

2. Meretas

Memamerkan kemampuan menggunakan komputer tentu merupakan hal yang hebat. Namun sebaliknya, menunjukkan kemampuan meretas komputer atau jaringan pihak lain juga bisa membuat calon atasan paranoid. Hati-hati mencantumkan hobi pribadi.

3. Mengecat kuku kaki

Tentu saja tidak ada yang salah dengan mempercantik kuku kaki. Meski begitu, bukan berarti itu menjadi salah satu hobi yang Anda cantumkan di surat lamaran kerja, kecuali Anda ingin menjadi pegawai salon.

 

 

 

2 dari 3 halaman

4. Mengkoleksi kulit ular

Jangan sembarangan mencantumkan hobi jika kegiatan tersebut tidak ada hubungannya dengan pekerjaan yang hendak dilamar. Terlebih mengkoleksi kulit ular akan membuat calon atasan merasa Anda aneh dan enggan menerima Anda menjadi karyawan.

5. Perjalanan menembus waktu

Coburg Bank tidak secara spesifik menyebutkan hobi siapa dan bagaimana pihak perusahaan meresponnya. Tapi hobi ini benar pernah dituliskan dalam surat lamaran kerja. Tentu saja hal yang tidak masuk akal jika seseorang memiliki hobi menembus waktu.

6. Berdebat di media sosial

Mengingat banyak kemampuan unggulan lain yang bisa direkomendasikan, hati-hati dalam mengenalkan diri Anda melalui biodata pribadi.Termasuk hobi yang justru menunjukkan betapa tidak bijaknya diri Anda.

 

3 dari 3 halaman

7. Membuntuti selebritas

Sebenarnya, apapun yang berkaitan dengan 'membuntuti' cenderung memberi kesan mengganggu. Namun mengatakannya dalam CV Anda? Siapapun yang pernah melakukannya, itu hanya menjauhkan Anda dari peluang wawancara.

8. Bermalas-malasan

Kalau Anda yang pernah mencatumkan hobi ini di CV, sebaiknya jangan pernah ulangi lagi. Anda bisa benar-benar ditolak dan kehilangan banyak kesempatan meski memiliki kemampuan yang unggul.

Loading
Artikel Selanjutnya
Nestapa di Balik Hari Ayah Taiwan, Mereka Bekerja Penuh Tekanan
Artikel Selanjutnya
Sobat Kerja dan Ambisinya di Bidang Konsultasi Karier