Sukses

Jual Lukisan Wajah Seleb dari Rubik, Pemuda Ini Bisa Raup Ratusan Juta Rupiah

Liputan6.com, Jakarta Modal kreativitas ternyata mampu mengantarkan seniman muda asal Italia, Giovanni Contardi menggapai gerbang kesuksesan. Contardi berhasil menyulap ratusan rubik menjadi potret wajah selebritas ternama dunia dan menjualnya hingga ratusan juta rupiah.

Melansir laman CNBC, Senin (25/3/2019), salah satu lukisan wajah termahal yang pernah ia jual dibanderol seharga USD 29 ribu atau Rp 412,3 juta rupiah. Sementara potret pertama yang dijual Contardi adalah potret Amy Winehouse seharga USD 5.000 atau Rp 71,1 juta. (kurs: 1 USD = Rp 14.230)

"Semuanya terbuat dari kubus-kubus rubik, menggunakan bingkai buatan sendiri. Tentu saja membutuhkan waktu yang lama untuk menghasilkan setiap karyanya," terang Contardi.

Pemuda berusia 24 tahun ini membutuhkan sedikitnya tiga hingga empat minggu untuk menyelesaikan setiap potret. Kebanyakan waktunya habis untuk memetakan desain pola yang menggunakan enam warna di rubik.

Banyak potret yang telah dihasilkan termasuk potret LeBron James, Rihanna, dan Justin Timberlake. Dia membuat lukisan berdasarkan foto-foto selebriti yang tersebar di internet.

"Saya memiliki renjana tersendiri untuk ekspresi wajah dan selalu menantang diri saya dengan ekspresi wajah yang berbeda. Lebih ke bagaimana saya bisa membuatnya tampak nyata dengan kubus dari rubik," tuturnya.

Setelah desain utama berhasil dibuat, maka dia mulai memetakan desain rubik ke bingkai. Butuh hanya sekitar dua jam untuk mendapatkan potret utuh dari ratusan kubik. Namun ia membutuhkan banyak waktu untuk mengubah-ubah warna rubik hingga menemukan pola yang tepat sesuai dengan desain utama.

 

2 dari 2 halaman

Andal Bermain Rubik

Terlepas dari karya seninya yang telah berubah menjadi bisnis menjanjikan, Contardi ternyata memang andal bermain rubik. Faktanya, ia sering mengikuti kompetisi rubik. Dia bahkan pernah menempati juara dua pada ajang World Rubik's Cube Championship 2011.

Contardi juga masih mampu menyelesaikan rubik dalam waktu kurang dari 10 detik. Kini Contardi semakin terkenal, dengan sedikitnya 350 ribu follower di Instagram.

Loading
Artikel Selanjutnya
Bukan Akting atau Monolog, Butet Kertaradjasa Siap Gelar Pameran Lukisan
Artikel Selanjutnya
Bak Ilusi, Seniman Ini Buat Lukisan Dua Lapis yang Memukau