Sukses

PwC: Kehadiran Perempuan di Dunia Bisnis Global Masih Rendah

Perempuan yang menggeluti dunia bisnis hanya ada 18 persen di Indonesia sementara di global hanya 23 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka mempringati Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada 12 Maret 2019, PwC Indonesia dan Family Business Network Asia menggelar diskusi dengan mengusung topik “Leading Women in Family Business” (Pemimpin Perempuan dalam Bisnis Keluarga) pada Jumat 15 Maret 2019.

Dalam diskusi ini, PwC juga mempublikasikan hasil Family Business Survey (FBS) 2018 yang menunjukkan bagaimana peran perempuan dalam memperkuat pertumbuhan bisnis keluarga di tengah ketakutan akan gagalnya bisnis tersebut.

Perempuan memiliki peran yang sangat banyak dalam sebuah bisnis keluarga, namun sayangnya hasil dari FBS 2018 menunjukkan bahwa kehadiran wanita dalam bisnis di Indonesia dan secara global masih sangat rendah, yaitu rata-rata 24 persen di Indonesia dan 21 persen secara global.

Tidak hanya itu saja, pada generasi selanjutnya, perempuan yang menggeluti dunia bisnis hanya ada 18 persen di Indonesia sementara di global hanya 23 persen.

Ini terjadi karena masih sedikit yang sadar bahwa perempuan memiliki potensi yang luar biasa dalam membangun sebuah bisinis. Masih banyak perusahaan yang menyepelekan kinerja kaum perempuan.

Menurut Komisaris Utama PT Kalbe Farma Tbk Irawati Setiady, yang hadir dalam diskusi, kesetaraan jumlah perempuan dan pria dalam suatu bisnis akan membawa dampak yang bagus yaitu keseimbangan, prespektif dan perencanaan startegi bisnis yang lebih baik. Karena perempuan memberi sensitivitas untuk melihat basis konsumen. Selain itu wanita juga lebih mengetahui bagaimana cara melakukan pemasaran yang lebih baik.

PwC pun menyebutkan bahwa sebenarnya potensi yang dimiliki oleh kaum hawa dapat dimaksimalkan dengan 4 cara yaitu kesetaraan dalam perekrutan, diberikan kesempatan untuk menjadi pimpinan, mendapatkan dukungan, serta adanya kebijakan yang tepat bagi para perempuan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sri Mulyani: Partisipasi Perempuan Bekerja di Indonesia Hanya 54 Persen

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan, partisipasi angkatan kerja (labor participation) perempuan di Indonesia hanya 54 persen. Angka tersebut masih jauh tertinggal jika dibandingkan dengan angkatan kerja laki-laki sebanyak 83 persen.

"Tadi saya sebutkan labor participation untuk perempuan, itu masih jauh tertinggal hanya 54 persen dibandingkan lebih dari 83 persen untuk laki-laki," ujar Sri Mulyani di Jakarta, Rabu (13/3/2019).

Menurutnya, kondisi ini disebabkan banyaknya kendala dihadapi perempuan sejak dari masih masa anak-anak hingga dewasa. Selain itu dalam hal akses keuangan, perempuan juga sering kesulitan mendapatkan pinjaman karena tidak memiliki jaminan.

Sementara itu, partisipasi ibu rumah tangga selama ini juga kurang diperhitungkan dalam PDB. Hal tersebut pun tengah dikaji secara global.

"Dan sekarang ini secara global, sudah ada inisiatif untuk menginput value-nya itu. Sehingga nanti secara statistik akan di-recognized sebagai suatu nilai yang sangat penting," papar dia.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut pun menambahkan, pemerintah juga akan bekerja sama dengan BPS untuk melihat kondisi ini secara statistik.

"Dengan adanya data statistik, biasanya akan memberikan informasi dan juga bukti sehingga isu mengenai gender itu bisa diletakkan sebagai objektif," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.