Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

Miliarder Ini Beramal Hampir Rp 300 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - Predikt miliarder paling dermawan patut disematkan pada taipan teknologi India, Azim Premji. Pria ini merupakan salah satu orang terkaya di dunia peringkat 36 versi Forbes.

Pasalnya miliarder India ini baru saja mengumumkan bahwa ia telah menyumbangkan USD 21 miliar atau Rp 300,1 triliun (Kurs USD 1 = Rp 14.295) ke Azim Premji Foundation, lembaga amal yang berfokus pada pendidikan.

Donasi yang ia berikan mencakup 67 persen sahamnya di Wipro yang merupakan agen outsourcing IT miliknya, senilai USD 15 miliar atau Rp 214,4 triliun.

Tidak hanya itu saja, miliarder ini juga menambahkan aset lain termasuk sahamnya di bisnis konsumen Wipro Enterprises dan PremjiInvest yang merupakan perusahaan milik keluarganya.

Dilansir dari laman Forbes, miliarder satu ini berencana untuk memberikan lebih banyak lagi harta kekayaannya. 

Setelah pengumuman ini, kekayaan Premji yang sebelumnya mencapai USD 22,6 miliar, saat ini telah berkurang 80 persen menjadi USD 4,4 miliar. Selain itu, sahamnya bersama keluarganya saat ini hanya tinggal 7 persen di Wipro.

 

2 dari 3 halaman

Premji jadi panutan miliarder India lainnya

Tindakan terpuji miliarder satu ini tentunya mendapatkan banyak apresiasi dari para miliarder india lainnya, misal miliarder bioteknologi Kiran Mazumdar-Shaw. Ia mengagumi apa yang dilakukan oleh Azim Prejim, baginya apa yang Azim lakukan sangatlah luar biasa.

Ia pun menambahkan bahwa yang Premji lakukan membuat India naik tingkat, dan membuatnya termotivasi untuk beramal lebih banyak lagi meskipun saat ini ia sudah menyumbang USD 30 juta.

Sama halnya dengan Premji, Mazumdar-Shaw juga sudah menandatangani Giving Pledge dan berjanji untuk menyumbangkan 75 persen dari kekayaannya.

Tidak hanya Mazumdar-Shaw saja yang terkesan dan menjadikan Premji sebagai teladan, ternyata miliarder India lainpun merasakan yang sama salah satunya, Anu Aga. 

“Premji adalah teladan bagi kita semua. Saya berharap lebih banyak orang akan mengikuti teladannya,” ujarnya.

 

3 dari 3 halaman

Motivasi Premji beramal

Ternyata sifat dermawan miliarder satu ini terinspirasi dari Mahatma Gandhi, serta keterlibatan ibunya selama beberapa dekade selama bekerja di rumah sakit amal anak-anak di Mumbai.

Itu semua sebagai permulaannya untuk beramal hingga akhirnya ia mendirikan yayasan dengan sumbangan awal dari Saham Wipro bernilai USD 125 juta pada 2001.

Donasinya kali ini akan membantu yayasan untuk meningkatkan kegiatannya beberapa kali lipat. Ini diungkapkan oleh CEO Anurag Behar, seorang veteran Wipro yang mengambil alih pada tahun 2010.

Pada 2014, yayasan ini memperluas cakupannya ketika telah memberikan hibah multiyears untuk organisasi nirlaba yang menangani berbagai masalah sosial seperti kekerasan perempuan dalam rumah tangga, kekurangan gizi pada anak-anak dan bunuh diri di kalangan petani marginal.

Loading
Artikel Selanjutnya
Miliarder Akui Kapitalisme Itu Mengerikan
Artikel Selanjutnya
Pria Ini Tak Lagi Berstatus Miliarder Usai Dipecat Perusahaan Sendiri