Sukses

Tersandung Kasus Prostitusi, Restoran Seungri Big Bang Ditinggal Pelanggan

Bisnis franchise restoran milik Seungri Big Bang ditinggal pelanggan akibat skandal prostitusi.

Liputan6.com, Seoul - Penyanyi dan pebisnis Lee Seung Hyun atau Seungri (28) dari grup Big Bang resmi mundur dari industri hiburan Korea. Ia dan komplotannya tersangkut skandal grup chat asusila sekaligus melanggar hukum prostitusi.

Dilaporkan Korea Times, skandal ini juga menyeret bisnis franchise makanan Seungri, yaitu Aori Ramen. Restoran itu memiliki 44 cabang di Korea Selatan (Korsel) dan 7 cabang di luar negeri.

Meski Seungri sudah mundur sebagai eksekutif franchise tersebut, penggemar memilih memboikot Aori Ramen. Para pemilik franchise pun kena dampak finansial.

"Skandal ini terkuak kurang dari setahun setelah saya memulai restoran ini. Penurunan penjualan tak dihindari. Tetapi saya belum mendengar kabar apa-apa dari markas franchise," ucap seorang pemilik yang namanya tak disebutkan. 

Data Komisi Perdagangan Berkeadilan Korsel melaporkan, penjualan Aori Ramen sebesar 3,97 miliar won (Rp 50 miliar) dan 648 juta won (Rp 8,1 miliar) keuntungan operasi pada tahun 2017 (1 won = Rp 12). 

Namun, tahun lalu Seungri sempat pamer di program TV bahwa penjualan brand miliknya telah melewati 100 miliar won (Rp 1,2 triliun). Sementara, pakar industri makanan Korsel menyebut skandal ini akan memberi efek yang meluas pada brand Seungri.

Allkpop turut melaporkan bahwa Aori Ramen di lokasi strategis Gwanghwamun mulai sepi. Padahal, biasanya ada waiting list di jam-jam sibuk. Berdasarkan hukum Korsel, pihak pembeli franchise bisa menuntut Seungri akibat kerugian yang mereka derita.

Seungri terkuak sebagai anggota grup chat di aplikasi Kakaotalk yang menukar video panas yang direkam tanpa izin. Tak hanya itu, Seungri juga disebut menyediakan jasa prostitusi ke investor kaya.

Status Seungri sudah menjadi tersangka dan resmi dikeluarkan oleh YG Entertainment selaku manajemen Big Bang. Nilai saham YG pun jatuh akibat saham ini, dan per Kamis (14/3/2019) nilai saham terendah sejak November lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menyeret Seleb Lain

Nama seleb lain di grup Seungri adalah Jung Joon Young (30). Penyanyi rock kelahiran Jakarta itu ketahuan menyebarkan video panas yang direkam tanpa izin.

Jung Joon Young sudah mengakui tindakannya dan dikeluarkan dari acara variety show 2 Days 1 Night. Senasib dengan Seungri, dia pun dikeluarkan dari manajemennya. 

Seungri seharusnya dijadwalkan melaksanakan wajib militer dalam waktu dekat. Tetapi, jadwal wamilnya bisa ditunda, dan bila tidak pun investigasinya tetap terus berlanjut. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini