Sukses

Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Dibeli Calon Ibu

Liputan6.com, Jakarta - Mempersiapkan perlengkapan bayi baru lahir adalah hal yang menyenangkan untuk para calon ibu. Menanti si kecil lahir ke dunia juga hal yang mendebarkan sekaligus menyenangkan. Pasalnya, selama 9 bulan Anda menjaga dan merawat sang bayi di dalam perut, calon ibu harus memenuhi nutrisi agar si kecil sehat sampai lahir ke dunia.

Menanti kelahiran buah hati memang menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu. Sambil menunggu kelahiran si kecil, hal yang paling menyenangkan untuk para calon ibu yaitu menyiapkan perlengkapan bayi. Pasalnya, mempersiapkan kelahiran buah hati merupakan hal wajib yang harus dilakukan setiap pasangan calon orang tua. Persiapan yang harus dilakukan calon ibu biasanya mencakup dari segi fisik dan psikis baik untuk ibu atau bayinya.

Selain itu, hal yang tidak kalah penting harus disiapkan yaitu peralatan dan kebutuhan bayi yang baru lahir. Bayi yang baru lahir membutuhkan banyak sekali pakaian dan juga perlengkapan lainnya.

Terkadang calon ibu sering kali bingung kebutuhan apa saja yang benar-benar dibutuhkan untuk sang buah hati. Karena ketika memasuki toko perlengkapan bayi, terlihat banyak sekali yang dibutuhkan.

Anda tidak perlu bingung, berikut daftar perlengkapan bayi baru lahir dan budget yang harus disiapkan untuk para calon ibu. Simak, yuk!

Perlengkapan Bayi Baru Lahir dan Budget yang Harus Disiapkan

Ketika datang ke toko perlengkapan bayi, sering kali kita lapar mata karena bingung harus memilih dan membeli yang mana. Awalnya Anda sudah membuat daftar perlengkapan bayi yang akan dibeli, namun ujung-ujungnya Anda tetap membeli perlengkapan yang sebenarnya tidak ada dalam daftar belanjaan.

Sebenarnya, kebutuhan perlengkapan bayi yang mendasar tidak sebanyak yang disediakan oleh pasar. Itu kenapa penting membuat daftar perlengkapan bayi yang harus dibeli, agar budget yang Anda siapkan tidak melonjak.

Dikutip dari TunaiKita, berikut perlengkapan bayi baru lahir yang harus calon ibu siapkan:

2 dari 8 halaman

1. Perlengkapan Baju Bayi

Baju bayi merupakan hal yang paling penting dalam mempersiapkan perlengkapan bayi baru lahir. Ketika Anda membeli baju baru untuk si kecil, pilihlah bahan yang tidak panas dan nyaman dipakai. Karena kulit bayi yang masih sensitif, Anda harus memperhatikan bahan baju yang akan dibeli, ya.

Sebaiknya membeli baju bayi yang ukurannya lebih besar sehingga tidak cepat sempit. Selain itu, pilihlah baju bayi dengan kancing depan karena hal ini akan memudahkan Anda untuk memakaikan dan melepas baju si kecil ketika akan mandi atau buang air. Alternatif lain yang bisa Anda gunakan, Anda bisa menggunakan baju bayi dengan jumpsuit atau bodysuit.

Untuk celana, lebih baik siapkan celana pendek dan panjang. Celana pendek bisa Anda pakaikan untuk si kecil di pagi hingga sore hari, sedangkan celana panjang bisa dipakai untuk tidur. Jangan pilih celana dengan karet yang terlalu kencang, ya!

Untuk lebih lengkapnya, berikut daftar perlengkapan baju bayi yang perlu Anda siapkan:

- Baju lengan pendek

- Baju tanpa lengan

- Celana panjang atau legging

- Celana pendek

- Jumpsuit lengan pendek

- Bodysuit lengan panjang

- Kaos dalam

- Jaket atau baju hangat

- Kaos kaki

- Sarung tangan

Tapi ingat ya, para ahli menyarankan agar penggunaan sarung tangan hanya digunakan pada usia 1-2 bulan saja. Di usia 3 bulan, tangan bayi akan lebih sering terbuka dan kondisi tersebut berfungsi untuk melatih sensorik dan motoriknya.

- Topi bayi

- Kain bedong

- Popok bayi.

3 dari 8 halaman

2. Perlengkapan Mandi Bayi

Untuk perlengkapan bayi selanjutnya adalah perlengkapan mandi. Langsung saja, berikut daftar lengkap perlengkapan mandi bayi yang kamu butuhkan:

- Bak mandi bayi

- Kain washlap

- Sabun dan shampoo bayi

Untuk sabun mandi, saat ini sudah tersedia top to toe wash dimana Anda bisa menggunakannya sebagai shampoo dan sabun secara bersamaan. Sebaiknya pilih sabun yang aman untuk bayi dan tidak pedih di mata.

- Body lotion

- Diaper rash

Anda dapat menggunakannya pada saat memakai diaper sehingga kulit bayi terhindar dari ruam popok.

- Baby oil

Setelah mandi Anda bisa oleskan ke seluruh badan sambil memijat si kecil.

- Handuk bayi

Pilihlah bahan handuk yang lembut dan nyaman untuk kulit bayi.

- Minyak telon

- Perlak/alas kedap air

- Tisu basah khusus bayi, kapas bulat, dan cotton buds.

4 dari 8 halaman

3. Perlengkapan Tidur Bayi

Yang harus Anda siapkan untuk keperluan tidur si kecil, yaitu:

- Kasur atau baby box

- Bantal

- Selimut

- Alas bayi

Pilihlah alas bayi dengan bahan kain yang mudah menyerap keringatKelambu. Fungsi kelambu agar si kecil terhindar dari gigitan nyamuk saat tidur

- Sprei

Sama seperti alas bayi, pilihlah bahan sprei yang tidak panas dan mudah menyerap keringat.

5 dari 8 halaman

4. Perlengkapan Bepergian Bayi

Perlengkapan bepergian juga merupakan yang wajib kamu persiapkan. Saat bepergian biasanya peralatan yang diperlukan, yaitu:

- Tas dengan beberapa kompartemen di dalamnya, hal ini berfungsi membantu Anda untuk mengatur peralatan keperluan si kecil saat berpergian.

- Gendongan bayi

Anda bisa menggunakan gendongan tradisional maupun modern, pilihlah gendongan bayi yang nyaman untuk bayi.

- Car seat

- Stroller bayi.

6 dari 8 halaman

5. Perlengkapan Kesehatan Bayi

Ini akan menjadi perlengkapan wajib yang tidak boleh kamu abaikan. Berikut daftar yang harus kamu siapkan untuk perlengkapan kesehatan bayi, yaitu:

- Termometer bayi

- Kain kasa

- Alkohol 70 persen

- Sisir bayi

- Kapas steril

- Gunting kuku

- Cutton buds

- Minyak telon

7 dari 8 halaman

6. Perlengkapan Makan Bayi

Saat awal-awal si kecil berusia 1-5 bulan memang belum membutuhkan asupan lain selain ASI. Namun, Anda juga harus mempersiapkan perlengkapan makan untuk si kecil, yaitu:

- Botol susu

- Sabun dan sikat botol

- Steam sterilizer

- Container susu

- Thermos botol

- Susu formula, jika kamu memberikan susu selain ASI.

8 dari 8 halaman

7. Perlengkapan Finansial

Nah, selain perlengkapan bayi baru lahir, Anda juga perlu mempersiapkan perlengkapan finansial untuk si kecil, diantaranya:

- Asuransi kesehatan atau BPJS

Anda memiliki waktu 30 hari untuk menambahkan ke polis asuransi kesehatan setelah si kecil lahir, dan sampai 60 hari untuk masuk dalam tunjangan anak. Si kecil bisa didaftarkan BPJS kesehatan setelah memiliki nomor induk kependudukan.

- Tabungan untuk pendidikan

Anda bisa mengikuti program asuransi pendidikan untuk si kecil.

- Biaya ke dokter dan imunisasi

Bayi yang baru lahir pasti akan mendapatkan imunisasi. Ada 9 jenis imunisasi yang wajib diberikan saat bayi sebelum berusia 1 tahun, yaitu BCG, Hepatitis B, Polio, DPT, Campak, HIB, Rotavirus, Pnemokokus, Influenza.

Pilih Bahan yang Aman dan Nyaman Untuk Si Kecil

Memilih perlengkapan bayi baru lahir memang gampang-gampang susah, tapi ini juga hal yang paling menyenangkan untuk para calon ibu.

Bayi yang baru lahir pastinya sangat sensitif, terlebih lagi kulit bayi. Untuk itu, pastikan Anda membeli bahan yang aman dan nyaman untuk si kecil.

Para calon orangtua juga harus mempersiapkan diri, terlebih ini pengalaman pertama Anda sebagai orangtua.

Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat dan membantu Anda dalam memilih perlengkapan bayi baru lahir.

Loading
Artikel Selanjutnya
Lakukan 5 Hal Ini untuk Kembalikan Berat Badan Usai Libur Lebaran
Artikel Selanjutnya
7 Buah dengan Manfaat Luar Biasa untuk Kesehatan Tubuh