Sukses

10 Ciri-ciri Hamil Anak Laki-laki, Calon Ibu Bisa Cek Nih

Liputan6.com, Jakarta Kehadiran buah hati merupakan momen yang ditunggu bagi pasangan yang sudah menikah. Entah itu yang baru saja menikah hingga yang sudah lama menikah. Ada perasaan cemas, khawatir dan juga bahagia yang menyelimuti pasangan suami istri.

Sering kali saat hamil, perempuan penasaran dengan jenis kelamin yang ada dalam kandungannya. Biasanya, ini dilakukan sekaligus untuk bisa mempersiapkan beberapa hal, seperti menentukan dekorasi kamar, stok baju hingga memilih nama.

Tetapi sebagian perempuan juga penasaran dengan ciri-ciri hamil anak laki-laki, karena menginginkan buah hatinya berjenis kelamin laki-laki. Apalagi jika ini adalah kehamilan anak pertama. Pasalnya, banyak pasangan suami istri yang berharap kehadiran seorang anak putra lebih dulu, baru kemudian putri pada kehamilan kedua.

Alasannya, nantinya diharapkan sang jagoan kecil kelak menjaga ibu dan adiknya. Tentu saja, keinginan di atas sangat relatif dan personal. Tapi juga tidak ada salahnya kan mempunyai harapan, bukan begitu?

Nah untuk kamu calon ibu yang penasaran apa saja ciri-ciri hamil anak laki-laki. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (8/3/2019) ciri-ciri hamil anak laki-laki.

2 dari 3 halaman

Ciri-ciri hamil anak laki-laki

1. Detak jantung bayi lebih rendah dari 140 per menit

Coba hitung detak jantung bayi dalam perut Anda, jika ternyata kurang dari 140 dalam semenit, Anda mungkin sedang mengandung bayi laki-laki.

2. Bentuk kandungan yang lebih ke depan

Beberapa orang mengatakan bentuk kandungan bayi laki-laki akan cenderung lebih maju ke depan daripada bayi perempuan. Jadi, coba lebih perhatikan bentuk kandungan apakah cenderung lebih maju ke depan?

3. Tidak mengalami “Morning Sickness”

Morning sickness adalah kondisi yang umum dialami perempuan yang sedang hamil terutama saat mereka hamil muda. Morning sickness atau mual dan muntah di pagi hari bisa dikatakan sebagai hal yang sangat mengganggu. Kondisi ini juga sangat menyiksa dan membuat tidak nyaman ibu hamil.

Namun, jika Anda tidak merasakan mual-mual di pagi hari atau “morning sickness” di trimester pertama. Anda patut berbahagia mungkin sedang mengandung bayi laki-laki.

4. Ukuran payudara tak sama

Saat positif hamil, akan ada banyak hal-hal baru yang akan terjadi dalam tubuh dan salah satunya adalah perubahan pada payudara. Uniknya, payudara akan memberikan reaksi-reaksi unik untuk mempersiapkan diri menyambut jabang bayi.

Nah, ciri-ciri hamil anak laki-laki salah satunya bisa dilihat dari perubahan payudara. Coba Anda ukur payudara, jika payudara sebelah kanan lebih besar ukurannya dari pada payudara sebelah kiri bisa saja Anda sedang mengandung bayi laki-laki.

5. Perubahan warna urin

Hal ini juga dipercaya bahwa jika urin seorang ibu hamil berubah warna menjadi kuning terang, maka ia sedang mengandung bayi laki-laki.

3 dari 3 halaman

Perubahan saat hamil anak laki-laki

6. Naiknya berat badan

Ciri-ciri hamil anak laki-laki lainnya adalah naiknya berat badan. Ketika hamil anak laki-laki, berat badan yang bertambah akan terlihat sebagian besar di perut. Berbeda jika hamil anak perempuan dimana berat badan didistribusikan ke seluruh tubuh, termasuk wajah.

7. Selera makan berubah

Tanda awal bahwa Anda sedang hamil adalah dengan mengetahui selera atau nafsu makan. Mungkin yang mulanya kamu sangat suka akan suatu makanan, tiba-tiba kamu jadi tidak suka.

Hal ini juga bisa menandakan ciri-ciri hamil anak laki-laki lho. Ketika Anda mengandung bayi laki-laki, maka selera makan pun akan berubah. Anda akan lebih menyukai makanan yang mengandung banyak protein dan juga makanan yang sedikit asin, seperti keju atau pun daging.

8. Ngidam dan jerawat

Tanda hamil anak laki-laki adalah jerawat dan ngidam. Jika kamu secara tiba-tiba muncul jerawat secara membabi buta diwajah maka itu adalah tanda kamu hamil bayi laki-laki. Ngidam, Wanita hamil yang seringkali ngidam atau ingin mengonsumsi makanan asam atau asin berkesempatan besar untuk hamil anak laki-laki.

9. Perubahan sifat

Terjadinya perubahan sifat merupakan salah satu ciri-ciri hamil anak laki-laki. Wanita yang hamil anak laki-laki seringkali mengalami perubahan sifat seperti jadi lebih agresif, berani, dan dominan. Hal ini terjadi karena dipengaruhi peningkatan kadar testosteron dalam tubuh.

10. Perubahan fisik

Selain perubahan sifat, perubahan fisik juga bisa menjadi ciri-ciri hamil anak laki-laki. Jika Anda mengalami hal-hal di bawah ini, bisa jadi Anda sedang mengandung anak laki-laki.

- Kulit lebih hangat dan menjadi lebih kering

- Pupil pada mata terlihat membesar

- Kaki terasa lebih dingin dari pada sebelum mengandung

- Rambut menjadi lebih berkilau selama masa kehamilan

- Rambut pada kaki akan tumbuh lebih lebat

Nah, di atas adalah ciri-ciri hamil anak laki-laki yang bisa Anda ketahui. Meskipun begitu untuk mengetahui jenis kelamin bayi Anda secara akurat, lebih baik untuk mengunjungi dokter kandungan terdekat.