Sukses

Bos TikTok Masuk Daftar Orang Terkaya Dunia Versi Forbes

Bos TikTok menjadi salah satu orang terkaya di dunia versi Forbes.

Liputan6.com, Beijing - Sempat membuat kontroversi dan terancam dicekal di Indonesia, kini bos Tiktok malah masuk ke daftar orang terkaya versi Forbes. Dialah sosok bernama Zhang Yiming.

Dikutip Forbes, Zhang Yiming adalah pemimpin ByteDance yang merupakan induk dari TikTok. Kekayaannya ditaksir mencapai USD 16,2 miliar atau Rp 229,1 triliun (USD 1 = Rp 14.142).

ByteDance berdiri pada tahun 2012 dan menyediakan platform untuk menyajikan konten. Pada akhir 2018, ByteDance berhasil menarik dana dari para investor sehingga valuasi perusahaan langsung meroket hingga USD 75 miliar (Rp 1.060 triliun).

Dengan ini, sang bos Tiktok adalah orang terkaya nomor 70 di dunia. Sementara, di China ia berhasil masuk ke 10 besar orang terkaya.

Orang terkaya di China kini adalah Ma Huateng yang merupakan bos dari Tencent dengan harta USD 38,8 miliar (Rp 548,7 triliun). Jack Ma menyusul sebagai runner-up dengan harta USD 37,3 miliar (Rp 527,5 triliun).

Sekadar informasi, kapitalisme di China berkembang pesat dan kini jumlah miliarder di China adalah nomor dua di dunia. Meski begitu, jumlah miliarder di China begitu volatile.

Forbes mencatat tahun ada 49 orang terkaya yang kehilangan status miliardernya ketimbang setahun lalu. Menurut data UBS dan PwC, ada total 373 miliarder di China.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jeff Bezos Kembali Jadi Orang Terkaya No.1 di Dunia versi Forbes

CEO Amazon Jeff Bezos masih memegang gelar orang terkaya di dunia. Harta pemilik Amazon ini ditaksir mencapai USD 131 miliar.

Menurut daftar terkaya Forbes, kekayaan Jeff Bezos naik USD 19 miliar (Rp 268 triliun) ketimbang tahun lalu. Saham Amazon memang masih rendah dibanding puncaknya pada Agustus lalu yang mencapai USD 2.012 (Rp 28 juta) per lembar saham, tetapi nilai saham Amazon masih lebih tinggi ketimbang setahun lalu.

Sejauh ini, Bezos masih mempertahankan gelar orang terkaya meski kabar perceraian berpotensi mengurangi hartanya. Berdasarkan hukum negara bagian Washington, Bezos harus memberikan setengah harta yang ia hasilkan semasa pernikahan kepada sang istri.

Sampai saat ini pun kelanjutan perceraian masih belum jelas. Forbes pun memilih tetap menuliskan harta Jeff Bezos tanpa menghilangkan setengahnya.

Tahun 2018 juga penuh kontroversi bagi Jeff Bezos, mulai dari perseteruannya melawan Presiden Donald Trump, hingga muncul perkara foto panas miliknya yang jatuh ke pihak ketiga. Bezos pun sampai menyewa investigator demi mencari dalang kejadian ini.

Jeff Bezos adalah satu dari empat orang yang pernah memperoleh predikat orang terkaya dalam 20 tahun terakhir. Yang lainnya adalah Warren Buffett, Carlos Slim, dan kemudian ada Bill Gates yang berada di nomor puncak selama 12 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.