Sukses

Seperti Apa Hunian yang Cocok buat Milenial?

Liputan6.com, Jakarta - Seiring perkembangan zaman, kebutuhan akan hunian pun seolah juga bergeser mengikuti karakter dan selera serta kebutuhan penghuninya. Tak terkecuali di kalangan milenial.

Bahkan, ada kriteria khusus yang disebut-sebut hunian itu cocok buat para milenial. Lalu, hunian yang seperti apakah itu?

Sesuai dengan karakteristiknya, milenial adalah mereka yang suka hidup praktis, simpel, dan ingin serba cepat. Maka, berikut ini tipe hunian yang cocok buat milenial, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Tak Perlu Besar dan Megah, Biar Kecil tapi Elegan

Sesuai dengan karakteristik para milenial, maka poin pertama terkait hunian yang cocok untuk generasi ini adalah minimalis. Kiblat hunian yang minimalis adalah konsep yang diusung oleh Jepang.

Jepang, negeri matahari terbit tersebut beranggapan bahwa hunian yang mengusung konsep classic cenderung kuno dan terlau berlebihan. Tak ada yang salah dari pandangan tersebut mengingat saat ini konsep minimalis pun mampu menonjolkan kesan elegan.

Keunggulan dari bangunan dengan konsep minimalis adalah hunian yang mudah dibersihkan, dan tak perlu perawatan mahal. Meski minimalis yang terkesan kecil, namun bila diatur dan desain yang bagus, maka akan menghasilkan hunian yang elegan pula.

2 dari 4 halaman

2. Hunian yang Praktis dan Bisa Diisi dengan Barang-Barang Sesuai Kebutuhan

Kriteria hunian selanjutnya yang cocok untuk milenial adalah jenis hunian yang praktis alias tidak ribet. Bagi generasi milenial yang sudah bekerja, mereka memandang rumah adalah tempat beristirahat setelah lelah bekerja seharian.

Karena kesibukannya di masa yang produktif inilah membuat mereka kekurangan waktu untuk sekadar membersihkan rumah dan merawat rumah. Rumah yang praktis bagi generasi milenial adalah rumah yang tak terlalu luas namun tetap bisa membuat nyaman selama menempatinya untuk beristirahat.

Tentu saja, dengan keterbatasan ruang, barang-barang yang ditaruh di rumah minimalis inipun juga lebih sederhana namun tetap memiliki fungsi yang sama untuk memenuhi kebutuhan.

3. Rumah Minimalis Cenderung Lebih Murah

Alasan lain memilih rumah yang minimalis adalah praktis dan tidak ribet sesuai dengan karakteristik generasi milenial. Selain itu, tentu saja alasan keuangan juga memengaruhi jenis hunian yang cocok buat para milenial.

Artinya, rumah minimalis ini lebih cocok buat para milenial, yang saat ini berusia 20-an hingga 30-an tahun. Dan rumah minimalis ini biasanya cenderung menawarkan harga jauh lebih murah ketimbang rumah yang besar dan megah dari sisi bagunannya.

3 dari 4 halaman

4. Desain Interior Simpel namun Tetap Punya Banyak Fungsi

Memiliki hunian dengan desain interior yang simpel bisa jadi salah satu hal yang dipertimbangkan oleh generasi milenial. Interior dengan kesan old school tentunya membuat penghuninya cepat bosan.

Oleh karenanya, generasi milenial lebih memilih furniture dengan desain sederhana namun tetap fungsional. Misal tempat tidur yang dapat dilipat, sofa yang bisa diubah menjadi tempat tidur, dan sebagainya.

Dengan furniture yang multifungsi, akan membuat interior lebih terkesan sederhana, luas, dan mudah untuk dibersihkan.

5. Menawarkan Akses yang Mudah Dijangkau

Terlepas dari fasilitas hunian yang menawarkan kemudahan akses properti, saat ini sudah cukup banyak jasa transportasi online yang bisa dimanfaatkan untuk menjangkau area tertentu yang digunakan banyak orang untuk beraktivitas.

Namun yang tetap menjadi perhatian adalah besaran biaya transportasi sehari-hari yang jika diakumulasikan biayanya bisa jauh lebih besar.

Salah satu fasilitas yang perlu dipertimbangkan oleh milenial dalam memilih hunian tentu saja dekat dengan transportasi umum agar dapat menekan biaya transportasi.

4 dari 4 halaman

6. Aman dan Nyaman

Tentu saja, selain kriteria kebutuhan hunian di atas, para milenial juga membutuhkan yang namanya keamanan dan kenyamanan tempat tinggal setelah seharian melakukan aktivitas.

Untuk itu, hunian lengkap dengan fasilitas keamanan menjadi pertimbangan. Selain itu, faktor kenyamanan juga yang paling diperhatikan bagi milenial dalam memilih hunian agar bisa memenuhi kebutuhan untuk beristirahat, misalnya lokasi strategis dan tidak gaduh.

7. Koneki Internet Lancar

Nah, poin yang terakhir ini sangat jadi pertimbangan para milenial dalam memilih hunian. Tanpa konerki internet yang lancar, maka berbagai aktivitas seolah menjadi terhambat. Mengingat kebutuhan akan internet menjadi hal utama bagi milenial.

Lihat saja, kehidupan sosial para milenial memang tak lepas dari yang namanya internet. Begitu juga dengan pekerjaan yang banyak dilakukan oleh para milenial membutuhkan jaringan internet.

Pertimbangkan dengan Baik saat Memilih Hunian

Hunian adalah tempat di mana bisa beristirahat dengan baik sekaligus bisa mengaktualisasi diri bagi generasi milenial. Oleh karena itu, memilih hunian yang tepat dan cocok sangat diperlukan. Selalu perhatikan poin-poin di atas agar Anda tak salah dalam memilih hunian.