Sukses

10 Kota Hunian Termahal Dunia di 2019

Liputan6.com, New York - Tinggi rendahnya harga rumah seringkali menjadi salah satu faktor penentu di mana Anda memutuskan untuk tinggal. Namun ternyata tak setiap orang mampu memiliki rumah di beberapa kota tertentu lantaran harganya yang fantastis.

Melansir laman Business Insider, Minggu (27/1/2019), lembaga demografi internasional Demographia, melalui 15th Annual Demographia International Housing Affordability Survey baru saja merilis 10 kota hunian termahal di duna.

Studi tersebut menganalisa 309 pasar properti, dengan 91 di antaranya memiliki lebih dari satu juta penduduk dalam satu kota. Analisa tersebut digelar di delapan negara dengan pasar properti paling mahal yakni, Australia, Kanada, Hong Kong, Irlandia, Selandia Baru, Singapura, Inggris dan Amerika Serikat (AS).

Untuk menyusun peringkat kota hunian termahal di dunia, survei tersebut menganalisa data harga properti dari kuartal-III 2018. Caranya adalah dengan membagi rata-rata harga rumah dengan rata-rata pendapatan per kapita di kota-kota pada 8 negara tersebut.

Hasilnya, survey tersebut menunjukkan kategori `severely unaffordable major housing markets` atau pasar perumahan yang paling mahal dan nyaris tak terjangkau berada di Australia, Selandia Baru, dan China.

Selengkapnya, berikut 10 kota hunian termahal di dunia:

2 dari 5 halaman

10. San Francisco, California, AS

Nilai survei: 8,8

9. Auckland, Selandia Baru

Nilai survei: 9,0

8. Tauranga-Western Bay of Plenty, Selandia Baru

Nilai survei: 9,1

3 dari 5 halaman

7. Los Angeles, California, AS

Nilai survei: 9,2

6. San Jose, California, AS

Nilai survei: 9,4

5. Santa Cruz, California, Amerika Serikat

Nilai survei: 9,6

4 dari 5 halaman

4. Melbourne, Australia

Nilai survei: 9,7

3. Sydney, Australia

Nilai survei: 11,7

2. Vancouver, Kanada

Nilai survei: 12,6

5 dari 5 halaman

1. Hong Kong, China

Nilai survei: 20,9