Sukses

Ingin Keuangan Keluarga Anda Terjaga? Berikut 8 Tipsnya!

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda memiliki masalah dalam mengatur keuangan keluarga? Jika Iya, tenang Anda tidak sendiri.

Mengatur anggaran bulanan memang tidaklah mudah, begitu sulit jika Anda tidak memiliki tips yang ampuh. Mau tahu tips apa saja yang harus Anda lakukan agar keuangan keluarga aman? Berikut tipsnya!

1. Kurangilah Kebiasaan Jajan

Mengurangi kebiasaan buruk Anda untuk jajan diluar, ini akan membantu Anda untuk mengatur keuangan agar tetap stabil. Mulailah untuk membawa makanan dari rumah disaat Anda berada diluar.

2. Jangan Memutuskan untuk Berbelanja pada Malam Hari

Jika Anda ingin berbelanja, maka ada baiknya jangan berbelanja pada malam hari. Ini karena jika Anda ingin berbelanja pada malam hari, maka pikiran Anda sudah tidak dapat berpikir jernih untuk memutuskan apakah benda ini patut dibeli atau tidak.

 

2 dari 3 halaman

3. Jangan Belanja disaat Anda Lapar

Seperti halnya berbelanja pada malam hari, berbelanja disaat perut Anda kosong sebaiknya dihindari. Hal ini akan membuat Anda tidak fokus, dan melihat semua barang yang ada di toko terlihat pantas untuk Anda beli.

4. Baca Ulasannya Dulu, Baru Membeli

Kebanyakan orang jika membeli barang akan melewati tahap ini. Hanya karena murah atau karena kemasannya yang sangat menarik lalu Anda membelinya.

Perbaikilah kebiasaan ini, membaca ulasan produk terlebih dahulu maka akan membantu Anda memutuskan apakah benda ini patut dibeli atau tidak.

5. Jika Belanja Online, Jangan Langsung Membayar

Akibat kemudahan teknologi, saat ini banyak orang yang memilih berbelanja melalui smartphone mereka dibanding harus pergi langsung ke tokonya.

Jika Anda salah satu dari ini, maka sebaiknya Anda jangan tergesa-gesa dalam memutuskan apakah ingin membeli atau tidak. Jika Anda kurang yakin, bacalah berbagi review produk yang ada.

 

3 dari 3 halaman

6. Gunakan Amplop untuk Membagi Anggaran

Penggunaan kredit yang begitu mudah terkadang membuat kita lupa diri bahwa uang yang dihabiskan sudah begitu banyak. Untuk itu, ada baiknya Anda mengurangi penggunaan kartu kredit dan lebih memakai uang tunai setiap ingin bertransaksi.

Selain itu, untuk mempermudah ada baiknya Anda menyisihkan uang kedalam beberapa bagian dan kemudia dimasukkan dalam amplop yang berbeda. Misal, Anda harus memiliki amplop sejumlah dengan pengeluaran yang dimiliki seperti, uang makan, uang transportasi, dan uang lain-lain. Hal ini akan membantu Anda untuk mengatur keuangan.

7. Berkumpulah dengan Orang-orang yang Sepemikiran

Mulailah untuk memiliki teman atau berkumpul dengan orang-orang yang sepemikiran dengan Anda. Ini akan memudahkan sekaligus mengingatkan Anda disaat keinginan untuk mengatur keuangan Anda sudah melemah.

8. Jangan Lupa untuk Menghadiahi Diri Sendiri

Jika hal ini dapat berjalan dengan mudah dan lancar, maka jangan lupakan untuk mengadiahi diri Anda dengan sesuatu yang sangat diinginkan. Namun ingat, jangan terlalu berlebihan.

Ini akan membantu Anda untuk tetap semangat dalam menghemat dan mengatur keuangan Anda di bulan selanjutnya.