Sukses

Harga Emas Melemah, Paladium Sentuh USD 1.300 per Ons

Harga emas sempat menyentuh level tertinggi sejak pertengahan Juni di USD 1.298,42 pada hari sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta
Harga emas dunia turun dari posisi puncak dalam lebih dari enam bulan pada awal sesi perdagangan. Penyebabnya laporan data pekerjaan AS yang kuat meredakan beberapa kekhawatiran tentang ekonomi dunia yang sedang sakit. Sementara harga paladium menembus level kunci USD 1.300 untuk pertama kalinya.
 
Melansir laman Reuters, Sabtu (5/1/2019), harga emas di pasar spot tergelincir 0,8 persen menjadi USD 1.283,86 per ounce, setelah turun menjadi USD 1,276.40. Namun harga logam mulia berada di jalur kenaikan mingguan ketiga berturut-turut, sekitar 0,2 persen. Harga emas sempat menyentuh level tertinggi sejak pertengahan Juni di USD 1.298,42 pada hari sebelumnya.
 
Sementara harga emas berjangka AS turun 0,7 persen ke posisi USD 1.285,80 per ounce, setelah secara singkat melampaui level psikologis USD 1.300 per ounce di awal sesi.
 
 
"Komoditas, industri dan mata uang telah pulih, karena itu logam mulia yang telah menjadi pilihan aman seperti emas, perak telah kembali berubah pada hari ini," kata David Meger, Direktur Perdagangan Logam di High Ridge Futures.
 
Harga, kata dia juga dipengaruhi keluarnya data penggajian yang lebih kuat dari perkiraan."Data menunjukkan bahwa pengusaha AS mempekerjakan sebagian besar pekerja dalam 10 bulan pada bulan Desember, menunjukkan kekuatan berkelanjutan dalam ekonomi yang dapat menenangkan kekhawatiran perlambatan tajam dalam pertumbuhan," tambahnya.
 
"Laporan pekerjaan AS hari ini melempar lebih banyak ketidakpastian ke arah kebijakan moneter Federal Reserve, yang telah dianggap suram," tulis Jim Wyckoff, analis senior di Kitco Metals, dalam sebuah catatan.
 
Gubernur The Fed Jerome Powell pada hari Jumat akhirnya berbicara untuk meredakan kekhawatiran pasar keuangan tentang perlambatan ekonomi AS. Dia mengatakan bahwa bank sentral akan peka terhadap risiko penurunan yang dipatok pasar.
 
Pernyataan Powell mengirim investor ke aset berisiko seperti saham, yang menguat di tengah harapan pembicaraan perdagangan mendatang antara Amerika Serikat dan China. Kondisi ini pun semakin menekan emas.
 
"Powell mengatakan dia terbuka untuk perubahan pandangan potensial tetapi selama data tetap kuat di AS, kami akan terus memproyeksikan kenaikan suku bunga di AS oleh bank sentral, "kata Bart Melek, kepala strategi komoditas di TD Efek.
 
Emas sangat sensitif terhadap kenaikan suku bunga, karena hal ini meningkatkan biaya peluang bagi pemegang non-yield bullion.
 
 
 

 

Di tempat lain, harga paladium naik hampir 2 persen menjadi USD 1.288,49 per ounce, setelah mencapai rekor tertinggi USD 1.310 sebelumnya.
 
"Palladium telah naik ke atas karena pasokan yang ketat, meningkatnya permintaan, dolar yang lebih lemah," kata Phil Streible, Ahli Strategi Komoditas Senior di RJO Futures di Chicago.
 
Harga Platinum juga melonjak 2,8 persen menjadi USD 820,30, setelah menyentuh USD 823,50 per ounce, harga tertinggi sejak 29 November.
 
 "Platinum mengikuti secara mengejutkan ketika dana segar muncul untuk tahun baru karena harga telah begitu lama tertekan," kata Walter Pehowich, Wakil Presiden Eksekutif Layanan Investasi di Dillon Gage Metals.
 
Sementara harga Perak turun 0,4 persen menjadi USD 15,68 per ons, setelah sebelumnya mencapai USD 15,87, level tertinggi sejak pertengahan Juli.
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Laman ini berisi mengenai informasi seputar harga emas terbaru. Harga emas ini terus diperbarui setiap harinya.

    Harga Emas

Video Terkini