Sukses

Masuk Libur Panjang, AP II Hentikan Proyek Pengembangan Bandara Soetta

Liputan6.com, Jakarta - Masuk musim liburan Natal dan Tahun Baru, PT Angkasa Pura II memberlakukan status freeze atau penghentian sementara pada sejumlah pembangunan proyek di Bandara Soekarno Hatta, Kota Tangerang.

Hal tersebut, guna memberikan kelancaran lalu lintas pada jalur menuju kawasan Bandara Soekarno Hatta. Sebab bila tetap diberlakukan pengerjaan, dikhawatirkan menghambat perjalanan atau menyebabkan kemacetan panjang di kawasan Bandara Soetta.

"Kami terapkan status freeze pada proyek east croos atau pembangunan taxi way, karena di luar libur natal dan tahun baru saja, proyek ini berdampak pada pergerakan kepada sisi transportasi darat lainnya," tutur Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhamad Awaluddin, seperti ditulis Sabtu (22/12/2018).

Meski demikian, pada pemberhentian sementara tersebut pun tidak akan berpengaruh pada target penyelesaian sesuai Instruksi Presiden (Inpres), yakni Juni 2019.

"Kami minta saat status itu diberlakukan nanti hingga 6 Januari 2019, para pekerja mengerjakan proyek lain yang tidak berdampak pada pergerakan sisi transportasi daratnya, seperti runway tiga," ungkapnya.

Hingga saat ini, proyek perluasan tersebut telah dalam pembangunan untuk pararel taxi way sebesar 72 persen dan badan lintas runway sebesar 32 persen.

2 dari 3 halaman

AP II Buka Posko Informasi Hadapi Nataru di Terminal I Bandara Soetta

Sebelumnya, PT Angkasa Pura II (AP II), membuka posko Natal dan Tahun Baru 2019 (Nataru) di pelataran parkir Terminal 1B, Bandara Internasional Soekarno Hatta (Bandara Soetta), Tangerang. Posko dibuka sejak Kamis (20/12/2018) hingga 6 Januari 2019.

Direktur Utama Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, membuka langsung posko tersebut dengan apel seluruh stakeholder atau pemangku kepentingan yang bertugas dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru 2019.

"Posko ini semua informasi mulai dari jam terbang, cuaca, sampai hal pendukung lainnya, bisa diperoleh oleh calon penumpang," tutur Awaluddin.  

Posko tersebut dilengkapi dengan layar komputer dan PC yang terhubung langsung dengan pusat informasi dari Terminal 1, 2 dan 3. Serta 1.900an CCTV yang berada di Bandara Soetta. 

"Layar komputer inilah yang memberi informasi tersebut, juga ada petugas yang siaga," ujar Awaluddin. 

Tidak hanya posko yang disiapkan, menurut Awaluddin ada 15 aspek yang dua rangkup menjadi tiga besar hal yang disiapkan AP II dalam liburan Natal dan Tahun Baru 2019 ini. Pertama, kesiapan SDM-nya. 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: