Sukses

PLN Pastikan Listrik di Sulawesi-Gorontalo Tak Padam Saat Tahun Baru

Secara umum sistem kelistrikan di Sulawesi siap menghadapi siaga Natal dan Tahun Baru 2019.

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) menyiapkan Kehandalan pasokan listrik ‎wilayah Sulawesi Utara, Tengah dan Gorontalo (Suluttenggo) untuk perayaan Natal dan Tahun Baru 2019.

Direktur PLN Bisnis Regional Sulawesi Syamsul Huda mengatakan, PLN Unit Induk Wilayah Suluttenggo melakukan sejumlah persiapan untuk meminimalisir adanya gangguan, yaitu pemeliharaan jaringan distribusi meliputi pemangkasan pohon dan penggantian material, yang difokuskan pada dua bulan sebelum Natal.

‎"Selain itu, PLN membuat 53 Posko Siaga Natal yang tersebar di wilayah Sulut, Sulteng dan Gorontalo. Sebanyak 2.656 orang personil juga disiagakan, yang terdiri dari pimpinan, pengawas, pengatur dan pelaksana," kata Huda, di Jakarta, Rabu (19/12/2018).

‎Menurutnya, secara umum sistem kelistrikan di Sulawesi siap menghadapi siaga Natal dan Tahun Baru 2019, sistem kelistrikan interkoneksi Sulawesi Utara - Gorontalo memiliki cadangan daya hingga mencapai 56 Mega Watt (MW), dengan daya mampu pembangkitan kita sebesar 441 MW dan perkiraan Beban Puncak yaitu 387 MW.

"Sedangkan sistem kelistrikan Sulawesi Tengah saat ini juga memiliki cadangan daya mencapai 37 MW, dengan daya mampu sebesar 157 MW dan perkiraan beban puncak 121 MW," tuturnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masyarakat Bisa Nikmati Liburan

Dengan persiapan yang telah dilakukan PLN, Huda berharap tidak ada gangguan pasokan listrik, sehingga masyarakat bisa menikmati masa liburan panjang Natal dan Tahun Baru.

“Kami himbau juga kepada masyarakat agar tetap memperhatikan kemanan instalasi rumah masing-masing. Terlebih dengan adanya penambahan beban lampu-lampu dan sound sistem, hal ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga perayaan Natal dapat berjalan lancar dan semestinya, Selamat Natal 2018 dan Tahun Baru 2019,” tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.