Sukses

Jurus Kemenperin Dongkrak Produk RI Makin Inovatif

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) meluncurkan kegiatan Indonesia Industrial Design Award (IID Awards) 2019.‎

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) meluncurkan kegiatan Indonesia Industrial Design Award (IID Awards) 2019.‎

Penghargaan yang akan diselenggarakan pada tahun depan tersebut bertujuan untuk memacu industri kecil dan menengah (IKM) berinovasi dan kreativitas penciptaan desain-desain produk terbaru, sehingga mampu bersaing di pasar global. 

Direktur Jenderal IKM Kemenperin, Gati Wibawaningsih mengatakan, program ini merupakan penghargaan tertinggi dari Kemenperin untuk produk, desainer dan klien industri yang berkontribusi dalam proses inovasi, membangun kesuksesan bisnis, dan menghasilkan kualitas produk, sistem, layanan dan pengalaman yang lebih baik.

"Penghargaan juga diberikan untuk produk-produk yang telah ada di pasar Indonesia dan menjadi citra khas produk industri Indonesia, serta penghargaan bagi tokoh yang telah berperan dalam pengembangan dunia desain produk industri di Indonesia. IIDA akan mencakup produk-produk dari lini industri startup, kecil, menengah dan besar," ‎ujar dia di kawasan Kemang, Jakarta, Selasa (18/12/2018).

Adapun proses penyelenggaranya IID 2019 antara lain, kick off yang dilaksanakan hari ini, yang kemudian dilakukan dengan sosialisasi yang digelar secara rutin hingga Juli 2019. Tahap selanjutnya yaitu pra seleksi pada Juli 2019, tahap seleksi 1 pada Agustus 2019 dan tahap seleksi tahap 2 pada September 2019.

"Terakhir penganugerahan (awarding ceremony)  Oktober 2019 yang dilanjutkan dengan roadshow sampai Desember 2019," ungkap dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Gati mengatakan, akan ada sejumlah penghargaan yang akan diberikan dalam IID ini, yaitu IID Good Design, IID Best 20, IID Best 3 dan IID Grand Award. 

Sementara kategorinya terbagi menjadi Aplikasi & Permainan (Game), Produk Elektronika & Peralatan Rumah Tangga (Home Appliances), Transportasi & Aksesoris Otomotif, Materi Promosi dan Identitas Visual Produk (Product Visual Identity), Produk Mainan Kreatif & Alat Peraga Pendidikan, Produk Industri Kerajinan, Alas Kaki & Apparel, Perhiasan dan Aksesoris Fashion, Furnitur & HomeDecor, Perlengkapan Kantor dan terakhir Hobby & Leissures. 

Selain itu ada juga penghargaan IID Mark, yang diberikan pada produk denan nilai-nilai heritage dan berkualitas yang ada di pasar.

Serta penghargaan IID Lifetime Achievement, untuk diberikan kepada tokoh yang telah berperan dalam pengembangan dunia desain produk industri di Indonesia baik dalam bidang kebijakan (wisdom), pengembangan produk (Product Development), dan pendidikan (Knowledge).

"Indonesia Industrial Design Award  ini diharapkan tidak hanya menjadi sebuah kegiatan, namun juga akan menjadi gerakan yang dapat meningkatkan citra positif bangsa melalui produk-produk Indonesia yang inovatif dengan kualitas desain yang baik," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.