Sukses

Direktur Emtek Bagi Tips Sukses untuk Generasi Milenial

Director of Sales and Marketing PT Elang Mahkota Teknologi Tbk Mutia Nandika berbagi tips untuk generasi milenial agar mampu bersaing dan bertahan di era revolusi industri 4.0.

Liputan6.com, Jakarta - Director of Sales and Marketing PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek) Mutia Nandika berbagi tips untuk generasi milenial agar mampu bersaing dan bertahan di era revolusi industri 4.0. 

Hal ia sampaikan pada CIO Forum 2018. Pada forum tersebut, mahasiswa, profesional, dan akademisi hadir berdiskusi terkait perkembangan informasi dan teknologi (IT) yang kini kian tumbuh pesat.

"Jadi saya rasa tantanganya untuk sektor IT ini bukan tidak ada talent yang apply tapi bagaimana kita bisa menemukan talent yang benar-benar inovatif, kreatif, serta agile inilah yang enggak gampang," ujar dia di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Rabu (5/12/2018).

Saat ini, menurut Mutia, tidak hanya keahlian (skilled) saja yang harus dipenuhi anak muda jika berbicara pekerjaan. Namun, kesiapan mental terhadap permintaan bisnis juga perlu dimiliki oleh generasi milenial.

"Kedua setelah kita sudah mendapatkan talent-nya, persoalan selanjutnya adalah tidak semua anak muda punya kombinasi antara skilled dan mentality yang siap hadapi business challenge dan juga company request," ujar dia.

Pada kesempatan ini, Mutia menyarankan agar anak muda dapat lebih aktif dalam merespons perubahan yang kian cepat terjadi dalam hitungan detik.

"Saya rasa ilmu saat ini tidak jadi melulu soal akademik saja, tapi ketika teman-teman yang sedang kuliah bisa mulai bisnis kecil-kecilan, bangun startup, atau coba bisnis apapun itu kenapa enggak dicoba? Karena dari situ kalian bakal ketemu orang-orang baru, investor, orang-orang yang setiap harinya tidak ditemui," ujar dia.

Oleh sebab itu, Mutia menekankan generasi milenial harus aktif dan punya keinginan cepat untuk belajar terkait industri-industri bisnis diluar sana.

"Saya pernah bekerja di Google Indonesia dan Microsoft jadi Microsoft Education Lead. Background saya tidak di IT, dan tentu butuh waktu bagi saya untuk belajar hal teknis seperti cloud system. Tapi saya pelajari supaya bisa serap ilmu. Jadi memang benar-benar harus ada extra effort, usaha lebih agar bisa bersaing," ujar dia.

Sebagai informasi saja, wanita yang akrab disapa Mutia ini telah lama malang-melintang di dunia jurnalistik di Indonesia. Tak hanya itu, ia juga pernah menjabat sebagai Education Lead di Microsof Indonesia pada 2010 dan Industry Head di Google Indonesia pada 2014.

Hingga akhirnya ia memutuskan untuk kembali ke industri media sebagai Director of Sales and Marketing PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) pada 2015 dan Director of Sales and Marketing PT Emtek Tbk (EMTK) saat ini. 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.