Sukses

Tol Ciawi-Cigombong Gratis Selama Sepekan Usai Diresmikan Jokowi

Berdasarkan pembicaraan dengan asosiasi pengelola jalan tol telah disepakati bahwa perhitungan tarif tol adalah Rp 1.000 per kilometer.

Liputan6.com, Jakarta Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi 1 yakni dari Ciawi hingga Cigombong, di Gerbang Tol Cigombong-1, Bogor, Jawa Barat resmi beroperasi pada Sabtu (1/12/2018).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimulyono mengatakan selama satu minggu ke depan, pengguna tidak akan dikenakan biaya tol alias gratis.

"Selama seminggu tidak akan dikenakan tarif. Untuk sosialisasi. Seminggu setelah diresmikan Pak Presiden," kata dia, di Gerbang Tol Cigombong-1.

Terkait tarif tol setelah seminggu gratis, Basuki menjelaskan bahwa berdasarkan pembicaraan dengan asosiasi pengelola jalan tol telah disepakati bahwa perhitungan tarif tol adalah Rp 1.000 per kilometer.

"Kalau 15 kilometer, Rp 15.000," ujar dia.

Menurut dia, tarif Rp 1.000 per kilometer ini berlaku untuk pengguna tol golongan I. Untuk pengguna tol lain akan dihitung sesuai rumus yang telah ditentukan.

"Rp 1.000 untuk tiap kilometer itu untuk golongan I ya nanti golongan II dan III, 1,5 kali (tarif golongan I). Untuk golongan IV dan V, 2 kali (tarif golongan I)," tandasnya.

Reporter: Wilfridus Setu Umbu

Sumber: Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Ingin Tol Bocimi Tersambung hingga Cilacap

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian Jalan Tol  Bogor Ciawi Sukabumi (Bocimi) Seksi 1 yakni dari Ciawi hingga Cigombong, di Gerbang Tol Cigombong-1, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/12/2018) ini.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo mengatakan momen peresmian ruas tol Ciawi-Cigombong merupakan hal yang menggembirakan. Sebab setelah resmi beroperasi, tol ini akan dapat mendukung kegiatan masyarakat.

"Jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi ini nanti akan bersambung, setelah Sukabumi akan bersambung ke Cianjur akan bersambung ke Bandung langsung terus ke timur, ke Cilacap," ujar dia.

Mantan Walikota Solo ini mengaku terpukau atas pemandangan yang indah di jalan tol tersebut. Ruas tol ini mampu menampilkan panorama yang indah karena terletak di antara Gunung Salak dan Gede Pangrango, dan tentu menyimpan pesona bagi siapa saja yang melintas.

"Oleh sebab itu saya sangat berbahagia sekali pada siang hari ini bisa meresmikan jalan tol Ciawi Sukabumi ini untuk seksi 1 Ciawi-Cigombong," imbuhnya.

Meskipun demikian, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa dirinya masih menyimpan rasa heran, kenapa pengerjaan tol bisa tertunda hingga 21 tahun.

"Saya lihat tadi kanan kiri betapa sangat indahnya dan cantiknya alam yang ada di sini. Apa itu yang menyebabkan lama," ungkap dia.

 

Reporter: Wilfridus Setu Umbu

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini