Sukses

Mau Tahu Cara Dongkrak Citra Website? Simak Tips Jitu Ini

Liputan6.com, Jakarta - Reputasi suatu bisnis juga dapat dengan mudah meningkat lewat dunia maya alias online. Salah satunya dengan menggunakan situs (website). Agar website memiliki reputasi ‘baik’, diperlukan sajian informasi yang detail dan jelas.

Tentu tidak hanya informasi mengenai visi dan misi dari bisnis yang didirikan, tapi juga memerhatikan isi dari konten yang dipublikasikan lewat media online.

Agar website yang Anda kelola mendapatkan jumlah pengunjung (traffic) yang banyak, perhatikan struktur konten dan isinya dengan saksama.

Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut delapan cara mudah meningkatkan citra website. Simak ulasannya.

1. Gunakan Template yang Menarik

Menerbitkan konten yang menarik saja tidak cukup. Gunakan pula template yang menarik untuk meningkatkan minat baca dari pengunjung. Gunakan pilihan warna-warna yang eye catching dengan tampilan lembut, seperti cream atau abu-abu.

Hindari penggunaan template dengan warna yang terlalu menyala, seperti merah, kuning, atau hijau agar tidak menyilaukan mata. (Baca Juga: Bingung Mau Usaha Apa? Jadilah Pebisnis Online)

2 dari 5 halaman

2. Tulis Informasi secara Ringkas dan Padat

Hindari penyampaian informasi secara bertele-tele atau berputar-putar pada sebuah info yang sama. Sebaliknya, berikan informasi yang ringkas dan padat untuk memudahkan pengunjung menemukan inti dari informasi yang disampaikan.

Informasi berupa tulisan sebaiknya disertai dengan konten visual yang menarik. Tambahkan gambar atau video yang sesuai, sekiranya dapat mewakili isi dari konten yang Anda terbitkan di website.

3. Buat Navigasi yang Mudah Diakses

Adanya navigasi akan memudahkan pengunjung dalam mengakses seluruh informasi yang disampaikan pada website. Pilihlah fitur yang dibutuhkan oleh pengunjung, seperti Home, Kategori Konten, Tentang Kami, Peluang Karier, Informasi Kontak, dan lainnya.

Susun fitur-fitur di atas dalam format yang rapi. Bila perlu, tempatkan seluruh fitur di bagian paling atas agar mudah dijangkau oleh pengunjung website.

3 dari 5 halaman

4. Gunakan Backlink yang Sesuai

Konten yang telah diterbitkan jauh-jauh hari sebelumnya bisa disampaikan kembali dengan cara menyematkan backlink pada konten baru yang akan diterbitkan. Tetapi, isi dari backlink harus ada kaitannya dengan konten yang baru agar informasi jadi lebih komplit.

Selain pada website sendiri, backlink juga bisa disematkan pada website orang lain. Pilih website yang memiliki reputasi bagus untuk menambah jumlah pengunjung situs.

5. Tampilkan Menu FAQ

Meskipun informasi sudah sangat detail, ada saja pengunjung yang belum paham mengenai isi yang disampaikan pada website. Tugas Anda yaitu mengumpulkan daftar pertanyaan pengunjung, lalu menggabungkannya menjadi satu melalui menu FAQ (Frequently Asked Question).

Jawab seluruh pertanyaan di menu FAQ. Apabila pengunjung memiliki pertanyaan yang sama, setidaknya FAQ dapat membantu pengunjung untuk menjawab pertanyaannya sendiri. Dengan demikian, mereka tidak perlu menghubungi Anda selaku pemilik website untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

4 dari 5 halaman

6. Manfaatkan Sosial Media

Popularitas sosial media kini mampu mendobrak pemasaran secara online, khususnya website. Manfaatkan sosial media untuk menambah jumlah pengunjung dari website yang Anda kelola, misalnya Instagram atau Facebook.

Pemanfaatan sosial media harus dilakukan secara bijak. Dalam artian tidak spamming untuk menghindari adanya pemblokiran dari perusahaan pengelola sosial media yang bersangkutan.

7. Lakukan Peluncuran Website Berbasis Mobile

Apabila pengunjung website sudah banyak, misalnya mencapai jutaan, alangkah baiknya jika Anda mulai memikirkan peluncuran website berbasis mobile. Alhasil, akses untuk informasi yang disampaikan jadi lebih luas dan mudah dijangkau oleh pengunjung.

Situs versi mobile dapat dirancang melalui sebuah aplikasi berbasis Android maupun iOS. Perancangan aplikasi sebaiknya tidak menghabiskan memori penyimpanan yang terlalu besar agar tidak memberatkan kinerja sebuah smartphone.

5 dari 5 halaman

8. Pantau Perkembangan Website

Terakhir adalah memantau perkembangan dari website yang Anda kelola. Pemantauan yang paling mudah bisa dilakukan dengan cara mengamati jumlah pengunjung secara berkala. Apabila jumlah pengunjung stagnan, berarti ada sesuatu yang masih perlu diperbaiki agar traffic terus meningkat dari waktu ke waktu.

Jika Anda tidak mempunyai waktu untuk memantau website, sebaiknya gunakan jasa admin yang paham betul mengenai mekanisme pengembangan suatu website. Dengan demikian, situs Anda akan terus tumbuh lebih baik lagi.

Pilih Penyedia Jasa Situs yang Terpercaya

Agar reputasi situs yang diperkenalkan tetap baik, buatlah konten yang bermanfaat dan sesuai bagi kebutuhan para pengunjung. Di balik itu, pilih penyedia website yang sudah terpercaya dalam hal pengelolaannya agar situs bisnis Anda menuai respons positif dari para pengunjung.

Wawancara Dirut LRT Jakarta
Loading
Artikel Selanjutnya
7 Tips Aman Solo Travelling agar Makin Seru dan Asyik
Artikel Selanjutnya
8 Jurus Hemat Uang Bulanan untuk Pengantin Baru