Sukses

Kemendag Ajak Swasta Danai Delegasi RI pada World Expo Dubai 2020

Pemerintah mengajak pihak swasta untuk turut berpartisipasi dalam mendanai pembangunan dan penyelenggaraan Pavilion Indonesia selama Expo di Dubai pada 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perdagangan telah memastikan komitmennya untuk berpartisipasi, sebagai salah satu dari 180 negara peserta, dalam ajang expo dunia yang akan diselenggarakan di Dubai pada tahun 2020.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Arlinda mengatakan, pemerintah mengajak pihak swasta untuk turut berpartisipasi dalam mendanai pembangunan dan penyelenggaraan Pavilion Indonesia selama Expo 2020 Dubai. Sebab dalam rencana kegiatan tersebut tidak akan menggunakan dana pemerintah.

"Kami membuka peluang bagi perusahaan-perusahaan Indonesia untuk berpartisipasi dalam Pavilion Indonesia melalui berbagai paket kerjasama sponsor yang menguntungkan kedua belah pihak," kata dia, dalam Konferensi Pers, di ICE BSD, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (25/10).

Menurut dia, berdasarkan perhitungan saat ini anggaran yang diperlukan untuk mendesain dan membangun paviliun Indonesia di tempat pameran sebesar Rp 400 miliar. Untuk diketahui, luas lahan yang bakal ditempati Indonesia adalah 1.860 meter persegi.

"Dari 1.800 meter itu, biaya yang diperlukan untuk membangun konstruksi dan desain konstruksi dan lepas konstruksi setelah selesai pameran sebesar Rp 400 miliar. Tidak mudah untuk mengumpulkan, diperlukan keikhlasan hati dunia usaha," ujar dia.

"Januari (2019) harus mulai didesain. April mulai dibangun kami perlu sumbangan dunia usaha untuk terlibat dalam world Expo," imbuhnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sudah Ada yang Berminat

Saat ini, kata dia, sektor swasta yang sudah menyatakan kesiapannya untuk terlibat adalah PT Astra Internasional. Dalam pameran tersebut Astra akan mengambil posisi sebagai co-sponsor.

"Kami sangat mengapresiasi dukungan dan partisipasi penuh Astra International untuk mewujudkan kehadiran Indonesia di ajang expo dunia di Dubai 2020," ungkapnya.

"Kami berharap langkah Astra International dapat segera diikuti oleh berbagai perusahaan lain di Indonesia," tutup Arlinda.

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.