Sukses

Cara BNI Dukung Gelaran Pertemuan IMF-Bank Dunia di Bali

BNI juga menjadi satu-satunya bank penerbit kartu debit virtual account yang akan digunakan para menteri keuangan dan gubernur bank sentral dari seluruh dunia yang hadir di Bali nanti.

Liputan6.com, Jakarta PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI ditunjuk Panitia Nasional Penyelenggara Pertemuan Tahunan IMF – World Bank 2018 sebagai Official Bank Partner untuk melayani cash management.

BNI juga menjadi satu-satunya bank penerbit kartu debit virtual account yang akan digunakan para menteri keuangan dan gubernur bank sentral dari seluruh dunia yang hadir di Bali nanti.

Direktur Bisnis Ritel BNI, Tambok P Setyawati mengatakan kartu virtual account debit diberikan secara khusus kepada delegasi dari 189 negara yang menghadiri pertemuan Tahunan IMF – World Bank. Satu nomor rekening bisa digunakan untuk banyak pengguna.

"BNI juga melengkapi pelayanan dengan menerbitkan sebuah aplikasi bernama BNI Virtual Account Assistant (BNIVast). Peserta pertemuan tahunan ini dapat mengandalkan BNIVast untuk mendapatkan berbagai informasi dan kemudahan dengan cepat dan mudah, termasuk informasi layanan perbankan BNI terdekat," kata Tambok di kantornya, Kamis (4/10/2018).

Tambok menuturkan, kartu Debit Virtual Account Debit dapat digesek di semua mesin EDC BNI yang disiapkan sebanyak 7.432 unit di seluruh Bali termasuk di lokasi utama Pertemuan Tahunan IMF - WB 2018.

Dia menjelaskan, BNI merupakan bank yang memiliki kemampuan untuk menerbitkan kartu debit dengan link ke jenis rekening Virtual Account. "Virtual account BNI ini didukung oleh teknologi dan sistem yang memungkinkan pemilik rekening untuk memantau setiap transaksi dari setiap rekening virtualnya, sekaligus mengelola rekening virtual account-nya," ujarnya.

Satu nomor rekening dapat menghasilkan multi akun virtual yang bisa dihubungkan ke kartu debit. Saat ini BNI telah mencetak 760 kartu debit virtual account Versi IMF - WB Annual Meeting 2018 yang dapat menampung dana bagi para delegasi.

"Virtual Account BNI sudah teruji dalam event kelas dunia seperti Asian Games 2018 lalu. Kini, produk yang sama kami berikan bagi para delegasi IMF - WB Annual Meeting 2018. Dengan BNI Virtual Account ini kami percaya diri melayani perhelatan internasional ini," ujar Tambok.

EDC yang disiapkan memiliki kemampuan 5 in 1, karena dapat melayani debit virtual account para delegasi, bertransaksi uang elektronik (BNI TapCash), melayani Kartu Debit dari seluruh negara, Kartu Kredit dari seluruh dunia, serta melayani transaksi menggunakan yap! (your all payment/ aplikasi pembayaran berbasis 3 sumber dana).

Aplikasi BNIVast sendiri dapat digunakan untuk inquiry Kartu Debit Virtual Account dengan memanfaatkan jaringan Global Positioning System (GPS) untuk mendeteksi lokasi terdekat dari kantor cabang BNI, ATM BNI, dan merchant yang memiliki EDC BNI.

Selain itu, aplikasi BNIVast dapat memberikan informasi kurs 17 mata uang dan menghubungkan penggunanya dengan website resmi BNI.

 

 

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Layanan Lain

BNI akan memastikan meningkatkan layanan di Bali saat berlangsungnya gelaran pertemuan tahunan IMF -World Bank 2018.

Direktur Bisnis Ritel BNI, Tambok P Setyawati menyebutkan BNI akan memaksimalkan layanan melalui penyediaan kantor Cabang, ATM, Currency Exchange, dan Automotive Branch (O-Branch).

"Pada Pertemuan Tahunan IMF – World Bank Group ini, Kantor Layanan BNI memberlakukan waktu extra karena tetap buka hingga pukul 22.00 waktu Bali," kata dia

BNI juga menyediakan mesin Electronic Data Capture (EDC) sebanyak 7.432 unit di seluruh Bali termasuk di lokasi utama Pertemuan Tahunan IMF - WB 2018.

Selain itu, petugas khusus yang menguasai banyak bahasa asing juga akan disiagakan untuk melayani para delegasi dan tamu lainnya.

"BNI juga telah melatih petugas frontliner yang pasih berbahasa asing sehingga layak menjadi world class frontliner," ujarnya.

Sementara itu, untuk mengantisipasi antrian yang mungkin terjadi, selain outlet dan ATM yang telah ada pada venue utama, BNI menyiapkan ATM tambahan dan O-Branch di kawasan utama.

Terdapat kantor cabang pembantu yang beroperasi di Hotel Westin, Bali Nusa Dua Beach hotel, dan Gran Hyatt Hotel atau kawasan yang menjadi lokasi utama sekitar 1.200 pertemuan penting kelas dunia yang dihadiri sekitar 15.000 orang.

Setiap currency exchange melayani penukaran uang untuk 11 mata uang. BNI mengoperasikan 515 ATM dari total 18.152 ATM yang ada di seluruh Indonesia.

"Khusus ATM, BNI mencantumkan petunjuk penerimaan jaringan Kartu GPN, VISA, MasterCards, dan lain-lain dalam 6 bahasa. Hal tersebut merupakan cara BNI untuk menerima dan menghormati tamu dari banyak negara di dunia serta meningkatkan kepercayaan diri para delegasi untuk menggunakannya,” ujarnya.

Selain beragam layanan tersebut, BNI juga secara khusus menerbitkan 2.000 kartu BNI TapCash berlogokan Voyage to Indonesia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini