Sukses

Landas pacu Bandara Kertajati Diperpanjang Jadi 3.000 Meter

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menggelar rapat koordinasi (rakor) bersama dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Dirut PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II, Muhammad Awaluddin, di Kantonya Jakarta. Adapun pembahasan rakor kali ini mengenai perpanjangan landasan pacu (runway) Bandara Kertajati, Jawa Barat.

"Pasti secara fisik bahwa kewajiban AP II untuk melakukan perpanjangan runway jadi 3.000 meter bisa dilaksanakan dalam waktu dekat," kata Budi Karya saat ditemui di Kantor Kemenko Martimi, Jakarta, Senin (1/10/2018).

Sebagai informasi, panjang runway Bandara Kertajati saat ini 2.500 meter, dan akan diperpanjang menjadi 3.000 meter. Dengan adanya perpanjangan tersebut maka akan memudahkan pesawat-pesawat besar masuk ke Bandara Kertajati.

"Saya pikir itu solusi yg baik dan bisa membuat Kertajati bisa digunakan dengan pesawat apapun termasuk triple seven," sebut Budi.

 

* Liputan6.com yang menjadi bagian KapanLagi Youniverse (KLY) mengajak Anda untuk peduli korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala. Yuk bantu Sulawesi Tengah bangkit melalui donasi di bawah ini.

 

 

Semoga dukungan Anda dapat meringankan beban saudara-saudara kita akibat gempa dan tsunami Palu di Sulawesi Tengah dan menjadi berkah di kemudian hari kelak.

2 dari 3 halaman

Selesai Akhir Tahun

Sementara itu, Ridwan Kamil menambahkan, perpanjangan runway tersebut memang diperlukan guna mempercantik bandara terbesar kedua yang dimiliki Jawa Barat tersebut. Dirinya menargetkan, perpanjangan runway tersebut bisa selesai pada akhir tahun nanti.

"Kemudian perpanjangan runway menjadi. 3.000 meter supaya bandaranya keren, pesawat-pesawat berbadan lebar Airbus dan lain-lain yang badan gede bisa datang, hari ini sepakat dilakukan. Target runway selesai Desember, untuk pesawat lebar saja," kata Ridwan Kamil.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Menko Luhut Dorong BMKG Perbarui Sistem Peringatan Dini
Artikel Selanjutnya
Ridwan Kamil Ungkap Sebab Bandara Kertajati Belum Optimal