Sukses

Kebutuhan Pekerja Paruh Waktu Berkembang Pesat di Era Industri 4.0

Di beberapa negara berkembang seperti Indonesia, Gig Economy sedang mengalami pertumbuhan yang signifikan.

Liputan6.com, Jakarta - Kehadiran industri 4.0 menjadi tanda masuknya pergerakan inovasi dan perubahan model bisnis baru yang lebih efisien dan efektif melalui kehadiran teknologi. Salah satu yang muncul dalam industri 4.0 adalah Gig Economy. 

Di Indonesia,  istilah Gig Economy tergolong masih baru. Gig Economy adalah maraknya pekerja paruh waktu (freelance), atau staf yang direkrut untuk proyek-proyek jangka pendek, atau pada saat dibutuhkan saja. 

Hal ini berkaitan dengan semakin besarnya tuntutan pekerjaan yang memaksa perusahaan untuk memiliki sumber daya manusia (SDM) andal dan profesional sesuai bidangnya, atau yang biasa disebut sebagai on-demand worker alias pekerja siap kerja.

Gig Economy tidak menjadi hal baru bagi negara-negara maju di era industri 4.0. Namun di beberapa negara berkembang seperti Indonesia, Gig Economy sedang mengalami pertumbuhan yang signifikan sehingga perusahaan besar mulai melihat sisi lain dari para gig workers.

Vishal Tulsian, Managing Director Amar Bank yang selaku pengembang produk Tunaiku, menjelaskan, mengacu pada data Bloomberg, dari 127 juta masyarakat Indonesia yang bekerja, sepertiga dari mereka masuk pada kategori pekerja lepas yang bekerja kurang dari 35 jam per minggu.

Dari sepertiga angka tersebut, lebih dari 30 juta masyarakat Indonesia bekerja paruh waktu.

Melihat perkembangan ini, banyak platform mobile di Indonesia yang bergerak dalam bisnis penyedia jasa on-demand workers bagi perusahaan yang membutuhkan.

Dalam setahun terakhir saja, jasa platform mobile ini menunjukkan peningkatan sebesar 26 persen dalam hal permintaan jasa on-demand worker.

“Peningkatan ini terjadi disebabkan oleh faktor efisiensi biaya rekrutmen serta ide-ide baru yang lebih segar yang dihadirkan oleh para gig workers. Beberapa perusahaan yang bergerak di industri kreatif memang akan lebih efisien dan efektif jika menggunakan pekerja lepas," kata dia dalam keterangan tertulis, Minggu (18/11/2018).

Ia melanjutkan, selain karena kontrak yang tidak terikat, perusahaan juga bisa mendapatkan pekerja profesional yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan saat itu.

Meski begitu, Vishal masih melihat banyak kekurangan dari pengaruh tren Gig Economy ini. “Jika melihat dari banyaknya pekerja yang memilih bekerja secara lepas, akan meningkatkan angka pengangguran serta penurunan daya beli per orangnya. Jika hal ini terus berlangsung, perekonomian Indonesia akan menjadi stagnan dan tidak berkembang ke arah perekonomian inklusif”. kata dia. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fleksibel

Selain itu, besarnya minat para milenial yang lebih memilih bekerja sebagai gig workers karena jam kerja yang fleksibel, menyebabkan perputaran karyawan yang tinggi di perusahaan.

“Tingginya perputaran karyawan dapat menyebabkan kerugian bagi perusahaan. Sebut saja bahwa perusahaan sudah mengedukasi pekerja sesuai dengan visi, misi dan budaya dari perusahaan tersebut, namun justru pekerja milenial lebih memilih pekerjaan lepas demi mengejar kenyamanan bekerja. Hal ini juga memberikan sentuhan baru bagi perusahaan untuk dapat menyelaraskan misi dan visi perusahaan terhadap tren gaya bekerja yang sedang terjadi saat ini,” lanjut Vishal.

Tidak hanya itu saja, sektor SDM juga melihat tren Gig Economy ini memberikan pergeseran gaya bekerja di masa mendatang. Faridah Lim selaku Country Manager JobStreet.com Indonesia mengatakan,

“Tren pekerja lepas di Indonesia tidak terlepas dari digitalisasi dan automisasi yang terjadi di era industri 4.0. Perusahaan kini cenderung melakukan efisiensi besar-besaran, terlebih lagi cara kerja millenials menyambut baik hal ini, dengan pekerjaan yang dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Namun, dengan semakin terbuka lebar nya kesempatan kerja, para pekerja Indonesia juga harus meningkatkan skill nya agar dapat bersaing di era yang semakin kompetitif ini”. kata dia.

Dengan era industri 4.0 saat ini, tren Gig Economy akan memberikan banyak perubahan pada gaya bekerja setiap masyarakat. Pemerintah diharapkan mampu merealisasikan peraturan-peraturan yang bersifat suportif, baik untuk melindungi hak-hak para pekerja lepas serta melindungi hak perusahaan demi meningkatkan produktivitasnya. Melalui peraturan-peraturan ini, baik pekerja lepas maupun perusahaan akan terus mendukung pertumbuhan perekonomian inklusif di Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini