Sukses

Pasokan Listrik Jabar Sudah Aman Pasca-Gangguan SUTET Paiton

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN Distribusi Jawa Barat menyatakan, saat ini pasokan listrik di Jawa Barat sudah normal, setelah menurun akibat gangguan pada Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500 KV Paiton-Grati atau disebut SUTET Paiton.

Gangguan tersebut mengakibatkan putusnya saluran dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Paiton dan PLTU Pacitan ke sejumlah wilayah di Area Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Bali.

General Manager PLN Distribusi Jawa Barat, Iwan Purwana mengatakan‎,‎ saat ini wilayah Jawa Barat sudah tidak lagi kekurangan pasokan listrik, akibat gangguan SUTET 500 kV Paiton-Grati.

"Sudah tidak ada (kekurngan pasokan listrik," kta Iwan, saat berbicang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Senin (10/9/2018).

Iwan menuturkan, saat ini pasokan listrik untuk Jawa Barat sudah normal. Dia pun menyatakan untuk Jawa Barat aman dari kekurangan pasokan listrik. "Alhamdulillah saat ini aman, sudah normal," ujar dia.

Untuk diketahui, pada Jumat, 7 September 2018, ‎wilayah Jawa Barat masih kekurangan pasokan listrik 100 MW atau 1,37 persen dari beban puncak 7.300 MW, akibat gangguan pada SUTET 500 KV Paiton-Grati.

Di Jawa Barat, terjadinya gangguan pada Transmisi SUTET 500 kV Paiton-Grati 1, 2 pada Rabu 5 September 2018 mengakibatkan sebagian kecil daerah juga mengalami pemadaman, yakni di sekitar Bandung, Bekasi, Cianjur, Cimahi, Cirebon, Garut, Karawang, Purwakarta, Majalaya, Sumedang, Tasikmalaya, Depok, Gunung Putri, Sukabumi, dan Bogor.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Gangguan SUTET Paiton Bikin Pasokan Listrik di Jabar Berkurang 100 MW

Sebelumnya, PT PLN Distribusi Jawa Barat mencatat kekurangan pasokan listrik sebesar 100 Mega Watt (MW). Kurangnya pasokan tersebut akibat gangguan pada Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500 KV Paiton-Grati.

Gangguan itu mengakibatkan putusnya saluran dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Paiton dan PLTU Pacitan, ke sejumlah wilayah di Area Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Bali.

General Manager PLN Distribusi Jawa Barat Iwan Purwana mengatakan‎, akibat gangguan itu saat ini Provinsi Jawa Barat masih mengalami kekurangan pasokan listrik 100 MW atau 1,37 persen dari beban puncak 7.300 MW.

"Info sementara dari Pengatur sistem Jawa Bali, kemungkinan 100 MW untuk Jabar," kata Iwan, saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Jumat 7 September 2018.

Meski wilayah Jawa Barat masih kehilangan pasokan listrik 100 MW, menurut Iwan, PLN distribusi Jawa Barat berupaya menghindari pemadaman listrik di wilayah tersebut.

"Kami berupaya keras, hari ini dan selanjutnya tidak ada pemadaman," tutur Iwan.

Untuk Jawa Barat terjadinya gangguan pada Transmisi SUTET 500 kV Paiton - Grati 1, 2 mengakibatkan sebagian kecil daerah juga mengalami pemadaman, yakni di sekitar Bandung, Bekasi, Cianjur, Cimahi, Cirebon, Garut, Karawang, Purwakarta, Majalaya, Sumedang, Tasikmalaya, Depok, Gunung Putri, Sukabumi, dan Bogor.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS