Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

Berkenalan dengan Miliarder Vijay, Rekan Bisnis Warren Buffett di india

Liputan6.com, Noida - Warren Buffett, CEO Berkshire Hathaway, memiliki partner bisnis pertama dari India. Pilihan Buffett jatuh kepada miliarder termuda di negara itu.

Dilansir Forbes, perusahaan pembayaran digital Paytm akan mendapatkan investasi dari Berkshire Hathaway. Pemimpin perusahaan itu adalah Vijay Shekhar Sharma.

Vijay, putra seorang guru, memiliki kekayaan sebesar USD 1,7 miliar atau setara Rp 24,9 triliun (USD 1 = Rp 14.680). Saat ini, Paym memiliki valuasi USD 9,4 miliar atau Rp 137,9 miliar.

Rencananya, Berkshire Hathaway akan menanamkan investasi antara USD 314 juta (Rp 4,6 triliun) dan USD 357 juta (Rp 5,2 triliun) kepada One97 Communication, induk dari Paytm.

Vijay juga merupakan salah satu pendiri One97 Communication pada 2001. Sembilan tahun kemudian ia mendirikan Paytm yang memiliki spesialisasi di pembayaran mobile.

Dilihat dari akun Twitter resmi miliknya, Vijay tampak sangat bersemangat pada investasi Berkshire. Ia pun setuju ketika investasi dari konglomerasi Omaha tersebut disebut medali kehormatan.

Paytm ternyata sudah populer di kalangan investor Asia. Sebelumnya, SoftBank dari Jepang dan Alibaba dari China sudah menjadi investor di Paytm.

"Kami merasa bersemangat dan merendah oleh endorsement ini," ucap Vijay dalam rilis persnya. Ia percaya, pengalaman Berskhire Hathaway di layanan finansial adalah keuntungan besar bagi Paytm.

2 dari 2 halaman

Yayasan Bill Gates Jadi Pemilik Saham Terbesar di Perusahaan Warren Buffett

Hubungan antara Bill Gates dan Warren Buffett semakin kuat. Tidak hanya sama-sama dermawan, dua miliarder kaya ini diakrabkan dengan nilai saham.

Dilansir dari Fortune, Bill Gates Foundation yang didirikan Bill & Melinda Gates telah menjadi pemilik saham terbesar di Berkshire Hathaway milik Buffett. Hal ini tak lepas dari sumbangan Buffett kepada yayasan tersebut pada Selasa, 17 Juli 2018.

Sebagai informasi, Berkshire Hathaway adalah sebuah perusahaan konglomerasi yang didirikan Warren Buffett yang menanamkan modal di beragam sektor. Berkshire Hathaway adalah sumber kekayaan Buffett dan mengantarnya sebagai salah satu orang terkaya di dunia.

Setelah Buffett menyumbangkan 13,5 juta lembar saham dari Berkshire Hathaway pada Gates Foundation, artinya sekarang yayasan tersebut memiliki lima persen dari Berkshire Hathaway. Sebelum mendapat donasi, Gates sebetulnya juga sudah memiliki saham di perusahaan itu.

Sumbangan yang diberikan sang miliarder pada minggu lalu adalah salah satu yang terbesar yang pernah ia berikan. Jumlahnya ditaksir sekitar USD 3,4 miliar dalam bentuk saham di Berkshire Hathaway.

Selain pasangan Gates, empat besar pemegang saham lainnya di Berkshire Hathaway adalah Vanguard Group, State Street Global Advisors, and Cascade Investment Llc. Vanguard.

Menurut CNN Money, dengan ini Bill & Melinda Gates Foundation memiliki saham senilai hampir USD 13 miliar di Berkshire Hathaway. Namun, yayasan itu berencana menjual 60 juta lembar saham mereka, dan hasilnya kemudian disumbangkan.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
6 Nasihat Inspiratif dari Miliarder Legendaris Warren Buffett
Artikel Selanjutnya
7 Orang yang Jadi Miliarder Berkat Warren Buffett