Sukses

3 Taktik Gaet Pelanggan Setia

Liputan6.com, Jakarta - Ketika perusahaan berjuang untuk memenuhi kepuasan dan kesetiaan pelanggan, perubahan perlu dilakukan untuk mengembalikan kepercayaan dalam bisnis yang membutuhkan waktu dan ketekunan. Apa yang tampak di media sosial dapat merusak seluruh reputasi Anda. Oleh karena itu, sangat penting untuk mendekati setiap pelanggan dengan cara berkomunikasi.

Ada tiga cara untuk meningkatkan komunikasi dengan konsumen. Terapkan taktik ini untuk mencapai hubungan yang lebih baik dengan pelanggan Anda, seperti dikutip dari Laruno.id:

1. Tanggapi, bahkan kepada pelanggan yang tidak senang

Meskipun Anda tergoda untuk mengabaikan komentar kasar atau ulasan yang buruk, melakukannya hanya akan merusak reputasi Anda. Jangan hindari masalah, selesaikanlah dengan perhatian yang tulus dan pikiran yang terbuka.

Jawab pertanyaan mereka dan selesaikan masalah mereka seolah-olah Anda sedang berusaha membantu orang lain. Bersikaplah baik dan tuluslah dengan memberikan perhatian kepada mereka. Jika Anda menyelesaikan keluhan demi kepentingan pelanggan, mereka akan melakukan bisnis dengan Anda untuk kedua kalinya.

 

* Update Terkini Asian Games 2018. Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini

2 dari 3 halaman

2. Balas tepat waktu

Terkadang, menjawab komentar dan kekhawatiran tidaklah cukup. Usahakan untuk merespons dalam waktu 24 jam, itu membuktikan kepada pelanggan bahwa kekhawatiran mereka penting bagi Anda. Cara terbaik untuk menunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda peduli adalah dengan menyiapkan sistem yang berfokus pada layanan pelanggan.

3 dari 3 halaman

3. Menerapkan saluran komunikasi dua arah

Pastikan ada platform online tempat Anda dan pelanggan Anda dapat berkomunikasi. Misalnya di Twitter, konsumen dapat mengutarakan kekhawatiran dan menerima balasan. Facebook Messenger adalah cara lain yang bagus untuk mendiskusikan pertanyaan atau masalah.

Media sosial dan platform peninjauan online menyediakan ruang yang sempurna untuk komunikasi dua arah yang terbuka dan konsisten antara perusahaan dan pelanggan mereka. Selain itu, media sosial dan platform dapat menciptakan kumpulan data berharga yang dapat membantu Anda menjangkau konsumen di masa depan.

Semoga bermanfaat.

GRATIS... Pelatihan 365 hari bersama Tung Desem Waringin yang bisa merevolusi bisnis, marketing, sales, karier, kehidupan, kesehatan, kebahagiaan, dan keuangan, bahkan percintaan dengan materi terbaru seharga Rp 2.997.000.

Khusus untuk 97 orang pembaca Liputan6.com hari ini jadi gratis.

Daftar sekarang juga, klik di sini untuk daftar