Sukses

Jokowi Belum Putuskan Nama Calon Bos Pertamina

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum memutuskan sosok yang akan menduduki jabatan Direktur Utama PT Pertamina (Persero). Meski sejumlah nama disebut telah diajukan kepada Jokowi.

Juru Bicara Kepresidenan Johan Budi mengatakan, hingga saat ini belum ada nama yang dipilih Presiden Jokowi untuk mengisi jabatan orang nomor satu di perusahaan migas pelat merah tersebut.

"Barusan aku cek, Presiden belum memutuskan," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Senin (6/8/2018).

Menurut Johan, memang sudah ada nama yang diusulkan kepada Presiden Jokowi. Namun dia mengaku tidak tahu soal nama-nama tersebut.

"Sudah ada beberapa nama yang diusulkan kepada Presiden. Saya belum dapat informasinya mengenai nama-nama (itu)," kata dia.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua Tim Ahli Wakil Presiden, Sofjan Wanandi. Menurut dia, Presiden Jokowi belum menentukan nama untuk Dirut Pertamina.

‎"Saya tidak tahu. Belum diputuskan. Belum, belum," ujar dia.

 

 

2 dari 2 halaman

Harapan Wamen ESDM untuk Sosok yang Bakal Duduki Dirut Pertamina

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno telah mengajukan tiga nama calon Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero) ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Nama dirut baru tersebut bakal segera diumumkan oleh Jokowi.

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengharapkan, sosok terpilih untuk menjabat sebagai pimpinan tertinggi di induk usaha (holding) BUMN migas tersebut ‎bisa membawa misi dan misi perusahaan dengan baik.

"Orang baik. Kerjanya harus yang baik," kata Arcandra, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat 20 Juli 2018.

Ketika ditanyakan nama yang diajukan ke presiden dan yang dipilih, Arcandra yang juga selaku Wakil Komisaris Utama Pertamina enggan berkomentar. Menurutnya hal tersebut merupakan kewenangan dari Presiden Jokowi.

"Itu ke Pak Presiden saja. Aduh jangan mancing-mancing dong," ujarnya.

Sebelumnya, Deputi Bidang Pertambangan Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno mengatakan, ada tiga nama calon dirut yang diajukan Menteri BUMN Rini Soemarno ke Presiden Jokowi.

‎"Sudah, tanya Bu Rini, ada tiga nama‎," tutur Fajar.

Namun ketika ditanyakan terkait tiga nama yang diajukan sebagai calon orang nomer satu di ‎Pertamina tersebut, Fajar enggan menyebutkan.

Dia mengarahkan untuk bertanya ke Rini Soemarno.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.
    Pertamina
  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014
    Jokowi
  • Kementerian BUMN merupakan kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan pembinaan badan usaha milik negara (BUMN).
    Kementerian BUMN