Sukses

BI Sebut Nilai Tukar Rupiah Mulai Stabil

Berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.391 per dolar AS.

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) menyatakan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) kini mulai stabil. Kestabilan ini diharapkan bisa berlangsung hingga akhir tahun.

Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara mengatakan, pada April hingga Juni merupakan periode di mana rupiah mengalami penyesuaian terhadap kondisi global, seperti kenaikan suku bunga Amerika Serikat (AS) dan perang dagang. Namun periode penyesuaian tersebut dinilai telah selesai.

"Memang pada waktu periode April sampai Juni itu memang adjustment terhadap perang dagangnya AS-China, kemudian juga adjustment terhadap kenaikan suku bunga AS yang di-confirm oleh The Fed akan empat kali. Jadi kita memang negara-negara emerging mengalami volatility untuk periode April-Juni," ujar dia di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (17/7/2018).

Namun mulai Juli ini, lanjut dia, nilai tukar rupiah sudah mulai menemui titik keseimbangan. Hal ini diharapkan berlangsung hingga akhir tahun.

"Periode juli ini masuknya sudah seimbang, kita lihat juga yield surat utang AS sekarang sudah di bawah 3 persen, di level 2,8 gitu, surat utang AS yang 10 tahun. Yield surat utang pemerintah yang waktu itu hampir 8 persen, sekarang stabil 7,4, di bawah 7,5 persen," tutur dia.

"Kemudian kita lihat bawah sudah mulai inflow di Juli ini di SBN. Kita lihat lelang SBN surat utang pemerintah juga sudah over subscribe. Terakhir 3 kali. Jadi stabilitasnya sudah terjadi. Mudah-mudahan sampai akhir tahun begitu," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rupiah Hari Ini

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak stabil pada perdagangan hari ini.

Mengutip Bloomberg, Selasa (17/7/2018), rupiah dibuka di angka 14.390 per dolar AS, tak berbeda jauh jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.394 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.380 per dolar AS hingga 14.393 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 6,10 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.391 per dolar AS, tak berbeda jauh juga jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 14.396 per dolar AS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.