Sukses

PLN dan Pertamina Berikan Sambungan Listrik Gratis di Tasikmalaya

Menteri BUMN Rini Soemarno dorong BUMN untuk meningkatkan kepeduliannya bagi perbaikan elektrifikasi.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini M Soemarno kembali memberikan dukungan peningkatan rasio elektrifikasi dan perbaikan taraf hidup masyarakat. 

Dukungan ini ditunjukkan melalui kunjungan kerjanya ke Kabupaten Tasikmalaya,  Jawa Barat untuk memastikan penyambungan listrik bagi masyarakat kurang mampu pada Kamis (12/7/2018).

Dalam kunjungan ini, Rini memastikan BUMN bersinergi mendorong elektrifikasi melalui pelaksanaan program penyambungan listrik kepada 40.000 masyarakat atau rumah tangga tidak mampu di Jawa Barat dan Banten.

Jumlah  masyarakat kurang mampu yang perlu mendapatkan listrik tersebut ditetapkan berdasarkan data Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

Pada tahap awal, PT PLN (Persero) bersinergi dengan PT Pertamina (Persero) menyambungkan listrik gratis bagi 400 Kepala Keluarga (KK) Tasikmalaya yang tersebar di kecamatan Rajapolah, Kecamatan Singaparna dan Kecamatan Karangnunggal.

Menteri Rini berkesempatan menyapa warga Desa Cikupa di Kecamatan Karangnunggal yang mendapat bantuan penyambungan listrik gratis sekaligus memastikan warga tersebut bisa menikmati listrik untuk pemenuhan kebutuhan dasar bagi penerangan maupun penggunaan alat-alat elektronik di rumahnya.

"Saya mendengar bahwa ada warga yang berlistrik tapi itu diambil dari rumah yang sudah berlistrik (Levering). Dengan bantuan sambungan listrik melalui Sinergi BUMN kepada masyarakat, khususnya BUMN-BUMN yang berkarya di Jawa Barat, warga sepenuhnya akan menikmati listrik langsung dari PLN. Ini tentunya sangat membantu masyarakat untuk mendapatkan akses listrik secara penuh dan menopang kegiatan ekonomi rumah tangganya,” ungkap Menteri Rini di sela-sela kunjungannya, Kamis pekan ini.

Rini juga terus mendorong BUMN-BUMN untuk meningkatkan kepeduliannya bagi perbaikan elektrifikasi melalui sebuah sinergi dan saling bahu membahu. 

Selain wilayah Kabupaten Tasikmalaya, sinergi BUMN mendorong elektrifikasi rumah tanga kurang mampu juga dilakukan di wilayah-wilayah lain di Jawa Barat seperti di Kabupaten Cianjur, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Garut dan Kabupaten Sukabumi.

"Ini merupakan kepedulian BUMN bagi masyarakat terutama masyarakat kurang mampu sehingga bisa menikmati listrik yang pada akhirnya juga bisa mendorong perbaikan taraf hidupnya.Terima kasih kepada PLN dan Pertamina yang sudah membantu masyarakat di wilayah Tasikmalaya. Saya terus mendorong sinergi seperti ini terus berlanjut di wilayah-wilayah lain dan semakin banyak BUMN yang terlibat,” kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Di kesempatan yang sama, Direktur Utama PT PLN (Persero), Sofyan Basyir mengungkapkan, masyarakat kurang mampu yang mendapat bantuan program sambung listrik gratis ini akan mendapatkan sambungan listrik PLN daya 450 Volt Ampere (VA) dengan tarif bersubsidi dan sistem layanan prabayar.

"Kami terus bekerja keras bagi pemenuhan kebutuhan listrik masyarakat terutama rumah tangga tidak mampu yang mengalami kesulitan secara finansial untuk bisa mengakses listrik langsung ke PLN. Hal ini salah satunya dengan sinergi antar BUMN yang sudah dibangun dan terus mendapat dukungan dari pemerintah. Saya juga pastikan bahwa personil-personil PLN di lapangan bisa bekerja optimal dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat," ujar dia.

Sementara itu, Plt Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyastuti menambahkan, Pertamina sebagai perusahaan energi juga berkomitmen membantu warga kurang mampu agar bisa menikmati listrik. 

"Listrik merupakan kebutuhan dasar. Sinergi bersama PLN diharapkan bisa mengangkat kesejahteraan warga.Pertamina selalu siap untuk mendorong elektrifikasi dan perbaikan kesejahteraan hidup masyarakat ," kata Nicke.

PLN mencatat, saat ini rasio elektrifikasi Jawa Barat tercatat di level 98 persen dengan jumlah KK yang belum terlistriki tercatat sebanyak 316.947 KK. Sementara untuk Kabupaten Tasikmalaya, rasio elektrifikasi tercatat di level 92 persen dengan jumlah KK yang belum terlistriki tercatat sebanyak 28.977 KK.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.