Sukses

Kamu Karyawan Baru? Yuk, Sontek 5 Tips Sukses Kerja Ini

Liputan6.com, Jakarta - Mendapatkan pekerjaan baru tentunya menyenangkan sekaligus menjadi sebuah tantangan. Menyenangkan jika Anda mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan, karena Anda akan bisa menyelesaikannya dengan cepat dan tepat. Namun berbeda jika ternyata sebaliknya.

Terlepas dari itu semua, memperoleh pekerjaan bagi pencari kerja adalah sebuah anugerah. Ada banyak pilihan dalam menjalani pekerjaan. Namun sebagai pekerja yang baru, Anda juga harus bisa menyesuaikan diri dan sukses sesuai harapan.

Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut cara buat agar sukses sebagai first jobber atau sebagai orang yang baru pertama kali bekerja alias fresh graduate.

1. Harus Disiplin

Disiplin adalah salah satu kunci untuk bisa menjadikan pribadi yang lebih baik dan tertata dalam hidupnya. Jangan menganggap jika kedisiplinan hanya untuk seorang pelajar saja. Sebab sebagai pekerja, Anda juga harus memiliki disiplin yang tinggi untuk menunjukkan kinerja yang baik pula.

Ketika bekerja sebagai karyawan baru, maka disiplin harus benar-benar diterapkan, agar nantinya Anda bisa mendapatkan jejak rekam kerja yang baik di mata atasan dan rekan-rekan di kantor. Jika Anda memiliki kedisiplinan yang baik, maka atasan juga akan menganggap Anda pantas untuk mendapatkan bonus gaji atau promosi jabatan yang lebih tinggi.

2 dari 3 halaman

2. Bersikaplah Ramah

Jadilah karyawan yang ramah kepada semua orang, agar Anda mudah diterima rekan kerja dan atasan dengan baik dan apa adanya. Tentu, bersikap ramah ini harus dilakukan kepada semua orang. Apabila Anda pilih-pilih orang tertentu saja yang diberi sikap ramah, maka hal ini justru menunjukkan sikap Anda yang tidak natural.

Janganlah pilih kasih siapa yang Anda perlakukan secara ramah dan tidak. Jadilah pribadi yang ramah pada semua orang, sehingga aura positif pun akan terpancar dalam diri Anda dan banyak orang menyukai hal ini. Dan satu hal lagi, jika bersikap ramah, maka Anda akan punya banyak teman. (Baca Juga: Cara Cepat Dapat Kerja bagi Fresh Graduate)

3. Mau Mendengarkan

Sebagai manusia, sudah menjadi kodratnya bila ingin selalu di dengarkan. Oleh karena itu, jadilah pendengar yang baik bagi semua orang terutama rekan kerja di kantor. Ketika Anda berusaha menjadi pendengar yang baik, pasti orang akan lebih nyaman kepada Anda.

Menjadi pendengar yang baik juga bisa mendapatkan perhatian dari atasan. Bisa jadi, atasan senang untuk bercerita kepada Anda karena beliau menganggap jika Anda adalah pendengar yang baik bagi mereka.

3 dari 3 halaman

4. Jadilah Diri Sendiri

Jadilah diri Anda sendiri dimanapun Anda berada. Jangan menganggap jika Anda bisa mendapatkan perhatian dengan menjadi orang lain. Jadilah diri Anda sendiri, agar nantinya tidak merasa aneh atau merasa tidak percaya dengan diri Anda sendiri.

Sebaiknya jujur dan jadilah diri sendiri kepada semua orang, karena ini akan membuat Anda nyaman. Terutama ketika berada di lingkungan kantor, Anda di tuntut agar bisa menjadi pribadi yang jujur, apa adanya, dan selalu percaya dengan diri sendiri. (Baca Juga: 7 Jenis Tawaran Kontrak Kerja yang Harus Ditolak bagi Para Fresh Graduate)

5. Tidak Malu Bertanya

Jangan malu untuk bertanya jika memang Anda kurang paham atau tidak mengerti. Bertanyalah sewajarnya jika memang Anda kurang memahami apa yang sedang Anda hadapi. Jangan menganggap jika Anda sudah hebat dan tahu segalanya, atau bahkan malu untuk menanyakan karena takut diejek atau diremehkan.

Jangan berpikiran negatif kepada orang lain, karena belum tentu apa yang Anda pikirkan itu sama dengan apa yang orang lain pikirkan. Jangan sampai ada kesalahpahaman hanya karena tidak mengungkapkan apa yang tidak Anda ketahui atau belum Anda mengerti.

Apakah First Jobber Bisa Dapatkan Promosi Jabatan?

Setiap first jobber atau karyawan baru, pasti akan memikirkan bagaimana caranya bisa nyaman dalam kantor, punya banyak teman, bahkan bisa mendapatkan promosi jabatan. Jika Anda ingin mendapatkan promosi jabatan di kantor, maka setidaknya melakukan hal-hal di atas. Jika Anda mengamalkan hal tersebut, maka tidak menutup kemungkinan atasan tertarik untuk memberikan jabatan baru yang lebih tinggi kepada Anda. Dan hal ini akan membuat track record Anda di perusahaan tersebut akan jauh lebih baik.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
6 Tips Ampuh Mencari Kerja untuk Fresh Graduate
Artikel Selanjutnya
Lakukan 7 Hal Ini Saat Jenuh dan Stres dengan Suasana Kantor