Sukses

7 Keuntungan Investasi Reksa Dana yang Belum Banyak Diketahui Orang

Liputan6.com, Jakarta Cara terbaik untuk memastikan keamanan finansial Anda dan keluarga di masa depan adalah dengan berinvestasi. Banyaknya pilihan investasi terkadang membuat orang bingung, namun tidak lagi setelah Anda membaca artikel ini.

Bagi Anda yang seorang pemula dalam dunia investasi, Reksa Dana bisa menjadi salah satu pilihan investasi terbaik. Investasi Reksa Dana memiliki pengertian Anda membeli unit penyertaan Reksa dan mempercayakan seorang Manajer Investasi (MI) untuk mengelolanya dalam berbagai produk seperti obligasi, deposito, dan saham. Dengan risiko yang relatif kecil, keuntungan yang didapatkan bisa lebih tinggi dari pada sekadar menabung di bank lho

Berikut ini 7 keuntungan investasi reksa dana yang bisa membuat kamu tertarik untuk berinvestasi.

1. Biaya Terjangkau dan Besarnya Pengembalian

Alasan utama investasi reksa dana cocok untuk pemula, untuk anak muda jaman sekarang. Nilai awal investasinya cukup rendah mulai Rp. 10.000. Bayangkan, nilainya bahkan lebih rendah dari biaya makan kamu sehari-hari.

Dengan nilai awal yang rendah ini pula, kamu tentu tak perlu takut merugi jika belum lihai dalam berinvestasi. Namun, ingat jika dihitung-hitung kembali secara cermat, return dari investasi reksa dana lebih tinggi dari investasi emas. Bloomberg, situs bisnis ekonomi yang merilis perbandingan keuntungan antar keduanya selama 5 tahun terakhir ini menyebutkan bahwa investasi reksadana obligasi memiliki return yang lebih tinggi beberapa persen dari investasi emas.

2. Mudah Mengelola

Dengan bantuan Manajer Investasi, kamu tidak perlu susah-susah mengamati dan menganalisa pasar saham yang cukup rumit. Pengelolaa investasi reksa dana kamu akan ditanggung sepenuhnya oleh Manajer Investasi yang telah mendapat izin dari otoritas jasa keungan tertinggi.

Tentukan dimana kamu akan membeli reksa dana. Pilihlah perusahaan Manajer Investasi yang sudah berpengalaman dengan track record terpercaya .

3. Lebih Aman

Dana investasi reksa dana yang disetor juga enggak dipegang langsung oleh perusahaan MI tapi dititipkan pada rekening bank khusus yang dikenal sebagai bank kustodian. Jadi, jangan takut dana kamu dibawa kabur pihak tak bertanggung jawab.

4. Risiko Bisa Dikurangi

Reksa dana bisa diinvestasikan ke dalam lusinan bahkan ratusan saham dan/atau obligasi, yang disebut sebagai “unit penyertaan.” Kamu bisa mengurangi risiko secara otomatis dengan enggak hanya bergantung pada satu investasi saja, seperti kalau kamu memilih untuk berinvestasi dalam saham-saham individual.

Jadi, kalau kamu melakukan investasi reksa dana di 20 perusahaan dan 3 diantaranya mengalami risiko loss, kamu enggak perlu khawatir karena ada kemungkinan belasan perusahaan lainnya mungkin enggak mengalami kerugian atau justru mengalami risiko gain.

5. Transparan

Reksa dana dengan jelas memberikan informasi perkembangan portofolio dan biaya secara berkelanjutan. Kamu bisa memantau keuntungan, biaya, serta risiko setiap saat secara online. MI sebagai pengelola reksa dana juga wajib mengumumkan Nilai Aktiva Bersih setiap hari di surat kabar dan menerbitkan laporan keuangan tengah tahunan dan tahunan juga prospektus yang dilakukan secara teratur.

6. Likuiditas Tinggi

Likuiditas merupakan kemampuan perusahaan untuk membayar kewajiban jangka pendeknya. Semakin perusahaan memiliki likuiditas yang tinggi, semakin perusahaan tersebut bisa dipercaya karena kemampuannya membayar kewajiban jangka pendek juga baik. Dengan likuiditas yang tinggi, investor dapat mencairkan kembali Unit Penyertaannya setiap saat sesuai dengan ketetapan yang dibuat masing-masing reksa dana.

7. Mudah Tersedia

Investasi reksa dana bisa dengan mudah kamu beli di berbagai tempat seperti langsung dari manajer keuangan / perusahaan manajemen aset, atau melalui agen penjualan yang bersertifikasi dan memiliki sertifikasi WAPERD/APERD dari OJK.

Bagi kamu yang ingin mulai berinvestasi Reksa Dana, kini bisa mendaftar Reksa Dana online dengan lebih praktis dan cepat di Tokopedia Reksa Dana. Proses mudah, hanya 5 menit. Penjualan bisa dilakukan kapan saja tanpa harus menunggu lama-lama. Keuntungan yang bisa kamu dapatkan hingga 7% per tahun.

Tokopedia Reksa Dana menjual Reksa Dana pasar uang dari Syailendra Dana Kas, yang pada tahun 2017 terpilih sebagai Reksa Dana pasar uang terbaik kategori di bawah 1 tahun versi APRDI. Manfaatkan kalkulator investasi reksa dana untuk memperkirakan keuntungan Reksa Dana yang bisa Anda dapatkan di masa depan. Selain reksa dana, Tokopedia juga menyediakan layanan pengajuan kartu kredit online. Selengkapnya klik cara membuat kartu kredit online.

 

(Adv)